Spider-Man 2099 jadi salah satu karakter Spider-Man baru yang muncul dalam film Spider-Man: Across the Spider-Verse dan ada beberapa fakta menarik tentang karakternya. Multiverse Marvel menghadirkan banyak sekali versi dari sosok Peter Parker alias Spider-Man. Contohnya adalah Ben Reiley atau bahkan Miles Morales. Bahkan, sosok Miles Morales tidak kalah populer dari Peter Parker.

Beragam versi dari Spider-Man tersebut berasal dari berbagai realita alternatif yang ada di seluruh multiverse Marvel. Spider-Man 2099 juga adalah salah satu contoh lainnya dari hal tersebut dan memiliki berbagai fakta menarik yang mungkin belum banyak orang ketahui. Apa saja? Berikut ulasannya.

Masa Depan Kelam

Fakta spider-man 2099 yang pertama adalah dia berasal dari masa depan kelam. Bisa dikatakan bahwa Spider-Man 2099 berasal dari sebuah universe tergelap yang ada di Marvel Comics. Setting waktunya sendiri satu abad kemudian dari masa waktu di Earth-616 saat ini. Dalam ceritanya, pada masa itu seluruh dunia berhasil dikendalikan oleh sebuah perusahaan besar yang sangat kuat dan mengerikan yaitu Alchemax.

Perusahaan ini hampir menyentuh seluruh aspek kehidupan di seluruh dunia. Sosok Miguel O’Hara adalah orang yang bertanggung jawab terhadap divisi engineering di perusahaan tersebut. Dalam sebuah peristiwa penelitian yang dia lakukan untuk menciptakan Spider-Man lainnya, Miguel tidak sengaja mendapatkan kekuatan laba-laba miliknya sendiri. Namun, memang ada perbedaan yang mencolok antara kekuatan Miguel dan Peter.

Miliki Kecerdasan Tinggi

Sosok Miguel O’Hara nyatanya tidak kalah cerdas dari sosok Peter Parker. Bahkan, Miguel juga diketahui memiliki kecerdasan yang tinggi. Kejeniusan dari Miguel bahkan sudah terlihat sejak usianya masih muda. Hal ini terbukti ketika dia berhasil masuk dalam program Alchemax’s School For Gifted Youngsters di Winchester. Sekolah khusus orang-orang cerdas itu merupakan versi lain dari sekolah khusus milik Professor Xavier.

Sekolah khusus Alchemax memiliki fasilitas latihan yang sangat luar biasa dan berteknologi tinggi. Bahkan, fasiltas tersebut menjadi salah satu yang paling kerena di Marvel Universe. Ketika dia bersekolah di sana, dia memiliki teman bernama Xina. Dia juga menjadi rival dari Kron Stone, di mana dia kemudian jadi salah satu sosok villain berbahaya di Marvel Universe.

Jadi Kepala Genetik Alchemax

Berkat kejeniusan yang Miguel miliki, dia pun mendapatkan promosi yang sangat cepat. Puncak karir dari Miguel adalah menjadi kepala pusat riset dan genetik Alchemax. Dia berhasil menciptakan tentara super yang sangat kuat dan bisa dikendalikan bernama ‘corporate raiders.’ Ketika menjadi kepala genetik inilah Miguel berubah menjadi Spider-Man 2099.

Miguel melakukan penelitian untuk menciptakan Spider-Man untuk beraksi di abad tersebut. Setelah salah satu subyek uji coba tewas, Miguel berusaha untuk mundur dan mengancam akan membocorkan praktik mengerikan Alchemax. Namun, Tyler Stone yang merupakan wakil presiden Alchemax kemudian berhasil mengelabui Miguel untuk meminum zat adiktif bernama Rapture. Dia pun kemudian mencoba merubah DNA miliknya yang justru membuatnya mendapatkan kekuatan laba-laba.

Menyatu Dengan DNA Laba-laba

Fakta spider-man 2099 selanjutnya adalah DNA milik Miguel menyatu dengan laba-laba. Ketika Tyler Stone berusaha untuk memeras Miguel dengan zat adiktif Rapture, Miguel justru memulai rantai peristiwa yang membuatnya menjadi Spider-Man. Demi menghentikan ketergantungannya terhadap Rapture, Miguel kemudian menggabungkan DNA miliknya dengan DNA laba-laba. Inilah yang kemudian membuatnya berubah menjadi Spider-Man.

