Manga Boruto merilis judul baru pasca timeskip ini yaitu Boruto: Two Blue Vortex namun, apa sebenarnya arti dari judul Boruto tersebut? Para fans dari manga Boruto kini tengah bersiap untuk menghadapi cerita terbaru dari Masashi Kishimoto setelah selama kurang lebih tiga bulan hiatus. Seperti yang diketahui, manga Boruto mulai hiatus sejak April kemarin hingga Agustus mendatang.

Chapternya sendiri akan dimulai dari chapter 81. Namun, ada yang spesial dari chapter terbaru manga Boruto ini. Chapter 81 ini akan menjadi cerita lanjutan Boruto yang dimulai pasca timeskip. Selain itu, yang juga tidak kalah menarik adalah manganya akan memiliki judul baru yaitu Boruto: Two Blue Vortex. Namun, apa sebenarnya arti dari judulnya tersebut?

Merujuk Pada Boruto dan Kawaki

Untuk saat ini memang masih belum ada penjelasan resmi mengenai apa arti dari Two Blue Vortex, namun ada beberpa kemungkinan arti dari judul tersebut. Pertama yaitu merujuk kkepada sosok Boruto dan Kawaki. Uzumaki Boruto memang merupakan protagonis utama dalam series Boruto ini. Dia adalah anak pertama dari pasangan Uzumaki Naruto dan juga Hinata Hyuuga.

Sejauh ini, manganya memang berhasil menghadirkan alur cerita Boruto meskipun ada beberapa hal yang sempat memunculkan kontroversi di kalangan fans. Misalnya bagaimana alur ceritanya yang terlalu lambat dan bertele-tele serta bagaimana kekuatan Boruto dianggap terlaluĀ overkill jika dibandingkan dengan para shinobi lainnya. Namun, kemudian karakter lainnya muncul yaitu Kawaki.

Kawaki memang pada awalnya diperkenalkan sebagai villain, di mana dia adalah wadah dari Isshiki Otsutsuki dan merupakan bagian dari Inner Kara. Kawaki sendiri mencoba untuk kabur dari cengkraman Kara, yang mana dia kemudian bertemu dengan Naruto dan juga Boruto. Namun, tidak diduga hubungan mereka justru menjadi kompleks dan rumit yang diperlihatkan bahkan di chapter 80 kemarin.

arti two vortex boruto

Meskipun Kawaki menganggap Boruto sebagai saudaranya, namun pada dasarnya Kawaki cemburu dengan kehidupan Boruto. Yang mana kemudian dia meminta Eida untuk menukar kehidupannya. Petunjuk lainnya adalah arti dari ‘Two Blue Vortex’ itu sendiri yang artinya ‘Dua Pusaran Biru.’ Kawaki dan Boruto adalah pusat cerita yang dilambangkan melalui dua buah pusaran.

Sedangkan, baik Kawaki atau pun Boruto sama-sama memiliki segel Karma yang mana dalam versi animenya diperlihatkan jika segel tersebut memiliki nyala berwarna biru. Jadi, cukup masuk akal jika kemudian arti dari ‘Two Blue Vortex’ merupakan sosok Boruto dan Kawaki yang sama-sama memiliki segel Karma dan juga sama-sama menjadi pusat cerita di manganya.

Arti Lainnya

Selain bisa berarti atau mereferensikan sosok Kawaki dan Boruto, Two Blue Vortex juga bisa merujuk pada referensi lainnya yaitu rasengan. Dan judul tersebut bukan hanya akan berfokus tentang Uzumaki Boruto, namun juga Naruto yang khawatir terhadap masa depan dunia shinobi. Dalam bahasa Jepang sendiri Vortex atau pusaran merupakan terjemahan dari Uzumaki.

arti two vortex boruto

Kemudian, jika Geeks kembali ingat jika hal paling ikonik dalam dunia Naruto yang berkaitan dengan warna biru tidak lain adalah teknik andalan Naruto yaitu Rasengan. Di sisi lain, seperti yang pernah dijelaskan oleh Mito bahwaa Vortex dan Spiral adalah dua bentuk evolusi dari satu sumber yang sama. Jadi, ada kemungkinan judul baru manga Boruto ini berarti Boruto dan Naruto akan berevolusi menjadi Spirals.

Belum lagi, Boruto mungkin ingin mencoba memperbaiki hubungan dengan sang ayah dan menyelamatkan ayahnya yang terpeangkap di dimensi berbeda. Karena itulah, rasanya spekulasi ini cukup masuk akal mengingat Boruto dan Naruto adalah dua sosok penting dalam franchise Naruto. Apakah kemudian Boruto akan membalas dendam Kawaki atas apa yang terjadi masih harus kita tunggu.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulan dari arti Boruto: Two Blue Vortex bisa memiliki dua arti. Pertama, judul tersebut merujuk pada dua sosok karakter utama dalam ceritanya yaitu Kawaki dan Boruto. Hal ini mengingat arti dari Vortex yang berarti pusaran dan Kawaki serta Boruto sendiri saat ini sedang menjadi pusat cerita dengan konflik yang terjadi diantara mereka berdua. Mereka pun sama-sama memiliki Karma berwarna biru.

Arti kedua adalah manga Boruto ini sendiri bisa diartikan sebagai Boruto dan Naruto. Hal ini merujuk pada kemampuan dari Naruto dan Boruto yang memiliki keterkaitan dengan hal berwarna biru paling ikonik, yaitu Rasengan. Mereka berdua sama-sama mampu menggunakan Rasengan dan juga menjadi karakter penting dalam ceritanya – meskipun status Naruto saat ini menghilang di dimensi yang lain.

Penting untuk dicatat bahwa ini masih sekedar spekulasi, karena Kishimoto Sensei sendiri masih belum memberikan informasi detail mengenai judul tersebut. Namun, besar kemungkinan arti dari Two Blue Vortex dalam manga Boruto pasca timeskip ini berfokus pada sosok Boruto dan Kawaki atau Boruto dan juga Naruto serta masa depan dunia shinobi. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.