Dari sekian banyak series Fase 5 Marvel Cinematic Universe yang telah Marvel Studios umumkan, Secret Invasion adalah series pertama yang akan tayang pada tahun ini. Mengambil inspirasi dari komik berjudul sama, series MCU ke-9 ini akan bercerita tentang invasi alien Skrull yang bisa menyamar sebagai manusia Bumi. Jelang penayangan perdananya di saluran streaming Disney+, review awal Secret Invasion akhirnya dirilis, mulai dari yang menganggapnya bagus sampai membosankan.

Beberapa hari lalu review awal kritikus terhadap Secret Invasion mendatang memang banyak yang mengakuinya sebagai series MCU yang cukup bagus. Namun tidak lama setelah itu review susulan dari sejumlah kritikus lainnya justru membuat respons terhadap series yang akan memiliki total enam episode ini menjadi lebih beragam. Sebagai contoh, di Rotten Tomatoes sendiri saat ini Tomatometer’ Secret Invasion hanya sebesar 65%, paling kecil di antara series MCU lainnya.

review awal Secret Invasion

Selain Rotten Tomatoes, respons beragam lainnya bisa kita rasakan juga dari review awal sejumlah kritikus terkenal:

  • “Alih-alih punya level yang sama seperti tayangan mata-mata 007 atau Mission: Impossible, pemirsa justru dibiarkan melihat versi diet gabungan antara Captain America: The Winter Soldier dan The Expendables. Ini mungkin bukan kritik, tetapi lebih seperti perubahan yang mengejutkan dari apa yang sebelumnya telah dijanjikan Marvel Studios. Walaupun begitu Secret Invasion adalah ‘versi terbaik’ Samuel L. Jackson dan series terbatas yang punya enam episode ini memang hanya bisa diselesaikan oleh Jackson, walaupun waktunya sudah lama lewat,” tulis ComicBook.com.
  • “Berdasarkan dua episode perdananya, series ini sendiri mengecewakan. Jajaran pemeran luar biasa yang dipimpin oleh Samuel L. Jackson, Ben Mendelsohn, Olivia Colman, dan Don Cheadle, telah membuat semuanya masih tetap layak ditonton. Dan ketika mereka diberi kesempatan untuk berinteraksi, kalian dapat menemukan versi terbaik tayangannya. Namun sebagian besar, Secret Invasion terasa lebih masam dan bahkan membosankan daripada yang diharapkan dari ornamen John le Carre/Graham Greene,” tulis The Hollywood Reporter.
  • “Cukup menyenangkan. Lagi pula, ini adalah tayangan Marvel, yang apik, halus, dan berlangsung cepat, di mana sejumlah easter egg dan semangatnya bisa dinikmati oleh para penggemar. Di sisi lain terasa cukup melelahkan juga, sejumlah adegannya seperti telah dilakukan sebelumnya. Seperti kelompok perlawanan di The Falcon and the Winter Soldier serta ancaman kiamat nuklir telah dilakukan berkali-kali. Sama halnya Nick Fury di kereta Marvel telah melaju selama bertahun-tahun sampai sekarang. Mungkin ini saatnya dia mendapatkan pensiun yang layak,” tulis London Evening Standard.
  • “Jackson memang selalu unggul ketika diberi kesempatan untuk memimpin sebuah proyek, jadi itu bukan sebuah kejutan lagi karena dia adalah Samuel L. Jackson. Namun untuk dua episode pertama seriesnya, sangat terasa bahwa dia adalah bagian dari tayangan yang menonjolkan dirinya sendiri, khususnya di tayangan televisi yang biasanya memang mempunyai hasil beragam,” tulis Variety.
  • “Mengatakan bahwa dua episode pertamanya masih kurang menegangkan mungkin tidak sepenuhnya adil. Klimaks premiere-nya bekerja dengan cukup baik, begitu juga dengan durasi satu jam yang terus berjalan menjadikannya sebuah tayangan MCU yang terasa membengkak. Namun tetap saja, Secret Invasion terbukti cukup menarik. Untuk jajaran pemerannya yang terdiri dari para pemenang Oscar dan nominasi, Ben Mendelsohn hampir tidak diberi ruang untuk melakukan apa pun, begitu juga Jackson yang punya runtime paling banyak, nyaris sedikit kurang pas,” tulis IndieWire.
  • “Sebagai salah satu proyek MCU yang paling matang untuk saat ini, Secret Invasion adalah drama yang memukau dan menegangkan yang memberi para aktornya materi yang berbobot dan mendorong penontonnya untuk melihat lebih banyak kemilau sifat-sifat heroik,” tulis Empire Magazine.

Sejumlah review awal Secret Invasion di atas memang sangat beragam antara yang menyebutnya cukup bagus atau sebaliknya. Namun perlu kita catat bahwa review tersebut keluar hanya berdasarkan dua episode perdananya, masih ada empat episode lagi yang mungkin akan memberikan kejutan sesungguhnya. Kita buktikan saja sendiri seperti apa aksi Nick Fury saat dirinya berusaha menguak konspirasi Skrull di MCU. Seriesnya sendiri dijadwalkan untuk tayang perdana di Disney+ pada tanggal 21 Juni nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.