Level kekuatan fisik, kelincahan, dan daya tahan dari Miguel O’Hara pun kemudian meningkat tajam. Yang kemudian membedakannya dengan Peter Parker adalah terdapat cakar di jari dan kukunya. Dia juga memiliki taring yang mampu melumpuhkan berbagai musuhnya dengan satu gigitan. Miguel mampu menembakan jaring laba-laba organik dari spinnerets yang ada di telapak tangannya. Berbeda dengan Spider-Sense, Miguel memiliki peningkatan pendengaran dan penglihatan.

Hampir Hilang

Komik Spider-Man 2099 pertama kali muncul pada 1992 yang ditulis oleh Peter David dan Rick Leonardi. Komiknya sendiri sempat akan berakhir pada tahun 1996. Pada 1997, komik 2099: World of Tomorrow hadir sebagai antologi untuk memulai ulang ceritanya setelah alur cerita utamanya selesai. Spider-Man 2099 berakhir di Latveria, yang merupakan rumah bagi Doom 2099, variant Doctor Doom yang paling kuat.

Sayangnya, setelah muncul hanya delapan bulan komik lanjutan ini berhenti terbit. Miguel O’Hara kemudian kembali dalam mini seri Timestorm 2009-2099, yang mana Marvel hadirkan untuk para pembaca baru. Mini seri ini melengkapi kisah asal-usul Miguel sekaligus juga memberikan perubahan besar terhadap ceritanya.

Bertemu Dengan Peter Parker

Salah satu fakta spider-man 2099 yang menarik adalah Miguel O’Hara dan Peter Parker sebenarnya pernah bertemu dalam sebuah cerita yaitu Spider-Man 2099 Meets Spider-Man yang rilis pada 1995. Dalam ceritanya, Peter dan Miguel bertukar kehidupan. Miguel harus menjalani hidup sebagai Peter dan sebaliknya. Hal ini bisa terjadi berkat uji coba mesin waktu yang dilakukan oleh perusahaan Alchemax, tanpa dia sadari bahwa itu bisa membawa petaka bagi kehidupan sekarang

Bergabung Dalam Tim Exiles

Exiles merupakan sebuah kelompok pahlawan yang biasanya berisi para karakter mutan atau yang terkoneksi dengan kelompok X-Men. Tim Exiles sengaja dibentuk untuk memperbaiki realita dan timeline yang rusak. Sebuah realita alternatif kemudian muncul ketika mantan anggota Exiles, Proteus, merubah peristiwa di timeline 2099. Hal ini pun berefek pada munculnya sosok lain dari Spider-Man 2099.

Miguel O’Hara dari realita alternatif 2099 tersebut bergabung dengan Exiles dengan harapan mereka bisa memperbaiki kerusakan di realitanya. Dia pun kemudian memperbaiki semuanya bersama dengan Blink dan Sabretooth serta beberapa anggota lainnya. Miguel versi alternatif ini kemudian jatuh cinta terhadap Mary Jane Watson di realita lain sebelum kemudian Miguel tewas oleh Morlun.

Pernah Hancurkan Valhalla

Spider-Man 2099 pernah mengumpulkan para pahlawan untuk menghancurkan Valhalla. Pada saat itu, perusahaan Alchemax memiliki rencana jahat yang memanfaatkan kekuatan para dewa Nordik seperti Thor dan Heimdall. Alchemax menculik orang-orang tidak bersalahdan menggunakan alat mereka untuk mencuci otak para dewa tersebut dengan berpikir bahwa mereka memang adalah tuhan atau dewa.

Mengetahui rencana jahat tersebut, Spider-Man 2099 kemudian mengumpulkan para pahlawan untuk menghentikan rencana jahat Alchemax tersebut. Dia bergabung dengan Doom 2099, Ravage, X-Men 2099 dan masih banyak lainnya. Mereka semua akhirnya bersatu untuk dan akhirnya berhasil menghentikan rencana jahat Alchemax sekaligus juga menghancurkan Valhalla.

