Eiichiro Oda akhirnya resmi ungkap leluhur Zoro sperti yang terungkap dalam salah satu kolom SBS di manga One Piece. Roronoa Zoro lahir di wilayah East Blue, tepatnya di sebuah desa kecil bernama desa Shimotsuki. Sedari awal diperkenalkan, Zoro sudah diperlihatkan berlatih pedang di tempat milik Koushiro. Zoro mengenal baik Koushiro, bahkan dia merupakan teman dekat anaknya, Kushina.

Sayangnya, sejak awal diperkenalkan dalam cerita hingga sekarang Oda Sensei tidak pernah memberikan informasi mengenai keluarga atau asal-usul dari Zoro. Namun, setelah sekian lama menjadi sebuah misteri besar akhirnya Oda Senjsei resmi ungkap leluhur dari Roronoa Zoro melalui salah satu kolom SBS di manga One Piece. Lalu, seperti apa leluhur dari Zoro?

Spekulasi Para Fans

Pasca arc Zou, para fans kemudian diperkenalkan arc baru yaitu Wano. Dalam arc ini para fans pun diperkenalkan dengan nuansa feodal atau nuansa Jepang pada zaman dahulu. Dalam ceritanya, kita diperlihatkan ada berbagai profesi yang muncul di Wano mulai dari Ninja hingga samurai. Hal ini kemudian jadi salah satu hal yang membuat para fans menganggap jika di arc ini Oda Sensei akan memberikan petunjuk tentang asal-usul Zoro.

Bukan tanpa sebab memang, hal ini karena dalam arc Wano Zoro seolah kembali ke “kampung halamannya” dengan berbagai kemiripan yang dia miliki. Contohnya adalah kemampuan berpedang. Melihat berbagai petunjuk yang ada dalam ceritanya, para fans menghadirkan sebuah spekulasi jika Zoro merupakan keturunan dari klan Shimotsuki. Salah satu petunjuknya adalah ketika Zoro mengajari Momonosuke berpedang.

Zoro sempat mengajari momo menggunakan kata “Sunacchi” yang bagi penduduk Wano adalah kata yang “tabu.” Hanya orang-orang lama yang menggunakan kata tersebut. Petunjuk kedua adalah reputasi dari klan Shimotsuki. Klan tersebut merupakan salah satu klan yang dihormati di Wano dan terkenal memiliki kemampuan berpedang yang sangat luar biasa. Bahkan, sosok dewa pedang sendiri, Ryuma, berasal dari klan Shimotsuki.

Petunjuk lainnya adalah kemiripan wajah Zoro dengan para legenda dari klan Shimotsuki, yaitu Ushimaru dan Ryuma. Zoro dan Shimotsuki Ryuma memiliki penampilan yang serupa, bahkan sangat mirip. Siluet mereka pun dianggap sangat mirip dengan Ushimaru. Di chapter 1023, Kawamatsu mengungkapkan bahwa ada alasan mengapa dirinya tidak bisa menghentikan Hiyori yang memberikan pedang Enma milik sang ayah, Kozuki Oden, kepada Zoro.

Menurutnya, kedatangan Zoro ke Wano dianggap sebagai sebuah takdir yang menjadi jalan untuk membebaskan Wano. Dan yang paling epik adalah ketika Hyogoro menyatakan bahwa Zoro memiliki kemiripan dengan sosok Shimotsuki Ushimaru dan juga Shimotsuki Ryuma, yaitu mereka sama-sama samurai bermata satu. Hal ini pun membuat fans memunculkan kesimpulan jika Zoro adalah anak dari Ushimaru.

Sayangnya, dalam kolom SBS Volume 101 ditegaskan oleh Oda bahwa Zoro bukan anak dari Ushimaru. Wajah dan penampilan mereka memang memiliki kemiripan yang luar biasa. Namun, Oda menjelaskan jika keduanya tidak memiliki hubungan ayah dan anak. Meskipun begitu, spekulasi tentang asal-usul Zoro akhirnya terjawab dalam kolom SBS di volume yang selanjutnya.

