Bagi sebagian orang tentunya akan sangat sulit menentukan judul anime apa yang akan mereka tonton untuk memulai hobinya menyaksikan anime dan menjadi seorang wibu pemula. Hal tersebut memang masuk akal, karena saat ini ada banyak sekali judul anime yang muncul di pasaran. Dan hal tersebut tentunya akan membuat bingung siapa pun yang mau mulai menyaksikan anime.

Anime merupakan sebuah industri besar saat ini dan sepertinya masih belum akan berhenti berkembang hingga puluhan tahun kedepan. Alur cerita yang unik dan menarik serta karakter yang dinamis menjadi beberapa hal yang jadi daya tarik anime untuk menggaet para penonton baru. Namun, untuk memulai semuanya tentu perlu diawali dengan sesuatu yang ringan dan menarik. Berikut adalah deretan judul anime untuk para wibu pemula atau penggemar anime baru.

My Hero Academia

My Hero Academia adalah salah satu judul anime dan manga yang sangat populer di Jepang. Bahkan, kepopuleran dari seriesnya berkembang hingga ke seluruh dunia. Alur ceritanya sendiri berfokus pada sosok Izuku Midoriya alias Deku yang hidup di sebuah dunia di mana kekuatan super – atau Quirk – adalah hal yang lumrah dimiliki manusia. Deku sendiri diketahui terlahir tanpa kekuatan super.

Meskipun begitu, hal tersebut tidak menghentikan mimpinya untuk menjadi seorang pahlawan. Dia pun masuk ke sekolah khusu pahlawan yaitu U.A. dan harus berjuang untuk bersaing dengan yang lain. Animenya mengeksplor kompleksitas dan sisi gelap dari heroisme dan juga aksi kejahatan dari sudut pandang para karakter. Desain dari para karakternya juga bisa jadi nilai plus lain dari anime ini.

One-Punch Man

Tidak kalah populer dari My Hero Academia, anime One-Punch Man adalah judul anime yang ramai diperbincangkan di kalangan pecinta anime di seluruh dunia. One-Punch Man sendiri pada awalnya adalah sebuah series webcomic yang dibuat oleh ONE pada 2009. Namun, alur cerita yang unik dan karakter yang menarik jadi alasan seriesnya populer kala itu. Dan akhirnya, One-Punch Man diadaptasi dalam versi manga dan juga anime.

Protagonis utama dari anime ini adalah Saitama, sosok karakter pahlawan yang mampu mengalahkan dan menghancurkan apa pun hanya dalam satu serangan atau satu pukulan. Hal ini membuat Saitama justru bosan dengan kekutannya dan mengharapkan tantangan lebih. Unsur humor, satir, dan aksi yang berpadu dengan apik dalam suguhan ceritanya. Bahkan, animasi dari adegan pertarungannya banyak mendapatkan pujian.

Dr. Stone

Dr. Stone adalah judul anime lainnya selain MHA dan One-Punch Man yang berhasil meraih popularitas bukan hanya di Jepang, melainkan juga di seluruh dunia. Dr. Stone berkisah tentang sebuah dunia di mana seluruh umat manusia harus kembali ke zaman batu setelah sebuah peristiwa dahsyat terjadi. Ceritanya sendiri berfokus Taiju dan juga Senku yang berusaha untuk membangun kembali dunia yang baru dan berbeda dari sebelumnya.

Mereka tidak sendirian, namun ada juga berbagai karakter lainnya yang membantu. Satu hal yang jadi daya tarik anime Dr. Stone adalah ilmu pengetahuan yang dihadirkan di ceritanya. Dalam ceritanya kita akan melihat bagaimana Senku dan yang lain mencoba menciptakan atau membangun sesuatu. Contohnya adalah Senku Cola atau bahkan menciptakan mobil. Buat Geeks yang senang ilmu pengetahuan yang dibalut cerita ringan, maka Dr. Stone bisa jadi pilihan.

Death Note

Death Note merupakan sebuah anime thriller psikologis yang berhasil meraih perhatian para penggemar di seluruh dunia. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok Light Yagami, seorang murid SMA yang tidak sengaja menemukan sebuah buku catatan misterius. Buku catatan tersebut ternyata memiliki kekuatan dahsyat di mana siapa pun nama yang dituliskan di dalamnya akan tewas dalam sekejap.

