Tahun 2023 ini, ada banyak film-film besar yang dirilis. Sebut saja Oppenheimer dan Barbie, yang baru-baru ini sukses mendapat perhatian banyak orang. Bahkan untuk film Barbie, film tersebut berhasil memecahkan banyak rekor sekaligus. Meski sukses besar, tetapi tahukah kalian bahwa budget untuk membuat kedua film tersebut cukup kecil. Karena ternyata ada beberapa film lain yang memiliki budget pembuatan lebih masif lagi di tahun 2023 ini. Lantas apa saja film paling mahal yang pernah dibuat di tahun 2023 ini? Simak berikut ini Geeks!

Fast X

Fast X menjadi film kesebelas dari franchise Fast & Furious. Filmnya menceritakan saat tim Toretto harus melawan seorang pria bernama Dante, yang menyimpan dendam lama terhadap mereka. Film ini menampilkan beberapa wajah lama seperti Vin Diesel sebagai Dom, Michelle Rodriguez sebagai Letty, Tyrrese Gibson sebagai Roman, dan masih banyak lagi. Dengan deretan aktor papan atas Hollywood yang berkumpul dalam film ini, wajar saja jika akhirnya budget film ini membengkak. Beberapa waktu lalu, Collider melaporkan bahwa Universal menggelontorkan budget $340 juta. Budgetnya meningkat drastis dari film F9, yang hanya menghabiskan $200 juta saja.

Indiana Jones and the Dial of Destiny

Indiana Jones and the Dial of Destiny alias Indina Jones 5 menjadi film perpisahaan bagi Harrison Ford sebagai Indiana Jones. Pasalnya setelah film ini, dia tidak akan lagi memerankan karakter tersebut, mengingat usianya sudah tidak memungkinkan lagi. Film yang disutradarai oleh James Mangold ini juga dibintangi oleh beberapa nama beken seperti Phoebe Waller-Bridge dan Antonio Banderas. Dan untuk memaksimalkan potensinya, Disney berani menggelontorkan dana fantastis untuk film ini sebesar $295 juta. Sayangnya, film ini tidak terlalu bersinar di box office, meski menawarkan cerita perpisahan bagi sang aktor.

Mission Impossible – Dead Reckoning Part 1

Seperti judul, Mission Impossible – Dead Reckoning dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama baru rilis beberapa waktu lalu, yang menghadirkan petualangan Ethan Hunt bersama dengan rekan-rekannya. Tom Cruise pun kembali memerankan sang karakter utama, dan dia beradu akting dengan pemeran lain seperti Ving Rhames, Simon Pegg, Rebecca Ferguson, dan Vanessa Kirby. Filmnya mendapat respon yang positif dari para kritikus. Namun hal itu tidak cukup mendongkrak penjualan filmnya, karena filmnya hanya mampu meraup pendapatan sebesar $551 juta di box office. Paramount sendiri menggelontorkan dana sebesar $290 juta untuk film ini, sehingga menjadikannya sebagai salah satu film termahal dalam daftar ini.

Aquaman and the Lost Kingdom

Aquaman and the Lost Kingdom adalah film kedua Aquaman. Ini menjadi film terakhir DCU yang rilis tahun ini. Jika tidak ada halangan, Warner Bros akan merilis filmnya di tanggal 25 Desember 2023. Meski belum dirilis, Warner Bros dikabarkan menggelontorkan dana sebesar $250 juta untuk film ini. Tetapi kemungkinan budget pembuatannya terus bertambah, mengingat baru-baru ini ada kabar yang menyebutkan bahwa filmnya melakukan syuting ulang di beberapa bagian. Masih belum ada cerita resmi yang diumumkan oleh Warner Bros, tetapi dapat dipastikan bahwa Aquaman akan menghadapi villain Black Manta, yang sebelumnya juga tampil dalam film pertama.

Guardians of the Galaxy Vol. 3

Film ini menjadi perpisahaan James Gunn dari MCU, karena dia akan melanjutkan kariernya sebagai pemimpin DC Studios, untuk merancang ulang DCU. Dalam film ini, kita disuguhkan juga dengan petualangan terakhir para Guardians, di mana hal tersebut sudah dikonfirmasi langsung oleh sang sutradara. Para pemeran lama seperti Chris Pratt, Zoe Saldana, Dave Bautista, dan beberapa pemeran lainnya kembali dalam film ini yang dirilis pada bulan Mei lalu. Marvel Studios sendiri menggelontorkan dana sebesar $250 juta untuk film ini. Film ini cukup sukses karena menghasilkan pundi-pundi uang bagi Marvel Studios sebesar $845 juta.

