Blue Beetle sudah menghadapi berbagai macam villain dalam ceritanya dan ada beberapa villain yang dianggap terbaik di DC Universe. Blue Beetle adalah salah satu pahlawan yang sangat unik karena karakter ini sudah ada sejak lama dan sudah ada tiga orang karakter yang pernah menggunakan titel tersebut. Mereka adalah Dan Garett, Ted Kord, dan Jaime Reyes.

Dari ketiga nama tersebut, Jaime Reyes merupakan yang paling populer. Dengan sudah muncul cukup lama dan memiliki tiga orang yang mengenakan titelnya, wajar jika kemudian Blue Beetle sudah menghadapi banyak sekali villain. Meskipun begitu, ada beberapa nama villain yang dianggap sebagai villain Blue Beetle terbaik di DC Universe. Siapa saja?

Victoria Kord

Nama Victoria Kord sebenarnya terhitung sebagai villain baru bagi Blue Beetle. Karakternya baru muncul dalam komik Blue Beetle: Graduation Day. Victoria Kord sendiri sebenarnya merupakan villain baru dan sengaja dihadirkan untuk film layar lebarnya. Dalam cerita komiknya, dijelaskan jika Victoria merupakan kakak dari Ted Kord dan menjadi pemimpin dari cabang Kord Industries di Palmera City.

Victoria merasa jika Jaime Reyes tidak pantas untuk mendapatkan Blue Scarab tersebut, karena itulah dia kemudian berusaha mencuri Blue Scarab dan melakukan risetnya sendiri. Berbanding terbalik dengan Ted, Victoria adalah sosok yang sangat serius. Hasratnya untuk menguasai seluruh Scarab dan fakta bahwa dia adalah kakak dari Ted membuatnya sempurna untuk menjadi villain bagi Blue Beetle.

Jarvis Kord

Masih dari keluarga Kord, Jarvis Kord merupakan paman dari Ted dan Victoria Kord. Sifat Jarvis memang sangat jahat dan mengerikan, yang mana hal ini membuatnya diasingkan dari keluarga. Meskipun begitu, Ted tetap menganggapnya sebagai keluarga bahkan mereka bekerja sama untuk menciptakan sebuah robot sederhana. Yang menarik adalah Ted Kord diciptakan oleh salah satu pencipta Spider-Man, Steve Ditko.

Karena hal ini juga, Jarvis Kord bisa dibilang adalah versi jahat dari Paman Ben. Jarvis merupakan penyebab dari kematian Dan Garrett, yang kemudian memaksa Ted Kord untuk menggunakan mantel Blue Beetle. Meskipun Jarvis jarang muncul, dia merupakan bagian dari perkembangan karakter Ted Kord. Karena itulah, dia jadi salah satu villain terbaik Blue Beetle di DC Universe.

Overthrow

Arnold Daniel Beck alias Overthrow, merupakan mantan karyawan dari Ted Kord di Kord Industries. Arnold diceritakan tidak setuju dengan perusahaannya yang memiliki koneksi dengan pihak militer. Dia pun kemudian memutuskan untuk melawan mantan perusahaanya. Arnold memanfaatkan berbagai peralatan dan teknologi dari Kord Industries untuk menjadi sosok Overthrow.

Yang menarik adalah Overthrow kemudian mendapatkan peningkatan teknologi dari alien Manhunters, yang merupakan kelompok pelindung alam raya yang korup dan mengincar kelompok Green Lantern Corp. Hal itu pun membuat Overthrow menjadi lawan yang seimbang bagi Blue Beetle. Meskipun pada akhirnya dia tewas, Overthrow dianggap sebagai salah satu villain Blue Beetle terbaik di DC Universe yang pernah dihadapi Ted Kord.

The Reach

The Reach merupakan sebuah kerajaan alien yang sudah banyak menghancurkan planet-planet di galaksi DC Universe. Hal tersebut membuat mereka menjadi musuh bagi para Green Lantern Corp. Misi dari The Reach adalah menghancurkan planet atau dunia yang mereka anggap berbahaya. Para alien ini akan menanamkan berbagai Scarabs di planet tersebut dan kemudian memanennya.

Ketika planet tersebut sudah berhasil dengan misinya, menghadirkan Scarabs yang bisa melayani The Reach, para alien tersebut kemudian menghancurkan planetnya. Ketika Jaime Reyes mendapatkan salah satu Scarab, dia kemudian menggunakannya untuk menghancurkan The Reach. Karena Scarab yang Jaime gunakan sebelumnya sudah rusak, hal itu membuat The Reach tidak bisa mengendalikannya. Dan karena hal ini juga Jaime jadi sosok Blue Beetle terkuat dari pendahulunya.

