Selain film dari MCU dan DC Universe, ternyata ada banyak film superhero yang pernah dibuat di luar sana. Misalnya film Bloodshot yang tadinya dibuat sebagai film pembuka dari Valiant Cinematic Universe. Namun selain film superhero yang dibuat dengan cerita yang serius, ternyata ada beberapa film yang justru menjadi parodi yang menyindir film-film superhero pada umumnya. Lantas apa saja film parodi superhero yang pernah dibuat? Simak berikut ini Geeks!

Super

Disutradarai oleh James Gunn, Super adalah film yang dibintangi oleh beberapa nama seperti Rainn Wilson, Ellen Page, Liv Tyler, dan Kevin Bacon. Filmnya sendiri menceritakan seorang pria bernama Frank Darbo yang memutuskan menjadi pahlawan super setelah istrinya direbut oleh seorang penjahat. Tanpa kekuatan super atau keterampilan khusus, Frank mencoba menciptakan identitas pahlawan super-nya sendiri bernama Crimson Bolt. Diapun memakai kostum merah dan berusaha menegakkan keadilan dengan palu besar sebagai senjata utamanya, dan sidekick bernama Boltie. Meski filmnya kontroversial, tetapi Super mampu menjadi film parodi pahlawan super dengan jenaka.

My Super Ex-Girlfriend

Diproduksi Regency Enterprises dan disutradarai Ivan Reitman, My Super Ex-Girlfriend menjadi film komedi romantis tentang pahlawan super. Filmnya dibintangi Uma Thurman yang berperan sebagai karakter utama bernama Jenny Johnson alias G-Girl. Menariknya, Jenny Johnson menjalin hubungan dengan seorang gubernur bernama Matt Saunders. Namun hubungannya menjadi rumit ketika Jenny Johnson mengungkap identitasnya sebagai pahlawan super, hingga keduanya mengakhiri hubungan. My Super Ex-Girlfriend memang dianggap sebagai film parodi superhero yang lucu dan menghibur, meski ada banyak kritik yang membayangi film ini.

The Toxic Avengers

The Toxic Avengers adalah film horor-komedi yang rilis di tahun 1984. Plotnya mengisahkan tentang seorang pria bernama Melvin Ferd yang menjadi The Toxic Avengers setelah jatuh ke dalam tangki limbah. Dia kemudian menjadi pahlawan di Tromaville, sebuah kota yang dipenuhi oleh penjahat dari koruptor kelas kakap. Awalnya film ini direncanakan sebagai film horor biasa, namun kemudian sang pembuat filmnya, Lloyd Kaufman dan Michael Herz, menambahkan elemen komedi dan superhero. Film The Toxic Avengers jelas menjadi film parodi tentang superhero yang menampilkan banyak momen lucu. Dan meski menuai kritik, tetapi The Toxic Avengers dibuatkan beberapa sekuelnya.

Superhero Movie

Jelas bahwa Superhero Movie menjadi film parodi dari banyak film superhero yang sudah lebih dulu rilis. Yap, Superhero Movie mencoba mengambil beberapa karakteristik superhero klasik dan mengeksposnya dengan cara yang lucu dan konyol. Filmnya mengisahkan tentang seorang remaja bernama Rick Riker yang mendapat kekuatan super setelah digigit oleh tawon yang dimodifikasi secara genetik. Riker kemudian menggunakan kekuatannya untuk menjadi pahlawan super yang dikenal sebagai Dragonfly. Dan meski mendapat kritik negatif dari para kritikus, film ini harus diakui menjadi salah satu film parodi superhero paling populer dan sukses secara komersial.

Kick-Ass

Kick-Ass diadaptasi dari seri buku komik berjudul sama garapan Mark Millar dan John Romita Jr. Film ini memang terkenal karena pendekatan yang tidak lazim dalam genre superhero, serta banyaknya kata-kata kasar yang digunakan. Dan karena film pertamanya sukses, Matthew Vaughn kemudian menggarap sekuelnya yang rilis tahun 2013. Filmnya sendiri menceritakan seorang pelajar SMA yang memutuskan menjadi superhero bernama Kick-Ass, meskipun dia tidak memiliki kekuatan atau kemampuan khusus. Bersama dengan sekutunya, Hit-Girl, Kick-Ass kemudian berencana untuk menghancurkan Frank D’Amico dan para pengikutnya.

Mystery Men

Rilis di tahun 1999, Mystery Men dibintangi oleh beberapa aktor komedi seperti Ben Stiller, Hank Azaria, William H. Macy, Kel Mitchell dan masih banyak lagi. Filmnya berlatar di kota fiksi bernama Champion City yang dipenuhi pahlawan super. Namun setelah pahlawan super bernama Captain Amazing ditangkap oleh penjahat bernama Casanova Frankenstein, tim pahlawan super baru bernama Mystery Man kemudian muncul untuk menyelamatkan Captain Amazing dan menghentikan Casanova. Para anggota Mystery Man memang dibekali kekuatan yang aneh seperti Mr. Furious yang memiliki kemampuan marah, The Blue Raja yang menggunakan garpu sebagai senjata, The Shoveler yang menggunakan sekop, hingga The Bowler yang menggunakan bola boling berisi tengkorak ayahnya yang sudah meninggal.

Itulah beberapa film parodi superhero yang pernah dibuat. Film-film tersebut menampilkan komedi yang menghibur, dan tentu saja sangat cocokĀ  bagi kalian yang sudah bosan dengan cerita yang dihadirkan dalam film superhero pada umumnya. Di antara film tersebut, mana yang pernah kalian tonton Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/