Ada beberapa karakter dalam cerita One Piece yang diduga adalah bagian dari klan D yang sengaja menyembunyikan identitasnya. Klan D merupakan klan yang paling berpengaruh dalam cerita One Piece. Mereka sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Dan yang menariknya adalah klan D justru dianggap sebagai ancaman oleh pihak World Government dan kebanyakan orang.

Sedangkan, bagi sebagian orang lainnya justru klan D merupakan sosok yang berpengaruh dan memiliki peranan penting dalam peristiwa sejarah dunia. Meskipun sejauh ini Eiichiro oda masih belum memberikan informasi detil mengenai hal ini, namun ada beberapa karakter yang sudah diketahui menjadi bagian dari klan D. Dan sada juga beberapa karakter yang diduga adalah bagian dari klan D.

Kozuki Oden

Sosok Kozuki Oden adalah karakter yang sangat penting dan berpengaruh, terutama dalam alur cerita Wano. Oden muncul dalam kilas balik di arc tersebut. Dijelaskan jika Oden merupakan sosok yang sangat kuat yang berusaha untuk membebaskan Wano dari cengkraman Orochi dan Kaido pada 20 tahun lalu. Sayangnya, hal tersebut gagal untuk dia lakukan bahkan dia harus mati.

Klan Kozuki diketahui memiliki peranan yang sangat penting di era lama. Hal ini terbukti dari munculnya berbagai Poneglyph yang tersebar di seluruh dunia. Semua Poneglyph tersebut dibuat di Wano dan para penulis Poneglyph tersebut merupakan klan Kozuki. Saat Oden tewas dieksekusi Kaido, dia bahkan tersenyum seperti halnya para klan D sejati.

Eustass Kid

Kid merupakan salah satu anggota bajak laut Worst Generation bersama dengan Monkey D Luffy. Dia lahir di wilayah North Blue dan masa kecilnya pun harus dijalani dengan sangat berat. Pasalnya, dalam kolom SBS dijelaskan oleh Oda jika negara atau wilayah tempat Kid tinggal dikuasai oleh para mafia. Ada beberapa hal yang membuat Kid dianggap menjadi bagian dari klan D.

klan d one piece

Pertama, dia tidak peduli dengan apa pun. Kid bahkan rela mengorbankan dirinya dalam sebuah pertarungan, karena dia tahu jika kemenangan tidak diraih dengan mudah. Dalam arc Wano, Kid bahkan tidak mau menyerah ketika ditahan dan disiksa oleh Kaido. Dan para fans sendiri menyinggung momen di Sabaody ketika tiga orang bajak laut – Kid, Law, dan Luffy – menghadapi para bajak laut. Dua orang tersebut merupakan bagian dari klan D, sehingga ada kemungkinan jika Kid juga adalah karakter bagian dari klan D dalam cerita One Piece.

Whitebeard

Manusia paling kuat di dunia One Piece dan sosok yang dekat dengan One Piece setelah Gol D Roger, Edward Newgate alias Whitebeard. Salah satu hal yang membuat Whitebeard dianggap menjadi bagian dari klan D adalah dia sering menjadi pusat dari berbagai peristiwa penting. Misalnya, pada 38 tahun lalu Whitebeard pernah terlibat dalam sebuah peristiwa besar di God Valley.

Kemudian, Whitebeard tahu rahasia dunia dan juga apa sebenarnya arti dari Tekad D setelah Roger menceritakan semua hal tersebut. Dan dalam perang besar Marineford dijelaskan jika Whitebeard adalah sosok terakhir dari era lama, yang mana kematiannya menjadi pertanda dari sebuah era yang baru. Dengan semua itu, memang rasanya wajar jika dia dianggp sebagai salah satu karakter yang jadi bagian dari klan D dalam cerita One Piece.

Buggy

Buggy si badut merupakan salah satu karakter yang unik dalam cerita One Piece. Dia merupakan mantan kru bajak laut Roger seperti halnya Shanks. Dan saat ini, dia pun menjadi bagian dari Yonko bersama dengan Shanks dan Luffy. Buggy mungkin nampak seperti sosok karakter yang sangat konyol, namun sebenarnya dia merupakan karakter yang luar biasa.

klan d one piece

Buggy memiliki ambisinya sendiri dalam mencari keberadaan One Piece, seperti yang diperlihatkan di chapter sebelumnya. Dia juga ingin menjadi raja bajak laut seperti halnya Luffy dan yang lain. Di sisi lain, Oda sering menghadirkan kejutan dan plot twist dalam cerita One Piece sehingga bukan mustahil jika Oda kemudian menghadirkan cerita jika Buggy adalah bagian dari klan D. Yang menariknya terdapat teori jika Buggy adalah bagian dari keluara Rocks.

Aokiji

Kuzan alias Aokiji merupakan karakter terakhir dalam daftar ini yang merupakan karakter diduga adalah bagian dari klan D. Jika kita melihat sosok Aokiji dalam cerita sejauh ini, rasanya memang masuk akal jika dia dianggap menjadi bagian dari klan D. Contohnya, meskipun dia bergabung dengan angkatan laut namun dia bayak tidak setuju terhadap berbagai hal yang dilakukan oleh mereka.

klan d one piece

Aokiji terkadang harus mengalami konflik batin ketika apa yang diperintahkan oleh pihak angkatan laut kemudian tidak sesuai dengan apa yang dia rasakan. Bagaimana dia menyelamatkan Nico Robin dan Jaguar D Saul bisa jadi contoh nyata dari hal ini. Tentunya akan sangat menarik jika kemudian fakta terungkap jika Aokiji memang adalah bagian dari klan D.

Donquixote Doflamingo pernah mengatakan bahwa klan D sebenarnya masih ada dan hidup di dunia One Piece. Hanya saja mereka memutuskan untuk menyembunyikan nama mereka. Kemudian, fakta jika keluarga Nefertari adalah bagian dari klan D membuka celah kemungkinan jika beberapa karakter lain dalam cerita One piece adalah bagian dari klan tersebut seperti para karakter di atas.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.