Musuh Besar Ayahnya

Fakta spider-man 2099 yang tidak kalah menarik adalah ternyata Miguel adalah musuh besar ayahnya. Pemimpin perusahaan Alchemax, Tylor Stone, merupakanayah dari Kron Stone yang merupakan rival dari Miguel. Tyler juga sempat menjadi mentor bagi Miguel saat bersekolah di sekolah khusus Alchemax. Namun, ternyata ada koneksi yang jauh lebih dalam antara Miguel dan Tyler. Ceritanya kemudian mengungkapkan jika Tyler Stone sebenarnya adalah ayah biologis dari Miguel.

Sosok ayah yang Miguel sangka adalah ayah biologisnya justru adalah ayah angkatnya. Dalam ceritanya terungkap jika ibu dari Miguel, Conchata, ternyata berselingkuh dari suaminya dengan Tyler Stone yang berujung pada kelahiran Miguel. Fakta ini langsung merubah hubungan keduanya, yang mana membuat Miguel memutuskan untuk pergi ke masa lalu dan menyelamatkan versi muda ayahnya tersebut demi menyelamatkan masa depannya.

Pernah Berhadapan Dengan Venom

Dalam cerita Summer of Symbiotes, para pembaca juga bisa melihat aksi dari para karakter Marvel versi tahun 2099. Dalam ceritanya, Kron Stone tumbuh menjadi seorang pemimpin geng yang memiliki peranan penting dalam terciptanya Punisher 2099. Namun, Punisher 2099 berhasil membalas dendam Kron Stone. Dia kemudian membuang tubuhnya ke saluran pembuangan.

Namun, di saluran pembuangan air tersebut tubuh Kron justru menyatu dengan symbiote Venom. Setelah bertahun-tahun, akhirnya tubuh Kron Stone berubah dan berevolusi. Dia menjadi Venom 2099. Symbiote tersebut berhasil menghilangkan kesadaran Kron Stone dan melakukan berbagai kejahatan dan aksi brutal. Alchemax sendiri berusaha untuk melakukan eksperimen terhadap symbiote Venom yang berujung pada Alea Bell menjadi Venom 2099 baru.

Adiknya Adalah Goblin 2099

Dalam kehidupan Miguel O’Hara dia pernah menjalin beberapa hubungan romantis, termasuk dengan sosok Dana D’Angelo. Namun, sebelum Dana menjalin hubungan dengan Miguel ternyata dia pernah menjalin hubungan dengan adik Miguel yaitu Gabriel. Namun, Dana kemudian mengkhianati hubungan romantis dengan Gabriel yang membuat hubungan mereka akhirnya kandas.

Venom 2099 kemudian tidak sengaja membunuh Dana ketika dia mengamuk. Dan hal ini pun jadi awal mula kemunculan Goblin 2099. Setelah melakukan berbagai kejahatan, Miguel kemudian menemukan fakta jika sosok di balik nama Goblin 2099 ternyata adalah adiknya, Gabriel. Alasan Gabriel melakukan hal tersebut adalah dia iri terhadap kesuksesan dan aksi kepahlawanan sang kakak. Tetapi, ternyata sebenarnya kakak dari Dana, Jennifer, yang melakukanĀ framingĀ terhadap Gabriel dan menggunakan identitas Goblin untuk menggeser posisi Spider-Man 2099.

Pernah Pegang Mjolnir

Fakta spider-man 2099 yang tidak kalah menarik ternyata dia pernah pegang Mjolnir. Dalam alur cerita 2099: World of Tomorrow, Spider-Man 2099 bersama para karakter dari masa depan lainnya berusaha untuk menghentikan ancaman besar yang menghancurkan dunia. Sosok alien Phalanx coba untuk memanfaatkan peristiwa tersebut untuk menyerang bumi yang mana hal itu membuat es yang ada di kutub mencair dan menghancurkan banyak bagian di dunia.

