Meskipun waralaba John Wick masih mempunyai tayangan spinoff seperti series The Continental dan film Ballerina, saat ini belum diketahui kapan sutradara Chad Stahelski akan melanjutkan kisah sang Baba Yaga. Apalagi nasib akhir karakter yang diperankan Keanu Reeves ini diceritakan secara ambigu di ending John Wick: Chapter 4. Sekarang terlepas dari apa yang kita lihat di filmnya, Stahelski mengaku bahwa dia sebenarnya sudah sempat melakukan pengambilan gambar untuk ending alternatif John Wick 4.

Sebagai pengingat, awalnya film keempat dan kelima John Wick ditetapkan untuk digarap secara back-to-back atau bersamaan. Namun, proyek film kelima akhirnya dikesampingkan karena pandemi COVID-19. Nah sekarang walaupun ending film keempat memperlihatkan pemakaman John, tetapi belakangan ini rumor terkait film John Wick 5 akhirnya terbukti benar, di mana filmnya dipastikan akan segera dikembangkan. Menariknya, plot film kelimanya nanti tampaknya akan lebih selaras dengan ending alternatif John Wick 4 yang baru-baru ini diungkap oleh sutradara Stahelski.

ending john wick 4

Dalam sesi wawancaranya dengan Empire, Chad Stahelski membeberkan bahwa dia dan timnya sempat melakukan pengambilan gambar terakhir bersama Keanu Reeves, di mana karakter yang diperankannya muncul di ending John Wick 4. Seandainya ending ini dipakai, artinya sang Baba Yaga masih hidup dan tidak aneh jika dia kembali di film kelimamya nanti. Walaupun begitu, Stahelski lebih memilih ending yang mempertanyakan keberadaan John Wick, yang justru disukai oleh Keanu Reeves bahkan para penonton screeningnya.

“Kami sebenarnya memiliki ending yang berbeda. Apa yang kita lihat di versi finalnya adalah ending yang saya dan Keanu inginkan, tetapi kami memang sempat membuat ending yang berbeda juga. Di mana kami merekam adegan akhirnya di mana kalian akan benar-benar melihat John Wick di ending filmnya. Jadi sangat jelas bahwa dia masih hidup. Namun saat melakukan uji coba ternyata penonton lebih menyukai ending yang ambigu [seperti di versi final],” ungkapnya.

Saat ini sutradara Chad Stahelski memang bersikeras ingin mengistirahatkan John Wick untuk sementara waktu. Namun karena Lionsgate sudah memberikan lampu hijau, cepat atau lambat Stahelski dan Reeves akan kembali dengan film John Wick 5. Nah ending alternatif ini akan sangat berguna untuk mewujudkan hal tersebut. Namun untuk sekarang karena film kelimanya masih dalam tahap penggembangan, kita nantikan saja seperti apa perkembangan kabar selanjutnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.