Pasca perilisan trailer dan poster baru Loki season 2, tidak sedikit penggemar yang mulai mencari tahu siapa yang akan jadi antagonis di seriesnya nanti. Sejauh ini villain season 2 yang sudah dikonfirmasi oleh Marvel Studios hanyalah Victor Timely, varian Kang yang dikenal sebagai penemu pada tahun 1900-an. Namun berdasarkan jajaran casting seriesnya, terungkap juga bahwa petualangan Loki nanti ternyata akan melibatkan karakter Brad Wolfe, seorang aktor dari film Zaniac di semestanya. Nah menariknya Zaniac sendiri adalah nama villain klasik di Marvel Universe. Berikut ini fakta menarik karakternya!

Entitas Jahat Ciptaan Dormammu

Zaniac Marvel

Pertama kali diperkenalkan di komik Thor #319 (1982), Zaniac digambarkan sebagai entitas gaib Marvel yang diciptakan oleh penguasa Dark Dimension bernama Dormammu. Dalam sejarah Marvel sendiri Dormammu lebih dikenal sebagai salah satu musuh Sorcerer Supreme Doctor Strange karena sering berusaha menguasai dunia nyata dengan kekuatan kegelapan dan pasukan gaibnya. Nah Zaniac adalah salah satu produk awal Dormammu yang sengaja diutus ke Bumi untuk menebar teror dan menyebabkan kekacauan, dengan begitu rencana Dormammu untuk menguasai Bumi menjadi lebih mudah.

Punya Ambisi Merasuki Manusia

Demi mencapai tujuannya, Zaniac yang sejatinya merupakan entitas gaib Marvel akan selalu berusaha mencari tubuh manusia yang bisa dia rasuki, sehingga para korbannya nanti bisa bertindak sebagai agen rahasia Dormammu di muka Bumi. Ketika Zaniac berhasil merasuki tubuh seorang manusia, biasanya dia akan langsung mengendalikan tubuh serta mempengaruhi hasrat korbannya agar berambisi untuk membunuh para wanita cantik. Berdasarkan preferensinya ini, Zaniac juga terbukti mampu mengeluarkan pisau energi dengan berbagai ukuran dan ketajaman untuk melakukan serangkaian pembunuhan.

Bisa Terus Bangkit dengan Tubuh Baru

Zaniac Marvel

Kabar buruknya, di balik semua kekuatan dan kengeriannya, Zaniac ternyata tidak bisa mati begitu saja. Karena ketika dirinya mati, misalnya karena umur, kecelakaan, atau dikalahkan oleh para superhero Marvel, Zaniac akan selalu menemukan cara untuk kembali. Hal tersebut biasanya ditandai dengan keluarnya gerombolan hama menjijikan dari tubuh lamanya. Ketika salah satu hamanya menggigit manusia lain, maka korban tersebut akan menjadi wadah baru bagi Zaniac yang masih punya tujuan sama, yaitu menebar teror dengan menjadi pembunuh berantai yang korbannya para wanita.

Asal-Usul Jack the Ripper di Marvel

Zaniac Marvel

Dengan kekuatan dan kebiasaannya yang sering merasuki manusia, ternyata di Marvel Comics sendiri Zaniac diceritakan bertanggung jawab terhadap lahirnya pembunuh berantai terkenal pada abad ke-19 yang dikenal sebagai Jack the Ripper. Menurut legenda aslinya, Jack the Ripper adalah pembunuh berantai di Inggris yang selalu mengincar wanita sebagai korbannya, mirip dengan preferensi Zaniac. Bedanya di Marvel Comics diceritakan bahwa identitas asli Jack the Ripper adalah pria malang bernama Tom Malverne yang membenci dunia karena perlakuan orang-orang di sekitarnya, sehingga dia dengan senang hati menjadi jahat.

Lama Berada di Tubuh Brad Wolfe

Setelah Tom Malverne asli meninggal dunia, selama bertahun-tahun Zaniac terus merasuki pria lain dan mengadaptasi nama Jack the Ripper untuk melakukan serangkaian pembunuhan di Marvel Universe. Sampai akhirnya pada masa modern dia menemukan wadah baru yang lebih menjanjikan yaitu seorang aktor bernama Brad Wolfe. Pada saat pertama kali dirasuki, Brad tengah melangsungkan syuting sebagai villain sebuah film yang juga bernama Zaniac. Namun saat semua orang mengira dia tengah berakting, Zaniac dengan tubuh Brad langsung menggila dan menculik wanita bernama Shawne Lynde.

Salah Satu Musuh Tangguh Thor

Zaniac Marvel

Perbuatannya terhadap Shawne Lynde pada akhirnya justru malah mengantarkan Zaniac untuk bertemu sang Dewa Petir Marvel, siapa lagi kalau bukan Thor. Karena ternyata Shawne adalah seorang kenalan alter ego Thor yang dikenal sebagai Dr. Donald Blake. Dari sinilah perseteruan Thor dan Zaniac dimulai. Dalam pertarungan pertamanya Zaniac sempat melancarkan jurus pamungkasnya yaitu melemparkan banyak pisau energi ke arah Thor. Namun pendiri Avengers ini berhasil menangkis semua serangannya dengan palu Mjolnir, sebelum akhirnya memukul Zaniac hingga pingsan dan meringkusnya.

Hampir Jadi Sosok yang Lebih Berbahaya

Zaniac yang berada di dalam tubuh Brad Wolfe sempat diceritakan kembali di komik Thor #372 karena dibebaskan oleh seorang mafia minor di Marvel Universe yang bernama Thug Thatcher. Saat itu Thatcher yang tidak tahu betapa berbahayanya Zaniac malah menyuruhnya untuk menculik Jane Foster. Zaniac yang hanya menerima perintah dari Dormammu lantas membunuh para anak buah Tatcher dan sempat mencoba merasukinya. Untungnya hal tersebut bisa dicegah oleh Thor yang melakukan perjalanan waktu dengan Justice Peace. Jika saja Zaniac berhasil merasuki Thatcher yang seorang mafia, bukan tidak mungkin dia bisa melakukan pembunuhan yang jauh lebih besar dari sebelumnya.

Diperankan Aktor Multitalenta

Zaniac Marvel

Fakta terakhir dari Zaniac Marvel yang harus kita tahu adalah tentang versi live action-nya yang akan diperankan oleh aktor multitalenta Rafael Casal di series Loki season 2. Di industri hiburan Amerika sendiri Casal dikenal sebagai seorang aktor, penulis, rapper, produser, sutradara, pembawa acara, pencipta musik, penyair, dan komentator politik. Untuk filmografinya dia pernah membintangi film Blindspotting dan series The Good Lord Bird. Meskipun saat ini porsinya di series Loki season 2 masih dirahasiakan, tetapi berdasarkan trailernya karakter Brad Wolfe alias Zaniac yang diperankannya dipastikan akan berhadapan dengan sang God of Michief pada suatu titik timeline.

Demikianlah berbagai fakta menarik villain Zaniac Marvel yang akan melakukan debut MCU-nya di series Loki season 2 nanti. Mengingat seriesnya sendiri akan kembali menceritakan perjalanan waktu yang dilakukan Loki dan para agen TVA, sepertinya karakter Brad Wolfe yang menjadi aktor di sebuah film fiktif berjudul Zaniac akan diceritakan eksis pada masa lampau. Dengan begitu nuansa pembunuhan berantai yang dilakukannya akan terasa lebih mencekam. Kita nantikan saja penampilan Zaniac di series Loki season 2 yang akan tayang perdana pada tanggal 6 Oktober 2023, hanya di Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.