Maxwell Lord

Maxwell Lord pada awalnya merupakan sosok sekutu bagi Blue Beetle dan Justice League. Dia merupakan seorang pebisnis yang baik hati. Bahkan, dia yang kemudian menjadi investor bagi Justice League International Team. Namun, ternyata di balik semua kebaikan Maxwell Lord sebenarnya dia memiliki niatan jahat. Dia ingin menghancurkan seluruh metahuman yang ada di dunia.

villain blue beetle

Ketika kemudian niat jahat ini diketahui oleh Ted Kord, Maxwell Lord kemudian mengkhianati dan bahkan menghabisi nyawa mantan rekannya tersebut. Dalam cerita Justice League: Generation Lost, Maxwell Lord bahkan hendak melakukan hal yang sama terhadap Jaime Reyes. Apa yang Lord lakukan terhadap Blue Beetle menjadikannya sebagai salah satu villain terbaik di DC Universe sekaligus juga jadi ancaman besar.

Conrad Carapax

Conrad Carapax merupakan seorang arkeolog yang menjadi rival abadi dari sang original Blue Beetle, yaitu Dan Garrett. Karakternya pertama kali diperkenalkan dalam edisi perdana komik Blue Beetle pasca peristiwa Crisis on Infinite Earths. Sama seperti halnya Dan, yang menemukan sebuah artefak yaitu Blue Scarab, Conrad juga menemukan sebuah “artefak” robot yang tidak bisa dihancurkan.

villain blue beetleDalam sebuah kecelakaan yang melibatkan artefak robot tersebut membuat nyawa Carapax melayang. Namun, pikirannya sudah menyatu dengan robot tersebut. Dengan menggunakan tubuh robot tersebut Carapax kemudian menjadi ancaman serius bagi Ted Kord. Di film layar lebarnya sendiri, Carapax merupakan villain lainnya yang muncul selain Victoria Kord. Dengan armor tersebut wajar jika dia memiliki kekuatan yang dahsyat dan jadi ancaman bagi Blue Beetle.

La Dama

La Dama merupakan seorang gembong narkoba yang mengendalikan banyak sekali aktivitas geng di kota El Paso, tempat tinggal dari Jaime Reyes sebelum dia pindah ke Palmera City. La Dama ternyata merupakan bibi dari teman Jaime, Brenda. Terkadang, Blue Beetle harus bekerja sama dengan Brenda untuk mengalahkan sang bibi. Hal ini pun sering membuat hubungan Jaime, Brenda, dan bibinya menjadi tegang.

villain blue beetleDalam versi reboot New 52 diketahui jika La Dama memiliki sebuah kekuatan magis yang membuatnya bisa mengendalikan orang-orang dan bahkan menghadapi musuh-musuh metahuman, termasuk Blue Beetle. La Dama sudah hiudp lebih lama dari Jaime dengan sosoknya yang mengerikan di mana dia berusaha untuk menghancurkan Legion of Super-Heroes.

Black Beetle

Villain Blue Beetle terbaik di DC Universe tidak lain adalah Black Beetle. Sosok Black Beetle sudah menjadi musuh pribadi dari Blue Beetle dan para sekutunya. Sosok pertama yang menggunakan titel Black Beetle adalah Jaime Reyes versi lebih tua. Dia berusaha untuk merubah timeline yang ada sehingga membuat Ted Kord tetap hidup dan Jaime tidak pernah mendapatkan Blue Scarab dan menjadi Blue Beetle.

villain blue beetle

Karakter selanjutnya yang menggunakan titel Black Beetle adalah Hector, kakak dari sekutu Jaime Reyes, Nadia. Hector memiliki dendam pribadi terhadap Jaime karena menganggap Jaime bertanggung jawab atas kematian sang adik. Hector pergi dari negaranya dan kemudian menyatu dengan Scarab yang ditanam oleh the Reach. Hector kemudian mengganti namanya menjadi Joshua dan mencoba menghabisi nyawa Jaime.

Blue Beetle merupakan salah satu nama superhero yang kini mulai naik dan populer di kalangan fans. Dan sepanjang kemunculannya dalam cerita komik, Blue Beetle sudah menghadapi para villain di atas yang dianggap sebagai villain terbaik. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.