Film terbaru karya Christopher Nolan yang akan segera tayang, Oppenheimer, dilaporan harus dibanned alias dilarang tayang di negara Jepang. Oppenheimer menjadi salah satu film yang sangat dinanti-nanti oleh para penggemar film di seluruh dunia. Tayang pada 19 Juli mendatang, Oppenheimer merupakan sebuah film biopik yang menceritakan sosok J. Robert Oppenheimer. Dia merupakan seorang fisikawan dan ahli atom yang jadi pembuat dari bom atom.

Selain karena alur cerita dan filmnya yang bertabur bintang, nama Christopher Nolan juga jadi salah satu alasan lain mengapa film ini menjadi salah satu film yang sangat dinantikan. Namun, muncul sebuah laporan terbaru di mana film Oppenheimer dibanned atau dilarang tayang di Jepang. Sampai sekarang, belum ada alasan resmi mengapa kemudian film Oppenheimer sampai dibanned di negara Jepang.

Meskipun begitu, hal ini ada kemungkinan berkaitan dengan peristiwa mengerikan pada 78 tahun yang lalu. Seperti yang kita ketahui pada 1944 negara Jepang harus mengalami kehancuran yang sangat luar biasa setelah Amerika menyerang negara tersebut dengan bom atom. Amerika menyerang dua wilayah yaitu Hiroshima dan Nagasaki. Akibat dari hal ini ratusan ribu penduduk Jepang tewas dan akhirnya Jepang pun harus mengakui kekalahan perang pada saat itu.

oppenhimer dibanned di JepangYang menarik adalah sebenarnya pihak Universal sendiri masih belum menentukan kapan jadwal penayangan film Oppenheimer di Jepang. Negara Sakura tersebut merupakan salah satu pasar utama Hollywood yang mana tentunya Universal akan mempertimbangkan mengenai permasalahan yang ada. Di sisi lain, banyak orang juga yang mempertanyakan apakah kemudian para penduduk di Jepang akan tertarik untuk menyaksikan filmnya.

Di media sosial sendiri pun banyak warga net yang mendiskusikan terkait dengan masalah ini. Di sisi lain, penduduk Jepang sendiri pun tidak “alergi” dengan tema perang dunia kedua atau perang Pasifik. Buktinya, ada beberapa film yang bisa dibilang cukup sukses seperti The wolverine atau Letters From Iwo Jima. Dan film Oppenheimer pun sebenarnya bukan film perang, melainkan menceritakan tentang bagaimana sebuah bom atom bisa tercipta.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.