Sebagai sosok penting pada 800 tahun yang lalu Joy Boy memiliki beberapa nakama yang membantunya dalam berbagai hal di dunia One Piece. Sosok Joy Boy masih jadi misteri di dunia One Piece saat ini. Sejak namanya pertama kali muncul dalam tulisan di Poneglyph, banyak yang penasaran dengan siapa sebenarnya Joy Boy. Yang menarik adalah reinkarnasi dari Joy Boy saat ini sudah bangkit.

Sosok reinkarnasi Joy Boy baru tersebut tidak lain adalah Monkey D Luffy. Protagonis utama dari series One Piece awanya memang diduga adalah reinkarnasi baru Joy Boy. Sampai kemudian Oda sendiri yang mengonfirmasi hal tersebut di arc Wano. Dari apa yang sudah muncul sejauh ini dalam cerita One Piece, sosok Joy Boy ternyata memiliki beberapa Nakama. Siapa saja mereka?

Poseidon

Poseidon merupakan salah satu dari tiga Senjata Kuno yang muncul dalam cerita. Berbeda dengan Pluton, yang merupakan Senjata Kuno berbentuk kapal, Poseidon merupakan makhluk hidup dalam hal ini adalah seorang putri duyung. Poseidon adalah salah satu nakama dari Joy Boy di dunia One Piece hal ini berdasarkan petunjuk yang ada. Di arc manusia ikan, Robin membaca Poneglyph yang berisi permintaan maaf dari Joy Boy.

nakama joy boy one piece

Dalam Poneglyph tersebut Joy Boy meminta maaf kepada Poseidon dan juga penduduk manusia ikan lainnya karena tidak bisa memenuhi janjinya. Bagaimana Joy Boy meminta maaf kepada Poseidon dan penduduk manusia ikan bisa jadi petunjuk bahwa mereka dahulu merupakan nakama. Dan hal ini pun kemudian diperlihatkan kembali oleh Shirahoshi, Poseidon baru, yang jadi nakama dari Luffy.

Klan Kozuki

Nakama Joy Boy di dunia One Piece selanjutnya adalah klan Kozuki. Mereka adalah adalah salah satu klan yang terpandang di wilayah Wano. Dan sudah sejak lama juga klan Kozuki menjadi pemimpin di negara tersebut. Wano sendiri merupakan negara yang tertutup dan tidak terafiliasi dengan World Government. Namun, ada alasan mengapa mereka memutuskan untuk menutup perbatasan wilayah.

Dalam kilas balik Kozuki Oden terungkap jika klan Kozuki sudah menutup perbatasan Wano sejak ratusan tahun yang lalu. Dan alasan terbesar mengapa mereka kemudian melakukan hal tersebut adalah untuk persiapan menyambut Joy Boy yang baru. Oden sempat berusaha untuk membuka kembali perbatasan, namun gagal. Di akhir arc Wano akhirnya terungkap jika negara tersebut memang bukan negara sembarangan. Pluton tersimpan di negara ini dan Momonosuke memutuskan perbatasan Wano akan dibuka jika saatnya tepat.

Zunesha

Zunesha adalah binatang gajah raksasa yang tingginya mencapai ribuan meter. Dia nampak selalu berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini karena Zunesha mendapatkan hukuman untuk mengelilingi alutan di Grand Line seumur hidupnya. Hukuman tersebut dia terima akibat kesalahan yang sampai saat ini mash belum terungkap.

nakama joy boy one piece

Zunesha jadi karakter yang terkonfirmasi sebagai sahabat dari Joy Boy ketika dia datang ke Wano dan mendengar suara genderang kebebasan. Momonosuke berkomunikasi dengan Zunesha melalui telepati. Zunesha pun kemudian mengonfirmasi jika sosok Joy Boy yang baru sudah kembali muncul, yang mana tidak lain adalah Monkey D Luffy. Zunesha awalnya hendak membantu Momonosuke dan Luffy, namun dia pergi setelah Momo mengatakan jika kekuatannya akan dibutuhkan nanti.

