Marvel Studios merilis sebuah trailer perdana untuk film The Marvels yang akan tayang pada November mendatang dan trailernya mungkin memberikan petunjuk mengenai peristiwa incursion. Setelah dirilis pada 2019 lalu, Marvel Studios akhirnya siap menyajikan sekuel untuk film Captain Marvel yaitu The Marvels. Film ini akan menghadirkan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya.

Menurut informasinya, The Marvels bukan hanya akan menghadirkan Captain Marvel melainkan juga dua karakter pahlawan lainnya Monica Rambeau dan juga Kamala Khan. Dan untuk mulai mempromosikan filmnya, pihak studio kemudian merilis teaser trailer perdana. Ada banyak hal menarik yang dihadirkan dalam trailer tersebut, tetapi yang menarik adalah ada kemungkinan filmnya akan menjelaskan tentang peristiwa incursion.

Momen incursion di MCU

Peristiwa incursion atau Incursion merupakan salah satu peristiwa mengerikan yang terjadi di Marvel Comics. Ini adalah sebuah peristiwa di mana dua universe akan saling bertabrakan, yang berakibat pada hancurnya kedua universe tersebut. Di komiknya sendiri, momen incursion terjadi dalam komik Avengers dan New Avengers. Semuanya berawal ketika T’Challa menginvestigasi seekor badak yang tiba-tiba muncul dari sebuah portal di Wakanda.

Namun, saat kemudian dia menginvestigasi portal tersebut T’Challa terkejut ketika dia melihat ada universe lain yang kemudian mendekat. Menyadari jika dunia dalam bahaya, dia kemudian mengumpulkan pahlawan lain dan membentuk Illuminati. Mereka kemudian mencari cara untuk menghentikan peristiwa tersebut, yang mana caranya sendiri ternyata adalah dengan menghancurkan salah satu universe yang hendak bertabrakan.

Bagaimana dengan peristiwa incursion di MCU? Di MCU sendiri peristiwa incursion pertama kali diketahui ketika Doctor Strange masuk ke Earth-838 bersama America Chavez. Di sana, dia kemudian ditawan dan disidang oleh kelompok Illuminati. Salah satu dari mereka, Reed Richards, kemudian mengatakan kepada Strange bahwa kemunculannya membahayakan keselamatan dari universe tersebut.incursion

Yang menarik adalah MCU sebenarnya sudah pernah mengalami peristiwa incursion sebanyak dua kali. Hal ini terjadi dalam cerita What If…? di mana diceritakan Doctor Strange merubah timeline demi menyelamatkan kekasihnya, Christine Palmer. Sayangnya, upaya tersebut tidak pernah sukses dan justru yang Strange lakukan adalah menghancurkan timeline yang satu dengan yang lain.

Apa yang kemudian menjadi penyebab incursion? Sejauh ini, memang masih belum jelas apa yang kemudian jadi penyebab peristiwa mengerikan tersebut. Namun, kemungkinan hal ini ada kaitannya dengan karakter yang melanggar hukum alam semesta. Misalnya, ketika Doctor Strange menggunakan mantra untuk menghapus ingatan semua orang di film Spider-Man: No Way Home.

The Marvels Akan Jelaskan Persitiwa incursion

Peristiwa incursion sendiri masih jadi teka-teki besar di MCU, seperti yang disebutkan dalam poin sebelumnya. Kita masih belum tahu apa yang kemudian jadi penyebabnya dan apa efeknya. Meskipun begitu, film The Marvels mu bisa jadi akan sedikit menjelaskan atau membahas peristiwa incursion. Hal ini berdasarkan beberapa petunjuk yang dihadirkan dalam trailernya yang memberikan petunjuk bahwa film ini kemungkinan akan menjelaskan tentang incursion.

Yang pertama adalah lubang dimensi yang muncul. Dalam trailer The Marvels kita melihat bagaimana Monica Rambeau diperlihatkan sedang melakukan space walking atau berjalan di luar angkasa. Dia nampak sedang melakukan investigasi tentang lubang teleportasi yang tiba-tiba muncul di langit. Karena Monica sudah memiliki kekuatan super, dia nampak tidak terlalu sulit melakukan hal tersebut.

Lubang dimensi ini mirip seperti yang diperlihatkan di komik Avengers saat T’Challa melakukan investigasi mengenai seekor badak yang tiba-tiba muncul di Wakanda. Kemungkinan, lubang dimensi tersebut muncul sebagai tanda peristiwa incursion perlahan sudah mulai mendekat. Dan yang menarik adalah petunjuk selanjutnya juga berkaitan dengan tanda-tanda incursion ini.

monica

Petunjuk kedua adalah bagaimana Monica terlempar dari lubang dimensi tersebut ke sebuah tempat lain. Jika Geeks perhatikan, warna dari lubang dimensi ketika Monica terlempar berwarna ungu. Warna ini mirip seperti noor dimension atau dimensi noor. Dalam artian kemungkinan Monica terlempar ke dimensi lain setelah masuk ke lubang dimensi tersebut.

Bisa jadi juga, seperti halnya Doctor Strange, Monica terlempar ke timeline lainnya setelah masuk ke lubang dimensi tersebut. Monica mungkin tidak akan menyadari bahwa yang dia alami menjadi petunjuk peristiwa incursion semakin dekat. Namun, perlahan dia mulai akan mempelajari hal tersebut. Ketiga, dalam salah satu momen nampak Monica menggunakan kekuatan kosmik yang dia miliki.

Lagi-lagi, jika Geeks perhatian dari kekuatan tersebut nampak sebuah tekstur yang mirip dengan tekstur yang ada di Dunia Quantum ketika para Avengers melakukan perjalanan waktu di film Endgame. Dan petunjuk terakhir tentunya adalah apa yang diucapkan oleh Reed Richards dan juga Clea di mana disebutkan jika peristiwa incursion akan segera terjadi yang mana beberapa petunjuk di atas adalah bukti nyata dari peristiwa tersebut.

Jadi Momen Menuju Secret Wars

Peristiwa incursion, selain juga menjadi momen mengerikan yang dihadirkan dalam cerita Marvel Comics, juga jadi peristiwa besar yang menjadi awal peristiwa epik lainnya yaitu Secret Wars yang terjadi pada 2015 lalu. Dalam ceritanya diperlihatkan jika Earth-616 menyatu dengan Ultimate Universe atau Earth-1610. Peristiwa incursion menyebabkan kedua universe hancur.

secret-wars

Dan akibat dari hal tersebut Doctor Doom kemudian membangun sebuah universe yang dikenal sebagai Battleworld. Namun, pada akhirnya, Reed Richards dan Avengers berhasil mengalahkan Doctor Doom dan mengembalikan seluruh universe seperti semula dengan beberapa pengecualian, di mana para karakter dari Ultimate Universe ikut di universe utama. Apakah kemudian hal ini juga akan terjadi di MCU? Apakah The Marvels akan memberikan petunjuk terkait Secret Wars? Kita nantikan saja informasi selanjutnya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.