The Little Mermaid

The Little Mermaid menjadi upaya selanjutnya dari Disney untuk membuat live action baru yang diadaptasi dari film animasi mereka. Film yang disutradarai oleh Rob Marshall ini menghadirkan beberapa nama seperti Halle Bailey, Jonah Hauer-King, Melissa McCarthy, dan Javier Bardem. Dirilis pada Mei 2023 kemarin, The Little Mermaid berhasil mendapatkan pendapatan yang cukup besar yaitu $551 juta. Sementara Disney menggelontorkan dana $250 juta untuk membuat film ini. The Little Mermaid ternyata terbukti sukses, meski memiliki banyak kontroversi di balik kemegahan filmnya. Secara garis besar, The Little Mermaid masih menceritakan tentang petualangan putri duyung bernama Ariel.

The Flash

The Flash menjadi salah satu film paling gagal di tahun 2023. Bagaimana tidak? Film ini hanya mampu mendapatkan pendapatan sebesar $268 juta. Padahal Warner Bros sudah mengeluarkan anggaran sebesar $200 juta untuk film ini. Itupun belum termasuk dengan biaya promosi filmnya yang detailnya masih belum diketahui. Ada banyak penyebab kegagalan film ini, dari mulai CGI yang buruk, adanya jagat sinematik baru, kontroversi dari sang pemeran utama, dan superhero fatigue yang terjadi belakangan ini. Buat Geeks yang belum nonton, The Flash menceritakan tentang Barry Allen yang kembali ke masa lalu untuk menyelamatkan ibunya dari kematian. Namun yang terjadi, dia justru merubah seluruh timeline serta realitas.

Transformers: Rise of the Beasts

Transformers: Rise of the Beasts menjadi film kedua dari reboot Transformers yang dimulai dari film Bumblebee di tahun 2018. Film yang rilis bulan Juni ini dibintangi oleh beberapa nama seperti Michelle Yeoh, Ron Perlman, Peter Dinklage, Pete Davidson dan masih banyak lagi. Rise of the Beasts tidak lagi menampilkan Megatron sebagai villain utama, melainkan menampilkan Scourge yang datang ke Bumi untuk menghancurkannya. Film yang dibuat oleh Paramount Pictures ini menghabiskan anggaran sebesar 200 juta dalam pembuatannya. Dan meski diprediksi sukses besar, sayangnya film ini hanya meraup pendapatan sebesar $438 juta saja, jauh dari prediksi sebelumnya.

Dune Part Two

Denis Villeneuve kembali menyutradarai film kedua Dune yang berjudul resmi Dune: Part Two. Film ini rencananya akan dirilis pada November 2023. Tetapi akhirnya diundur perilisannya ke tahun depan. Warner Bros menggelontorkan dana sebesar $200 juta untuk membuat film ini. Filmnya menceritakan tentang petualangan Paul Atreides, di mana dia akan bergabung dengan Chani dan Fremen untuk membalas perbuatan para konspirator yang telah menghancurkan keluarganya. Tentu saja para pemeran lama kembali dalam film ini seperti Timothee Chalamet, Rebecca Ferguson, Josh Brolin, dan Zendaya. Apakah film kedua akan sesukses film pertama? Kita tunggu aja ya Geeks.

Extraction 2

Tidak ada yang menyangka sebelumnya bahwa Extraction 2 akan dibuat. Apalagi setelah para penonton menganggap bahwa sang karakter utama tewas di film pertama. Tetapi karena film pertama sukses besar, wajar jika akhirnya mereka membuat sekuelnya. Sama seperti film pertama, Extraction 2 menghadirkan beberapa nama beken seperti Chris Hemsworth, Golshifteh Farahani, dan Adam Bessa. Netflix sendiri menggelontorkan dana sebesar $170 juta untuk menyelesaikan filmnya. Namun tidak diketahui secara pasti apakah filmnya sukses besar atau tidak. Pasalnya Netflix tidak membagikan informasi tentang total penonton dari film ini.

Itu dia 10 film termahal yang diproduksi pada tahun 2023 ini. Meskipun begitu, ada beberapa film yang gagal meraup keuntungan secara maksimal, apa saja? Mari kita bahas dilain kesempatan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/