Keluarga Nefertari

Meskipu belum ada konfirmasi mengenai hal ini, namun berbagai pendapat dari para fans menyatakan jika keluarga Nefertari kemungkinan adalah Nakama dari Joy Boy. Petunjuk dari hal ini pun muncul di chapter 1084 ketika terungkap jika nenek moyang keluarga Nefertari, yaitu Lily, hidup di 800 tahun yang lalu. Dia menghilang tanpa jejak. Namun, para fans menduga Im bertanggung jawab atas hilangnya Lily.

Yang menarik adalah Im menaruh dendam terhadap Lily karena dianggap sebagai pengkhianat. Dan para fans juga banyak berspekulasi jika hal ini ada kaitannya dengan kemungkinan Lily bekerja sama dengan Joy Boy. Hal ini sendiri kemudian tercermin bagaimana Vivi kemudian menjadi nakama dari Luffy yang saat ini adalah Joy Boy yang baru.

Penduduk Shandora

Dalam arc pulau langit alias Skypiea terungap jika Shandora dahulunya merupakan kerajaan yang besar. Namun, sekitar 800-900 tahun yang lalu kerajaan tersebut harus hancur. Mengingat besarnya negara Shandora, seperti halnya klan Kozuki atau keluarga Nefertari, bukan mustahi jika nenek moyang dari Calgara kemungkinan adalah nakama dari Joy Boy.

Kru Bajak Laut Topi Jerami

Nakama Joy Boy yang paling jelas tentunya adalah kru bajak laut Topi Jerami. Seperti yang disebutkan di atas jika Luffy adalah reinkarnasi dari sosok Joy Boy yang baru. Dan hal ini pun dikonfirmasi oleh sahabat dari Joy Boy sendiri yang tidak lain adalah Zunesha. Jika kemudian Luffy memang terbukti adalah Joy Boy, maka logikanya kru Topi Jerami adalah Nakama dari Joy Boy.

nakama joy boy one piece

Kru Topi Jerami sudah bersama Luffy sejak lama dan mereka sudah membantu Luffy sejak kru tersebut terbentuk. Mereka juga berniat untuk mewujudkan mimpi besar dari Luffy. Dan para kru Topi Jerami ini pula memiliki tingkat kekuatan dan juga keunikan masing-masing. Menarik tentunya untuk melihat pertarungan dari para kru Topi Jerami bersama Luffy di akhir cerita nanti.

Aliansi Kru Topi Jerami

Selain kru Topi Jerami, nakama Joy Boy lainnya adalah Aliansi Kru Topi Jerami. Dalam arc Dressrosa, Luffy sempat ikut dalam turnamen di Corrida Colosseum. Mereka pun kemudian menjadi lawan dari Luffy. Satu persatu mereka berhasil untuk Luffy kalahkan. Dan setelah Doflamingo berhasil Luffy kalahkan, mereka pun kemudian memutuskan untuk membentuk aliansi besar Topi Jerami.

Aliansi besar tersebut dipimpin oleh Bartolomeo dan kemudian berbagai kapten dari para kelompok bajak laut lainnya kemudian bergabung. Total ada ribuan orang yang jadi bagian dari aliansi kru Topi Jerami ini. Meskipun mereka adalah sekutu, terlepas dari hal tersebut para kapten dari aliansi ini tetap bisa dianggap menjadi nakama dari Joy Boy alias nakama dari Monkey D Luffy.

Keberadaan Joy Boy akhirnya terungkap setelah Zunesha mengonfirmasi jika Luffy sosok tersebut dan para karakter di atas adalah nakama dari Joy Boy. Namun, teka-teki mengenai asal-usul Joy Boy sendiri memang masih jadi misteri. Dengan Oda mulai mengungkap tentang apa yang terjadi pada masa lalu, bukan tidak mungkin jika Oda juga akan memberi tahu tentang siapa Joy Boy sebenarnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.