Spider-Man adalah salah satu identitas superhero Marvel yang paling sering digunakan, baik di semesta utama maupun semesta alternatif. Ada banyak sekali karakter yang pada akhirnya menjadi Spider-Man atau Spider-People, di mana mereka semua merupakan bagian dari multiverse versi Spidey yang disebut Spider-Verse. Nah dari ratusan bahkan mungkin ribuan Spider-Man yang eksis di Spider-Verse, ada beberapa di antaranya yang terkenal mempunyai kekuatan unik selain spider-sense, mengeluarkan jaring, dan merayap di dinding. Berikut ini tujuh Spider-Man dengan kekuatan paling unik di Marvel Universe!

Miles Morales

spider-man kekuatan unik

Sebagai permulaan, mari kita mulai pembahasan Spider-Man dengan kekuatan paling unik dari sosok Miles Morales. Sebagai salah satu varian Spidey yang dimaksudkan untuk mengganti Peter Parker di Ultimate Universe, Miles mempunyai kekuatan yang lebih beragam. Seperti mengeluarkan bio-electricity dari tubuhnya yang bisa Miles pakai untuk menyerang maupun bertahan, serta kamuflase alias membuat dirinya tembus pandang. Kekuatan unik ini dia dapatkan karena laba-laba radioaktif yang mengigitnya telah dimodifikasi dengan Goblin Formula. Semua kekuatannya ini diadaptasi juga di waralaba Spider-Verse, termasuk di film teranyarnya Spider-Man: Across the Spider-Verse.

Spider-Man 2099

spider-man kekuatan unik

Satu lagi Spider-Man dengan kekuatan unik yang baru saja memainkan peran penting di film Spider-Man: Across the Spider-Verse, yaitu Spider-Man 2099. Karakter bernama asli Miguel O’Hara ini adalah varian Spidey yang eksis pada masa depan yang sangat jauh. Di mana perubahannya menjadi Spider-Man bermula saat Miguel sengaja memasukan DNA laba-laba ke dalam tubuhnya. Cara unik ini menjadikannya Spider-Man 2099 yang terkenal mempunyai kekuatan tambahan, seperti cakar dan taring yang sangat tajam. Meskipun tidak beracun, tetapi cakar Spider-Man 2099 mampu membuat musuhnya lumpuh.

Golden Spongecake

Dari sekian banyak varian Spidey yang pernah kalian dengar, mungkin Golden Spongecake Spider-Man adalah yang paling jarang diketahui keberadaannya. Diperkenalkan melalui komik Marvel Hostess Ads (1975), pada kenyataannya Golden Spongecake adalah salah satu Spider-Man yang memiliki kekuatan paling unik. Alih-alih menggunakan jaring, dalam setiap pertarungannya Golden Spongecake lebih sering menyerang menggunakan berbagai jenis kue, termasuk kue cokelat, bolu, pie rasa buah, dan lain sebagainya. Hal ini bisa terjadi karena di semestanya para superhero memang menyerang dengan snack dan kue.

Supaidaman

spider-man kekuatan unik

Supaidaman adalah Spider-Man asal Jepang yang melakukan debutnya di serial live action bergenre tokusatsu pada tahun 1978. Alih-alih digigit oleh laba-laba radioaktif, varian Spider-Man bernama asli Takuya Yamashiro ini justru mendapatkan kekuatan unik dari teknologi alien Garia dari Planet Spider. Dengan alat yang disebut Spider Bracelet dia bisa berubah menjadi Supaidaman layaknya Ksatria Baja Hitam atau Power Rangers. Selain mempunyai kekuatan fisik super, daripada mengeluarkan jaring Supaidaman lebih sering terlihat bertarung dengan mecha raksasa andalannya yang disebut Leopardon.

Anya Corazon

Di Marvel Comics, Anya Corazon adalah salah satu alter ego Spider-Girl yang mempunyai kekuatan cukup unik jika dibandingkan dengan Spider-Man lain. Secara garis besar sebenarnya kekuatan Anya sama seperti manusia laba-laba lainnya, di mana dia mempunyai kekuatan fisik super, mampu merayap di dinding, punya spider-sense, dan senang mengayun di antara gedung-gedung menggunakan jaring. Namun ada beberapa kekuatan super yang membuatnya terasa unik, yaitu kamuflase seperti Miles dan juga skeletal flexibility yang artinya dia mempunyai tulang lentur mirip Mister Fantastic.

Spider-Cyborg

spider-man kekuatan unik

Debut di komik Superior Spider-Man #33 (2014)Spider-Cyborg dikenal sebagai varian Spidey yang memiliki kekuatan unik. Hal itu bisa terjadi karena tubuh Spidey yang juga muncul di film Spider-Man: Across the Spider-Verse ini sudah bukan lagi organik seperti Spider-Man lainnya. Karena sebuah peristiwa yang hampir merenggut nyawanya, dia terpaksa menjalani operasi sibernetik yang membuatnya harus kehilangan sebagian besar kekuatan laba-labanya. Sebagai gantinya, tubuh baru Spider-Cyborg memungkinkannya untuk menembakkan energi mematikan dari canon di tangannya.

Spider-Byte

spider-man kekuatan unik

Terakhir, varian yang mempunyai kekuatan unik jika dibandingkan dengan Spider-Man lainnya adalah Margo alias Spider-Byte. Jika kalian sudah melihat penampilannya di film Spider-Man: Across the Spider-Verse, kalian pasti sudah tahu bahwa Spider-Byte tidak punya bentuk fisik seperti Spidey lain. Penyebabnya tidak lain adalah karena dia berasal dari dimensi cyberspace yang terpisah dari dunia nyata. Namun originnya ini justru memungkinkan Spider-Byte untuk muncul dalam bentuk hologram di dunia nyata, yang akhirnya membuat dirinya bisa menggandakan diri serta berpindah tempat dengan cepat.

Itulah tujuh Spider-Man dengan kekuatan paling unik di multiverse Marvel. Jika dibandingkan dengan varian lain yang punya origin dan kekuatan seperti Peter Parker, tentu saja para karakter ini mempunyai keunikan tersendiri yang membuat mereka terasa ‘serupa tapi tak sama’. Penggambaran seperti ini justru pada akhirnya membuat mereka tidak lagi harus bersembunyi di balik bayang-bayang Peter yang popularitasnya sangat luar biasa. Jika mau Marvel sebenarnya bisa memunculkan para Spider-Man ini kapan saja dengan kisahnya sendiri yang mungkin bisa menyalip popularitas Spider-Man utama.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.