Sosok Enel kemungkinan tahu rahasia terbesar dunia One Piece yaitu tentang bangsa Lunarian yang musnah pada ratusan atau bahkan ribuan tahun lalu. Meskipun sosok Enel sudah tidak lagi menjadi bagian dari cerita One Piece, namun para fans tetap menjadikan Enel sebagai salah satu villain favorit mereka. Bahkan, para fans juga berharap jika Enel bisa kembali muncul dalam cerita sekarang.

Hal ini bukan tanpa sebab memang, karena beberapa contoh villain yang sudah berhasil Luffy kalahkan sebelumnya nyatanya masih bisa kembali muncul dalam cerita terbaru. Misalnya sosok Crocodile yang sudah kalah di arc Alabasta atau Doflamingo yang kalah di arc Dressrosa. Para fans sendiri berspekulasi jika Enel bisa saja kembali muncul dalam cerita terbaru dan mengungkapkan rahasia besar dunia One Piece, termasuk rahasia bangsa Lunarian yang musnah.

Enel Di Cerita One Piece

Sosok Enel di cerita One Piece memiliki pengaruh yang sangat besar. Enel merupakan karakter pertama yang memperkenalkan konsep Haki dalam ceritanya, terutama Observation Haki. Dalam momen tersebut Luffy harus kalah sampai kemudian dia sedikit demi sedikit memahami bagaimana cara kerja dari Haki tersebut. Dan pada akhirnya, Luffy berhasil mengalahkan Enel.

Dalam ceritanya, Enel tidak mampu menghadapi kekuatan karet Luffy yang menetralisir kekuatan listriknya. Kekalahan Enel membuatnya terusir dari Skypiea alias pulau langit dan membuat Gan Fall kembali menjadi pemimpin di sana. Konflik antara bangsa Shandia dan Skypiea pun akhirnya selesai. Yang menarik adalah cerita dari Enel sendiri tidak berhenti sampai di situ.

one piece enel

Enel muncul dalam sebuah “miniseri” yang muncul di cerita sampul beberapa chapter. Dalam ceritanya, Enel diperlihatkan memutuskan untuk pergi ke bulan setelah terusir dari Skypiea. Di sana Enel menemukan sesuatu yang menarik yaitu para Automata. Dia membantu para Automata tersebut terbebas dari serangan bajak laut luar angkasa dan petualangan Enel di bulan pun dimulai.

Banyak hal menarik yang Enel temukan selama di bulan. Mulai dari sejarah peradaban dari para Automata dan bagaimana Enel kemudian menemukan sebuah kota kuno di bulan. Banyak fans yang beranggapan jika momen petualangan dari Enel di bulan tersebut menjadi petunjuk mengenai berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Salah satu spekulasi yang menarik adalah Enel mungkin akan membahas mengenai rahasia dunia.

Bangsa Lunarian di One Piece

Bulan merupakan hal memiliki peranan penting dalam cerita One Piece. Eiichiro Oda nampak sangat terobsesi dengan bulan sehingga dia banyak menghadirkan hal-hal dalam cerita One Piece yang berkaitan dengan bulan. Misalnya, dalam kilas balik Nico Robin diperlihatkan jika para cendikiawan Ohara memiliki miniatur tata surya di mana ada bumi dan bulan serta berbagai planet lainnya.

Kedua, tentunya bagaimana alur cerita Enel pasca Skypiea di bulan. Banyak hal menarik yang ditemukan Enel di sana. Kemudian, suku Minks juga bisa berubah ke form Sulong ketika mereka melihat atau berada di bawah sinar bulan purnama penuh. Nama ‘Gorosei’ serta nama-nama dari anggota Gorosei pun memiliki koneksi dengan bulan dan luar angkasa seperti yang terungkap baru-baru ini.

Dan yang paling jelas tentunya adalah diperkenalkannya bangsa atau sukur baru yaitu Lunarian. Bangsa Lunarian sendiri pertama kali diperkenalkan dalam pertempuran Onigashima ketika Sanji dan Queen bertarung. Queen sempat menyebutkan nama suku yang menjadi asal-usul King yaitu Lunarian. Sampai sekarang, belum ada informasi lebih jelas mengenai suku Lunarian tersebut.

Beberapa informasi yang diketahui informasinya sejauh ini adalah bangsa Lunarian memiliki julukan “suku para dewa” dan diketahui para penduduknya mampu mengendalikan api, seperti halnya King. inilah mengapa King mendapatkan julukan Wildfire. Apakah kemudian bangsa Lunarian memiliki koneksi dengan bulan atau kota kunoa di bulan? Hal ini masih menjadi misteri.

Enel Tahu Rahasia Bangsa Lunarian

Lalu, apa kaitannya Enel dengan informasi rahasia bangsa Lunarian yang musnah? Terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan jika Enel kemungkinan mengetahui tentang rahasia dunia One Piece. Dalam teorinya, Enel mengetahui rahasia besar dunia tersebut dari petualangannya di bulan termasuk ketika dia menemukan sebuah kota tua yang dianggap menyimpan banyak rahasia besar.

one piece enel

Kemudian, teorinya juga menyebutkan jika Enel kemungkinan akan kembali dalam cerita akhir One Piece dan mulai memberitahu berbagai rahasia besar dunia. Salah satu rahasia besar tersebut adalah tentang musnahnya bangsa Lunarian yang saat ini masih jadi misteri besar. Para fans sendiri penasaran bagaimana kemudian suku yang disebut sebagai “suku para dewa” dengan kekuatan dahsyat tersebut akhirnya harus punah.

Enel kemungkinan tahu jawabannya dan dia akan membeberkan hal tersebut di akhir ceritanya. Seperti yang disebutkan di atas, beberapa karakter villain penting diperlihatkan kembali muncul dalam cerita. Bagaimana kemudian Enel akhirnya kembali muncul di cerita yang berbeda memunculkan spekulasi di kalangan fans jika dia akan kembali di cerita utama dan akan memberi tahu rahasia bagaimana bangsa Lunarian bisa musnah dari dunia One Piece. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya di chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.