Beberapa waktu lalu, Marvel Studios resmi merilis trailer The Marvels yang mengungkap banyak hal tentang filmnya. Sekarang kita bisa mengetahui bahwa Monica Rambeau, Caron Danvers, dan Kamala Khan harus menyelesaikan masalah yang tidak pernah mereka duga sebelumnya. Ketika masing-masing dari mereka mengeluarkan kekuatan, kekuatan ketiganya saling terhubung yang membuat mereka bertukar tempat secara spontan. Tetapi Geeks, ada yang lebih menarik dalam trailernya, di mana terungkap muncul sebuah organisasi baru bernama SABRE yang kemungkinan besar mirip SWORD.

Organisasi Pelindung Bumi di MCU

Seperti yang kita ketahui di MCU, ada 2 organisasi yang dikenalkan sebagai pelindung Bumi. Kedua organisasi tersebut adalah SHIELD dan SWORD. Secara garis besar, kedua organisasi ini memiliki tugas berbeda. SHIELD bertugas menghadapi ancaman yang berasal dari dalam Bumi, sementara SWORD bertugas menangani ancaman ekstradimensi dan ekstraterestrial. Keduanya pun sama-sama digerakan oleh pemerintah dan memiliki banyak mata-mata demi membuat perdamaian dan menjaga Bumi tetap aman. Meski tugas keduanya berbeda, tetapi mereka akan bersatu ketika situasi memang membutuhkan.

Tugas SWORD bisa dibilang jauh lebih masif lagi, karena mereka harus wilayah yang lebih luas, sebelum ancaman itu tiba mengancam Bumi. Karena itulah SWORD terlihat memiliki persenjataan dan sumber daya yang jauh lebih maju dan modern, mulai dari sistem pertahanan ataupun sejata yang digunakan saat menjalankan misi. Tetapi sebentar lagi, MCU juga akan memperkenalkan organisasi baru bernama SABRE, seperti yang disebutkan di atas. Lantas siapa mereka?

Dibuat Khusus untuk The Marvels

Tugas utama SABRE memang masih misterius. Karena timeline filmnya masih belum jelas, kita pun belum mengetahui apakah SABRE didirikan sebelum peristiwa Secret Invasion terjadi, atau sesudahnya. Marvel Comics sendiri tidak pernah memperkenalkan organisasi bernama SABRE. Di komiknya, kita hanya pernah dikenalkan dengan karakter bernama Sabre, seorang mutan yang eksis di Earth-616, sehingga kita belum bisa mendapat gambaran seperti apa organisasi itu. Itu berarti SABRE adalah organisasi baru yang dibuat oleh Marvel Studios khusus untuk film The Marvels.

Petunjuk di Trailer

The Marvels akan menjadi sekuel langsung dari film Captain Marvel dan series Ms. Marvel. Dalam trailernya, kita bisa melihat sekilas saat Monica Rambeau menjadi seorang astronot. Dia tampaknya sedang bertugas di orbit Stasiun Luar Angkasa SABRE, ketika dia menghilang secara tiba-tiba dan karakternya bertukar tempat dengan Ms. Marvel. Dari situlah sangat aman jika kita berspekulasi bahwa Monica Rambeau adalah anggota SABRE. Dan melihat kemunculan Nick Fury di sana, bisa jadi organisasi tersebut juga dipimpin oleh Nick Fury.

Dan jika melihat semua rincian di trailer, Marvel Studios sepertinya akan menjadikan SABRE sebagai pelindung Bumi dari ancaman ekstraterestrial, dan menggeser posisi SWORD sebagai pelindung dari ancaman ekstradimensi saja. SWORD nantinya akan menangani ancaman dari luar dimensi utama MCU. Seperti yang kita ketahui MCU tengah kedatangan seorang villain lintas dimensi yaitu Kang the Conqueror, dan itulah tugas SWORD untuk menghentikannya. Sementara tugas SABRE adalah untuk menghentikan alien dari luar angkasa yang tidak lama lagi akan menginvasi Bumi yaitu Skrull.

Namun yang harus dicatat Geeks, semua itu masih sebatas spekulasi. Bisa jadi SABRE adalah nama awal yang digunakan SWORD sebelum Nick Fury menggantinya. Atau bisa jadi ada hal lainnya. Yang jelas, semua misteri SABRE akan terungkap ketika series Secret Invasion rilis beberapa bulan mendatang. Kita nantikan aja ya Geeks informasi selanjutnya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/