John Wick: Chapter 4 akhirnya telah dirilis. Film ini bisa dibilang jadi film aksi terbaik di tahun 2023, setidaknya sampai saat ini. Berbagai respon juga telah muncul dari para kritikus, yang membuat banyak orang penasaran untuk menyaksikan filmnya. Namun menariknya, tidak seperti film John Wick sebelumnya, di installment keempat ini, kita akan mendapatkan satu credit scene yang mengarah pada proyek di universe John Wick selanjutnya.

Friendly reminder, bagi yang belum menonton filmnya, sebaiknya jangan baca artikel ini dulu ya karena spoiler-alert! Jadi, mari kita langsung saja bahas apa arti dari credit scene di film John Wick: Chapter 4. Simak selengkapnya di artikel ini ya Geeks!

Ringkasan John Wick: Chapter 4

Film keempat dari franchise John Wick ini menampilkan bintang aksi Hong Kong, Donnie Yen sebagai antagonis kedua bernama Caine. Seorang pria tuna netra yang sangat terampil dalam seni membunuh, Caine diberi tugas untuk menemukan dan membunuh John Wick (Keanu Reeves) atas perintah Marquis de Gramont, antagonis utama di film ini yang di utus oleh The High Table.

Namun, disini konflik terjadi, John Wick dan Caine adalah teman lama yang saling percaya satu sama lain. Caine terjebak dalam masalah ini karena Marquis mengancam bahwa The High Table akan menghabisi anaknya. Mau tidak mau ia harus tunduk dan memburu John Wick. Dalam upayanya, Caine harus menghabisi salah satu teman lama lainnya, Koji (Hiroyuki Sanada) karena Koji melindungi John Wick. Hal itu Caine lakukan putri Koji, Akira (Rina Sawayama).

Dalam momen tersebut, Caine punya kesempatan untuk membunuh Akira, namun ia lebih memilih membiarkannya hidup, dan ketika pergi, Caine yang sadar bahwa Akira akan menyimpan dendam padanya mengucapkan sebuah kalimat pada Akira, bahwa dia akan menunggu. Didorong oleh kemarahan dan balas dendam, Akira meminta bantuan kepada Wick untuk membunuh Caine. Tetapi di akhir film, kita tahu bahwa Caine masih hidup dan sehat.

Credit Scene di John Wick 4 dan Artinya

Akhirnya kita tiba di adegan credit scene, di mana kita melihat Caine dengan senyum karena berhasil lepas dari kewajibannya tunduk pada High Table. Ia terlihat tengah berjalan sambil membawa bunga menuju putrinya yang sedang memainkan biola di tangga museum.

Namun, tidak jauh dari kerumunan orang, muncul sosok seseorang dengan hoodie tertutup mendekati Caine dengan pisau dalam genggamannya. Siapa orang asing itu? Yup, dia adalah Akira yang haus balas dendam. Adegan itu terpotong sebelum kita tahu apakah dia berhasil balas dendam, atau apakah Caine berhasil lolos.

Sekilas, adegan tersebut sekedar “tambahan” saja yang menampilkan pembalasan Akira atas kematian ayahnya. Namun credit scene ini bisa dibilang mendobrak kebiasaan franchise John Wick yang tidak pernah menampilkan adegan credit apa pun, maka tentu saja ada maksud yang dituju dibalik adegan ini.

Sejauh ini, ada dua potensi kemana arah dari credit scene tersebut. Pertama, credit scene ini akan mengarah pada film John Wick 5. Karena meskipun di film keempat ini John Wick diceritakan tewas, namun Keanu Reeves dan sang sutradara, Chad Stahelski menyebutkan bahwa film John Wick akan berakhir di film kelima. Apalagi di pemakaman John Wick, saat Bowery King bertanya pada Winston apakah John Wick akan masuk neraka atau surga, Winston menjawab “who knows” dengan ekspresi seolah menyembunyikan sesuatu.

Maka ada kemungkinan jika John Wick telah memalsukan kematiannya, dan apa yang Akira lakukan akan membuat John Wick “bangkit” dari kematian dan membuatnya kembali terlibat dalam konflik yang rumit, entah High Table, atau sesuatu yang lain.

Potensi kedua, ada kemungkinan jika credit scene ini akan mengarah langsung menuju spin off John Wick yang berjudul Ballerina. Film ini akan dibintangi oleh Ana De Armas, dan juga akan memunculkan John Wick sendiri. Belum diketahui kapan timeline dari Ballerina ini, namun jika diceritakan setelah John Wick: Chapter 4, mungkin disini kita akan tahu bagaimana kebangkitan John Wick setelah kematiannya.

Demikian juga dengan keterlibatan Akira yang mungkin akan menjadi kawan atau lawan bagi karakter yang akan diperankan oleh Ana de Armas. Apa pun itu, kelanjutan cerita dari John Wick 5 dan Ballerina wajib ditunggu. Tinggal kita tunggu update selanjutnya dari kedua film ini, stay tune di Greenscene.co.id ya Geeks!

Oky Handiman
Oky merupakan salah satu founder dari Greenscene, ia juga turut berperan sebagai Operational Director. Passionnya terhadap topik seputar pop culture membuat ia terkadang ikut coverage untuk beberapa pembahasan yang tengah hangat.