Pertarungan antara Aokiji dan juga Garp akhirnya terjadi dalam alur cerita terbaru One Piece, apa yang kemudian jadi pemicu hal tersebut? Setelah jeda selama satu pekan akhirnya manga One Piece kembali dengan chapter terbaru pada pekan ini. Di chapter sebelumnya, kita diperlihatkan bagaimana anggota SWORD akhirnya muncul di pulau Beehive.

Mereka berusaha untuk membebaskan Koby yang diculik oleh kelompok Blackbeard. Namun, yang lebih menarik adalah di akhir chapternya kita melihat bagaimana kedahsyatan dari kekuatan Monkey D. Garp. Berbicara tentang Garp, di chapter 1081 diketahui jika dia bertarung menghadapi Aokiji. Apa yang kemudian jadi pemicu pertarungan kedua karakter tersebut?

Pertarungan Murid dan Mentor

Pertarungan antara Aokiji alias Kuzan menghadapi Monkey D. Garp jadi salah satu pertarungan yang menarik dalam arc Pulau Egghead ini. Mengapa? Hal tersebut karena hubungan diantara kedua karakternya. Diketahui jika Aokiji merupakan “murid pertama” dari sosok Monkey D. Garp, sebelum Koby atau Helmeppo. Fakta ini diketahui dari salah satu chapter sebelumnya.

Ketika Aokiji masih menjadi angkatan laut muda, dia selalu mengagumi sosok Garp. Bahkan, Aokiji menganggap Garp sebagai idola dan juga mentornya. Hal ini pun bahkan membuat para fans sempat berspekulasi jika semua perilaku dan tingkat laku serta pemahaman yang dianut oleh Aokiji mengikuti sosok Garp. Dia tidak mengikuti keadilan absolut atau apa pun yang berkaitan dengan World Government.

Hal ini juga kemudian diperlihatkan oleh Aokiji, yang justru memiliki prinsip berbeda dari angkatan laut lainnya. Dia justru lebih mengedepankan moral dibandingkan hal-hal yang dianggap banyak orang sebagai sebuah keadilan. Yang juga menarik adalah pertarungan murid dan mentor ini sebenarnya sudah diprediksi oleh para fans sebelumnya, ketika Koby diketahui diculik oleh Blackbeard di chapter 1059.

Para fans meyakini bahwa dalam momen penyelamatan Koby nantinya, maka pertarungan antara murid dan mentor yaitu Aokiji dan Garp pasti tidak akan terhindarkan. Dan kemudian, di chapter 1081 manga One Piece akhirnya spekulasi tersebut benar-benar terjadi. Dari informasi yang dihadirkan dalam chapternya, Aokiji diketahui tidak mampu untuk menghadapi sang mentor yang level kekuatannya terlalu dahsyat.

Pemicu Pertarungan Garp dan Aokiji

Apa yang kemudian jadi pemicu pertarungan Garp dan Aokiji? Meskipun mungkin baik Garp atau pun Aokiji tidak ingin pertarungan diantara mereka terjadi, namun mau tidak mau hal tersebut akhirnya terwujud di chapter 1081. Terdapat beberapa kemungkinan yang kemudian jadi pemicu pertarungan antara Garp dan juga Aokiji. Yang pertama adalah bukti kesetiaan Aokiji kepada kelompok Blackbeard.

Seperti yang sudah Geeks ketahui, Aokiji adalah mantan admiral angkatan laut yang memutuskan untuk keluar dan bergabung dengan kelompok bajak laut Blackbeard. Hal ini terjadi setelah Aokiji kalah dalam pertarungan melawan Akainu di Punk Hazard. Namun, karena Aokiji adalah mantan admiral angkatan laut kelompok Blackbeard sendiri diketahui masih belum percaya sepenuhnya terhadap Aokiji.

Di arc Dressrosa hal ini sempat dihadirkan oleh Burgess. Sejauh ini, memang belum banyak hal yang membuktikan kesetiaan Aokiji kepada Blackbeard. Namun, salah satu hal yang pernah dia lakukan adalah menculik Pudding. Bertarung melawan mentornya sendiri bisa jadi salah satu cara lainnya bagi kelompok Blackbeard untuk melihat dan menguji kesetiaan Aokiji terhadap mereka.

Di sisi lain, terlepas dari Garp adalah mantan mentornya Aokiji tidak memiliki pilihan lain selain bertarung menghadapi mentornya tersebut. Bukan mustahil jika Aokiji sebenarnya enggak bertarung menghadapi Garp, namun dia harus melakukannya demi memperlihatkan kesetiaan tersebut. Pemicu selanjutnya adalah Aokiji sudah bukan lagi angkatan laut sehingga dia bisa dengan bebas melakukan apa pun.

Dengan statusnya yang saat ini sebagai bajak laut, artinya di adalah incaran dari angkatan laut untuk ditangkap dan bahkan dihabisi. Di sisi lain juga dia bebas melakukan apa pun, termasuk bertarung menghadapi angkatan laut. Kemungkinan terakhir yang jadi pemicu pertarungan ini adalah sebagai bentuk pengalihan perhatian. Apa maksudnya? Aokiji sebenarnya berusaha untuk menyelamatkan Koby dengan bertarung menghadapi Garp.

Dia sengaja memberikan waktu atau celah kepada Koby – dan SWORD – untuk kabur dari pulau Beehive. Aokiji sengaja akan mengalihkan seluruh perhatian orang-orang, termasuk kru Blackbeard, ke pertarungannya dengan Garp. Dengan begitu, mereka memiliki kesempatan untuk pergi. Aokiji mungkin sadar siapa Koby dan Garp, sehingga memutuskan untuk membantu dengan caranya sendiri.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.