Sosok Monkey D Garp terkenal karena pukulannya yang luar biasa dahsyat, namun ada beberapa fakta menarik mengenai pukulan dahsyat Garp itu. Level kekuatan dari sosok Monkey D Garp dalam dunia One Piece tentu sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Dia adalah salah satu karakter terkuat di seriesnya, yang mana bahkan dia memiliki level yang sama dengan Roger.

Salah satu kedahsyatan dari sosok Garp adalah level kekuatan pukulannya yang sangat mengerikan. Garp adalah salah satu angkatan laut yang tidak memiliki kekuatan buah iblis. Meskipun begitu, bukan berarti Garp lemah atau tidak mampu bersaing menghadapi mereka yang memiliki kekuatan buah iblis. Justru, dia mampu menandingi mereka salah satunya dengan kekuatan pukulan. Ada beberapa fakta mengenai pukulan Garp. Apa saja?

Dilatih Sejak Lama

Salah satu alasan kenapa kemudian Garp bisa jadi salah satu karakter terkuat dan memiliki pukulan dahsyat adalah karena hal itu dilatih sejak lama. Dalam chapter 1087 kita melihat bagaimana Brannew memperlihatkan dua buah kapal perang milik angkatan laut yang bagian bawahnya sudah cukup hancur. Dalam penjelasannya, hal itu merupakan ulah dari sosok Monkey D Garp.

fakta pukulan garp

Sejak dia masih muda, Garp selalu melatih pukulannya agar bisa menjadi kuat. Namun, dia menggunakan kapal perang agar kekuatan pukulannya bisa jauh lebih dahsyat dan bukan kantung pukul biasa. Dan yang luar biasa adalah Garp sendiri tidak melapisi pukulannya dengan Haki atau buah iblis. Brannew mengatakan bahwa kekuatan dahsyat pukulan Garp tidak datang sendiri, melainkan dilatih.

Mampu Menghancurkan Gunung

Berkaitan dengan latihan kekuatan pukulan dari Garp, selain mampu membuat kapal perang angkatan laut berubah bentuk ternyata Garp mampu menghancurkan gunung. Hal ini terjadi ketika Garp hendak bertarung menghadapi salah satu bajak laut jahat dan mengerikan pada masa lalu yaitu Don Chinjao. Garp yang mengatakan sendiri bahwa dia berlatih dengan menghancurkan beberapa gunung.

fakta pukulan garp

Berbeda dengan ketika berlatih dengan memukul kapal perang angkatan laut, dalam momen ini Garp sudah jauh lebih senior di angkatan laut. Dan Garp juga menggunakan Haki untuk melapisi pukulannya. Dan akibat dari hal ini, kepala Don Chinjao yang awalnya berbentuk lancip berubah menjadi miring/bengkok. Dia sempat melampiaskan kemarahannya kepada Luffy di arc Dressrosa, namun akhirnya Luffy mengembalikan bentuk kepala Chinjao.

Memiliki Beberapa Pukulan

Sejauh ini, sosok Monkey D Garp memang sangat jarang sekali muncul dalam cerita One Piece. Kemunculannya di cerita ini bisa dihitung dengan jari. Meskipun Garp sangat jarang muncul sosok Garp diketahui memiliki beberapa pukulan yang sangat luar biasa. Misalnya ketika dia bertemu dengan Luffy di arc Water Seven yang jadi kemunculan pertamanya dalam cerita One Piece.

Kemudian, yang paling baru tentunya adalah ketika Garp dan anggota SWORD pergi ke pulau Beehive untuk menyelamatkan Koby. Dalam pertarungannya melawan Aokiji yang merupakan mantan muridnya, Garp sempat menggunakan dua teknik pukulan baru, yaitu Blue hole dan Galaxy Fist. Dan semua pukulan milik Garp tersebut benar-benar memiliki daya hancur yang sangat luar biasa.

Sudah Memiliki Banyak Korban

Dari berbagai informasi dan cerita yang menghadirkan sosok Monkey D Garp, diketahui ada beberapa “korban” dari pihak bajak laut yang pernah terkena serangan pukulan dari Garp. Yang paling pertama tentunya adalah Rocks D Xebec, di mana Garp menjadi sosok pahlawan angkatan laut dalam momen tersebut. Dia mengalahkan Rocks bekerja sama dengan Gol D Roger.

Kemudian, seperti yang disebutkan di atas, Don Chinjao juga pernah menjadi korban ukulan dahsyat dari Garp. Monkey D Luffy adalah korban lainnya. Meskipun dia adalah cucu dari Garp, sang kakek justru tidak pernah ragu untuk menghajarnya demi menjadi sosok bajak laut yang tangguh. Selanjutnya ada Marco yang terkena pukulan saat perang besar di Marineford. Dan terakhir adalah mantan muridnya, Aokiji, serta Shiryu.

Nama Pukulannya Memiliki Unsur Astronomi

Fakta terakhir mengenai pukulan dari Monkey D Garp adalah nama-nama pukulan dahsyat yang dia miliki nyatanya terinspirasi dari berbagai hal yang berkaitan dengan astronomi atau bintang. Misalnya, di awal cerita Garp memperlihatkan salah satu pukulan dahsyat yaitu Meteor Fist Shower di mana dia akan melemparkan peluru meriam kecil seperti halnya bola baseball.

fakta pukulan garp

Kemudian, dalam cerita terbaru di chapter kemarin Garp memperlihatkan dua pukulan dahsyat lainnya yaitu Blue Hole dan Galaxy Impact. Blue Hole sendiri kemungkinan adalah nama yang diadaptasi dari Black Hole yang kemudian diganti. Karena, Black Hole sendiri adalah salah satu nama jurus dari Yami Yami milik Blackbeard. Sedangkan, Galaxy Impact memiliki kedahsyatan yang luar biasa seolah-olah wilayah yang terkena pukulan Garp sama seperti terkena serangan meteor.

Dengan berbagai bukti yang ada sosok Garp memang nyatanya jauh lebih kuat daripada yang para fans kira sebelumnya. Meskipun usianya sudah tidak lagi muda, Garp membuktikan bahwa dia masih sanggup menghadirkan berbagai serangan dahsyat. Namun, nasib dari Garp sendiri sekarang berada di ujung tanduk setelah mengalami luka parah. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi pada Garp di chapter selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.