Dengan memanfaatkan hal tersebut, Light Yagami kemudian berusaha untuk menyingkirkan seluruh kriminal dan kejahatan di dunia. Dia mencoba untuk menciptakan sebuah dunia yang sesuai keinginannya. Namun, hal ini mendapatkan perhatian dari sosok detektif hebat bernama L. Premis yang unik dan dipadukan dengan karakter yang kompleks jadi hal yang menarik bagi animenya. Bahkan, Death Note dianggap sebagai salah satu anime terbaik sepanjang masa.

Dragon Ball Super

Franchise Dragon Ball merupakan salah satu franchise anime klasik yang sudah sejak lama populer. Dimulai dari Dragon Ball, animenya kemudian berkembang dengan menghadirkan berbagai sekuel seperti Dragon Ball Z dan Dragon Ball GT. Namun, franchise ini juga merilis series terbaru yang bisa disaksikan oleh para wibu pemula yaitu Dragon Ball Super. Ceritanya sendiri masih berfokus pada Goku, Vegeta, dan Z-Fighters.

Mereka harus mempersiapkan diri menghadapi ancaman dari sosok Dewa Penghancur bernama Beerus yang mengancam akan menghancurkan bumi. Dragon Ball Super menghadirkan banyak momen pertarungan epik sekaligus juga memperkenalkan berbagai karakter baru. Meskipun animenya selesai pada 2018, namun terdapat berbagai rumor yang menyebutkan tentang kelanjutan ceritanya.

Bleach

Bleach adalah salah satu dari tiga series besar (Big Three) yang muncul di Shonen Jump, selain Naruto dan One Piece. Wajar jika seri animenya pun sangat populer, di mana diketahui seri animenya berjalan selama 366 episode yang berlangsung dari 2004 sampai 2012. Serinya berfokus pada sosok Ichigo Kurosaki yang bergabung dengan Soul Reaper, kelompok yang bertugas melindungi manusia dari arwah jahat.

Anime Bleach sendiri sempat dihentikan penayangannya sebelum arc terakhirnya dimulai, yaitu Thousand Year Blood War, yang memperlihatkan para Quincy yang kembali bertarung menghadapi para Shinigami. Namun, di tahun 2022 kemarin kelanjutan dari arc terakhir ini akhirnya resmi tayang dan langsung mendapatkan tanggapan positif dari para fans. Ini adalah salah satu judul anime yang bisa disaksikan untuk para wibu pemula.

Naruto

Anime big three lainnya yang bisa jadi referensi bagi wibu pemula adalah Naruto. Rasanya Geeks semua sudah tahu tentang anime klasik dan juga sangat populer ini. Berkisah tentang Uzumaki Naruto, seorang shinobi yatim piatu yang memiliki cita-cita untuk menjadi Hokage atau pemimpina desa Konoha tempat dia tinggal. Namun, perjalanan panjang Naruto menjadi Hokage dan ninja kuat tidaklah mudah.

Banyak rintangan, kesedihan, latihan berat, dan hal lainnya yang harus dihadapi oleh Naruto sebelum dia benar-benar berhasil mewujudkan mimpinya. Anime Naruto sendiri memiliki sekuelnya yaitu Naruto Shippuden dan juga Boruto: Naruto Next Generation. Meskipun begitu, Naruto adalah momen awal bagi Geeks semua untuk mengatahui dan mengikuti alur petualangan Naruto.

One Piece

One Piece adalah series anime dan juga manga paling populer di seluruh dunia. Rasanya hampir semua orang mengetahui tentang anime One Piece. Bukti popularitas dari One Piece adalah manganya menjadi yang paling banyak terjual dalam sejarah dengan jumlah mencapai lebih dari 460 juta kopi. Belum lagi, One Piece juga sudah menelurkan puluhan judul film dan permainan video.

Animenya sendiri masih terus populer sejak pertama kali tayang pada 1999, bahkan sudah mulai banyak penggemar baru yang mengikuti cerita perjalanan Monkey D. Luffy untuk mencari harta karun One Piece. Dari semua judul di atas, One Piece adalah series anime yang masih berjalan hingga sekarang. Meskipun begitu, diketahui jika kemungkinan dalam beberapa tahun kedepan ceritanya akan selesai.

Menjadi wibu pemula atau penggemar anime baru memang sedikit sulit apalagi untuk menentukan judul apa yang akan ditonton selanjutnya. Sebagai penggemar pemula tentunya akan lebih baik untuk memulai semuanya dengan sesuatu yang tidak terlalu kompleks dan rumit. Dan berbagai judul di atas adalah beberapa rekomendasi menarik untuk para wibu pemula.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.