Seri One Piece karya Eiichiro Oda merupakan salah satu seri dengan cerita yang sangat mengagumkan, di mana dunia yang dihadirkan dalam ceritanya benar-benar sangat luar biasa. Sedari awal serinya muncul, Oda Sensei sudah memperlihatkan kepada para fansnya bagaimana dia membuat sebuah dunia yang begitu hidup. Dan hal inilah salah satu alasan yang membuat One Piece begitu banyak digemari.

Seperti yang sudah diketahui, Oda Sensei selalu menghadirkan sesuatu berkaitan dengan hal lainnya. Dalam hal ini, berbagai tempat yang ada di seri One Piece pasti memiliki sejarah panjang dengan apa yang hadir dalam ceritanya. Pulau Zou adalah salah satunya. Zou dianggap sebagai sebuah negara yang besar. Dan yang uniknya, lokasi Zou sendiri ada di atas punggung gajah raksasa bernama Zunesha.

Siapa Sebenarnya Zunesha?

Zunesha merupakan seekor gajah raksasa kuno yang sudah berjalan mengelilingi Grand Line tanpa henti dan tanpa tujuan selama berabad-abad. Di atas punggungnya, Zunesha membawa sebuah wilayah dan peradaban dari suku Minks. Pulau tersebut kemudian diberi nama Zou. Meskipun Zunesha sudah membawa pulau Zou selama berabad-abad, sepertinya tidak pernah ada komunikasi yang terjadi antara suku Minks dan Zunesha.

Meskipun begitu, suku Minks sepertinya sangat memahami sosok Zunesha dan juga kebiasaanya, seperti membersihkan dirinya sendiri. Efek dari hal tersebut adalah banjir sementara di wilayah Zou. Meskipun suku Minks tidak berkomunikasi dengan Zunesha, mereka sangat peduli terhadap sosok gajah tersebut, dan mereka juga sadar bahwa Zunesha adalah sosok yang spesial.

Bukti dari hal ini adalah bagaimana suku Minks kemudian membantu Zunesha dengan merawat luka-luka yang dia derita saat Jack menyerangnya. Hal yang paling menarik tentang Zunesha adalah fakta bahwa dia sudah mengelilingi Grand Line selama kurang lebih 800 tahun, tanpa berhenti sekalipun. Menurut Nekomamushi, salah satu pemimpin suku Minks, pada zaman dahulu, Zunesha dihukum untuk berjalan melintasi Grand Line selamanya karena sebuah perbuatan kriminal yang dia lakukan.

Namun, sampai sejauh ini sama sekali tidak ada informasi mengenai kejahatan apa yang sudah dilakukan oleh Zunesha sehingga dia harus dihukum sedemikian berat. Para fans sendiri berasumsi bahwa kejahatan berat yang dilakukan oleh Zunesha kemungkinan ada kaitannya dengan abad yang hilang, Kerajaan Kuno, dan perang melawan Pemerintah Dunia.

Sejauh ini, hanya sedikit orang yang sudah pernah mendengar suara dari Zunesha. Ketika Gol D. roger tiba di Zou, dia dan Kozuki Oden mampu mendengar suara dari Zunesha dengan menggunakan kemampuan Voice of All Things. Yang anehnya adalah meskipun Roger dan Oden mampu mendengar suara Zunesha, mereka tidak mampu untuk berkomunikasi dengan Zunesha.

Hal berbeda kemudian diperlihatkan 20 tahun kemudian, ketika Momonosuke tiba di Zou, di mana dia diperlihatkan memiliki kemampuan untuk berbicara dengan Zunesha. Momonosuke bahkan mampu memberikan perintah kepada Zunesha. Fakta paling baru adalah di chapter 1041 kemarin, Zunesha bahkan mengatakan bahwa dia sudah sejak lama menantikan sosok Momonosuke dan sudah lama menantikan perintahnya.

Peran Zunesha Pada Masa Depan

Sejak pertama kali diperkenalkan di arc Zou, Zunesha selalu menjadi sebuah plot poin yang mana para fans tahu dan sadari bahwa Oda Sensei pasti akan hadirkan kembali dalam cerita yang akan datang. Di akhir arc Zou, Luffy pergi untuk pergi ke Whole Cake Island, sedangkan Nekomamushi dan para suku Minks lainnya berusaha mencari keberadaan Marco, Trafalgar Law, dan separuh kru Topi Jerami dan para Samurai pergi ke Wano.

Yang mengejutkan adalah Momonosuke memutuskan untuk tetap tinggal di Zou dan berusaha untuk bisa memahami Zunesha. Dan seperti yang sudah bisa diduga, bahwa ini merupakan petunjuk yang diberikan Oda Sensei dari koneksi mendalam yang dibangun antara Momonosuke dan Zunesha. Dalam chapter 1028 kemarin, Zunesha akhirnya kembali muncul.

Zunesha muncul di wilayah Wano dan muncul di hadapan para pasukan tambahan milik Pemerintah Dunia, yang berusaha untuk mengambil alih wilayah Wano. Tidak lama setelah itu, Zunesha pun mengubungi Momonosuke dan akhirnya pada chapter 1040 fakta pun diketahui bahwa Zunesha dahulu merupakan rekan dari Joy Boy.

Dengan akan segera berakhirnya arc Wano Country, diprediksi bahwa kita akan lebih banyak lagi melihat peran dari Zunesha. Kapal-kapal milik Pemerintah Dunia adalah rintangan pertama yang harus dihadapi oleh Zunesha. Dengan adanya perintah yang diberikan oleh Momonosuke atau tanpa perintah sama sekali, Zunesha nampaknya akan menghancurkan pasukan tersebut tanpa kendala, dan menyelamatkan wilayah Wano.

Yang lebih penting adalah para fans sangat menantikan apa yang terjadi pada masa lalu yang melibatkan Zunesha. Dengan fakta bahwa Zunesha merupakan rekan dari Joy Boy, artinya para fans mungkin akan melihat apa yang terjadi pada masa lalu melalui sosok Momonosuke, yang sudah belajar banyak tentang Zunesha melalui buku catatan Oden.

Mungkin kita akan mengetahui bagaimana Zunesha bisa mengenal dan bertemu dengan Joy Boy, bagaimana hubungan mereka terbentuk, dan tentunya mengapa kemudian Zunesha dihukum untuk melintasi lautan selama berabad-abad. Selain itu, bagaimana hubungan erat dari Momonosuke dan Zunesha bisa menjadikan mereka teman yang baik seperti halnya Joy Boya dahulu.

Dan puncaknya, seperti yang ditulis dalam artikel sebelumnya, semua sekutu atau rekan dari Luffy kemungkinan akan ikut ambil bagian dalam pertempuran puncak melawan Pemerintah Dunia, yang mana artinya hal tersebut bisa menjadi sebuah penebusan dosa dari Zunesha. Untuk saat ini, arc Wano Country akan segera berakhir dan Zunesha masih memiliki cerita panjang untuk dihadirkan sebelum kemudian membantu Joy Boy selanjutnya dalam sebuah perang besar terakhir yang sudah sering diramalkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.