Spider-Man 2099 kemudian bekerja sama dengan Doom 2099 untuk menghentikan invasi Phalanx ke bumi. Doom mengorbankan dirinya untuk menghentikan ancaman Phalanx, sedangkan Miguel membangun kembali hidupnya beserta perusahaan Alchemax. Dia membangkitkan Steve Rogers dari kematian dan memberikannya Mjolnir untuk menjaga masa depan. Namun, justru Steve mempercayakan Mjolnir tersebut kepada Miguel yang membuktikan bahwa dia memang pantas.

Berhadapan Dengan The Fist

Pasca peristiwa epik Secret Wars, Spider-Man 2099 ternyata tidak bisa kembali ke timeline asalnya. Terjebak di masa lalu membuat Miguel akhirnya memutuskan untuk melupakan identitas dan kehidupannya sebagai Spider-Man 2099. Dia mencoba kehidupan baru dengan menerima tawaran kerja di Parker Industries. Namun, suatu ketika dia kemudian mengetahui rencana jahat dari kelompok bernama The Fist.

Miguel O’Hara akhirnya bergabung dengan Roberta Mendez alias Captain America 2099 untuk melakukan investigasi terhadap The Fist, yang merupakan “cabang” dari organisasi The Hand. Mereka memiliki rencana untuk menghancurkan Amerika Serikat. Untuk menghentikan rencana The Fist, Miguel sempat melakukan beberapa kali perjalanan waktu. Meskipun akhirnya dia berhasil, namun Miguel harus kehilangan nyawanya. Tetapi, Doctor Strange 2099 kemudian menghidupkan kembali karakternya.

Gunakan Teknologi Parker Industries

Ternyata teknologi canggih yang Miguel gunakan di kostumnya merupakan teknologi milik Parker Industries. Ketika Miguel O’Hara muncul pertama kali sebagai Spider-Man 2099, kostum miliknya terbuat dari molekul yang tidak stabil. Meskipun memang ada teknologi masa depan yang kemudian dia terapkan di kostumnya, namun Miguel baru melakukan upgrade terhadap kostumya ketika dia kembali ke masa lalu dan bekerja untuk Parker Industries.

Peter Parker menggunakan sisa-sisa peralatan dan teknologi dari masa depan untuk melakukan upgrade terhadap kostum Spider-Man milik Miguel O’Hara. Kostum baru ini memiliki kemampuan senyap level tingi dan bagian sayap serta jubahnya pun mengalami perubahan. Di bagian sepatunya terdapat roket pendorong dan bahkan dia memiliki senjata jarak jauh.

Diambil Alih Oleh Anaknya

Fakta spider-man 2099 terakhir adalah titelnya diambil alih oleh anaknya. Ketika Miguel O’Hara terjebak di masa lalu dan tidak bisa kembali ke universenya, dia sempat jatuh cinta terhadap seorang wanita bernama Tempest Monroe. Ketika kemudian dia mengetahui Tempest Monroe mengidap Leukimia, Miguel kemudian coba untuk menciptakan obat penawar untuk kanker tersebut yang sudah ditemukan di timelinenya. Obat tersebut memang berhasil menyembuhkan Tempest, tapi ada efek samping yang dia rasakan.

Tempest Monroe ternyata berubah menjadi sosok monster serangga mengerikan. Fakta lainnya yang terungkap Tempest kemudian mengatakan jika dia mengandung anak Miguel. Dalam salah satu petualangannya menjelajah waktu, Miguel sempat bertemu dengan seorang pahlawan dari masa depan yang menggunakan kostum versi baru dari Spider-Man 2099. Dia kemudian menemukan fakta jika Spider-Man 2116 merupakan anaknya sekaligus penerusnya Gabri. Setelah timeline Miguel hancur, dia kemudian bertemu kembali dengan Gabri dan Tempest.

Spider-Man 2099 nyatanya memiliki sejarah panjang di Marvel Comics. Miguel O’Hara sempat terlibat dalam berbagai peristiwa besar dalam cerita komiknya. Miguel juga bertanggung jawab terhadap lahirnya beberapa karakter di masa yang akan datang. Karena itu, wajar jika kemudian Spider-Man 2099 jadi salah satu karakter Spider-Man yang menarik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.