Oda Resmi Ungkap Leluhur Zoro

Eiichiro Oda akhirnya resmi ungkap leluhur dari Zoro melalui sebuah diagram keturunan dari klan Shimotsuki. Hal ini terungkap dalam kolom SBS Volume 105. Dalam kolom SBS tersebut, Oda memberikan gambaran mengenai timeline dari asal-usul Zoro serta desa Shimotsuki di East Blue. Sekitar 55 tahun yang lalu, setelah membuat pedang Enma, Shimotsuki Kouzaburo memutuskan untuk keluar dari negara Wano bersama yang lain.

Salah satu orang yang ikut pergi dari Wano bersama Kouzaburo adalah Shimotsuki Furiko, yang merupakan kakak perempuan Ushimaru. Total ada sekitar 25 penduduk Wano yang keluar dari Wano pada 55 tahun lalu. Kemudian, 52 tahun lalu Kouzaburo dan rombongannya berhasil menyelamatkan sebuah desa di East Blue dari serangan kelompok bandit. Mereka kemudian mulai mendirikan desa Shimotsuki.

Bagaimana kemudian dengan keluarga dari Zoro? Keluarga Zoro sendiri diawali oleh Shimotsuki Furiko, yang merupakan nenek dari Zoro, menikah dengan seorang samurai hebat di desa mereka yang bernama roronoa Pinzoro. Mereka kemudian memiliki seorang anak bernama Roronoa Arashi. Arashi sendiri kemudian menikah dengan seorang putri seorang bandit atau kriminal bernama Tera.

leluhur zoro one piece

Hasil pernikahan antara Shimotsuki Arashi dan Tera akhirnya melahirkan Roronoa Zoro. Tetapi, kedua orang tua Zoro diceritakan tewas sejak lama. Ayahnya, Arashi, tewas karena menghadapi bajak laut yang datang ke desa mereka. Sedangkan, sang ibu, Tera, meninggal karena sakit. Berdasarkan penjelasan tersebut artinya Zoro memang memiliki garis keturunan dari klan Shimotsuki yang berasal dari neneknya, Furiko, yang notabene adalah keturunan langsung dari sosok dewa pelindung Wano, Shimotsuki Ryuma.

Hal ini pun seolah mengonfirmasi spekulasi para fans sebelumnya yang menyatakan jika Zoro merupakan bagian dari klan Shimotsuki. Bahkan, bisa dibilang Zoro bukan hanya merupakan keturunan klan Shimotsuki melainkan juga keturunan dari Ryuma. Leluhur Zoro yang sangat luar biasa tersebut akhirnya bisa jadi jawaban bagaimana kemudian dia bisa jadi sosok yang sangat kuat dan luar biasa.

Di sisi lain, fakta ini juga seolah menjawab pernyataan dari Kawamatsu dan Hyogoro yang menganggap bahwa Zoro memiliki kemiripan dengan Ushimaru dan Ryuma. Serta, hal ini juga menjawab pernyataan dari Kawamatsu jika kemunculan Zoro di Wano adalah takdir. Dan dengan garis keturunan Shimotsuki dalam diri Zoro, ternyata memang terbukti jika dia adalah pelindung dari Wano.

Kritik Para Fans

Meskipun pada akhirnya Oda resmi ungkap leluhur dari sosok Roronoa Zoro dalam kolom SBS di manga One Piece, sebagian fans banyak yang menyayangkan satu hal. Mereka menyayangkan bagaimana informasi mengenai asal-usul dan leluhur dari Zoro harus Oda hadirkan dalam sebuah kolom SBS. Padahal, para fans berharap jika informasi mengenai informasi mengenai masa lalu dari Zoro bisa terungkap dalam cerita utama.

leluhur zoro one piece

Misalnya, dalam momen Oda memperkenalkan tentang sosok Kouzaburo dan informasi mengenai dia dan beberapa penduduk Wano yang pergi dari negara tersebut menuju East Blue, Oda bisa juga memperkenalkan tentang asal-usul Zoro yang akan terasa lebih spesial dan menarik dibandingkan harus dihadirkan dalam sebuah informasi singkat dalam kolom SBS.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.