Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak namun ada beberapa judul dari series anime yang mengusung tema superhero atau pahlawan super. Series anime populer saat ini kebanyakan mengusung tema yang banyak disaksikan oleh para fans. Contohnya adalah tema tentang dunia lain (Isekai), horror, dan tentunya petualangan seperti yang banyak dihadirkan dalam genre shounen.

Mengingat peminatnya yang sangat banyak memang rasanya wajar jika hampir tiap tahun ada banyak judul anime baru yang mengusung tema tersebut. Meskipun begitu, ada juga beberapa judul anime yang justru menghadirkan nuansa sedikit berbeda. Beberapa judul anime ini justru mengangkat tema tentang superhero atau pahlawan super. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

Tiger & Bunny

Jika diperhatikan sekilas memang akan ada banyak orang yang “tertipu” dengan judul dari series anime ini. Padahal, alur cerita yang dihadirkan cukup menarik dan kompleks. Menghadirkan tema tentang superhero, fiksi ilmiah, dan mecha, Tiger & Bunny benar-benar memberikan sesuatu yang unik dalam series anime. Ceritanya sendiri bersetting di kota New York yang sangat futuristik.

Sekitar 45 tahun sebelum ceritanya dimulai muncul berbagai individu yang memiliki kekuatan super. Perlahan hal ini pun menjadi sebuah hal yang biasa di dunia tersebut. Meskipun menghadirkan elemen yang sama dengan My Hero Academia, Tiger & Bunny juga menghadirkan elemen lain di mana para pahlawan dan villain ini justru jadi bahan hiburan bagi orang-orang.

Gatchaman Crowds

Bagaimana jika para pahlawan bukanlah seseorang yang menyelamatkan dunia dari berbagai ancaman jahat dan sejenisnya? Inilah yang coba dijawab dalam anime Gatchaman Crowds. Ceritanya sendiri memperlihatkan sekelompok orang yang mampu berubah menjadi sosok berbeda dengan menggunakan kostum spesial. Mereka berusaha melindungi dunia dari kejahatan.

Namun, yang membuat Gatchaman Crowds menarik adalah masalah sosial yang muncul di dalamnya dan ceritanya juga menghadirkan sudut pandang yang unik dari sebuah dunia yang modern. Apa yang dilakukan oleh kelompok tersebut nyatanya tidak terlalu diapresiasi oleh para masyarakat modern yang mengandalkan teknologi. Orang-orang juga terbagi dua opininya terkait aksi kepahlawanan yang mereka lakukan.

Fuuto Tantei

Kamen Rider merupakan salah satu franchise terbesar di komunitas pecinta Tokusatsu. Sudah sejak awal 1970an cerita Kamen Rider terus berkembang dan berjalan hingga saat ini. Namun, bagaimana jika alur cerita Kamen Rider dirubah dalam versi anime? Inilah yang coba dihadirkan dalam series anime Fuuto Tantei yang merupakan adaptasi dari salah satu judul Kamen Rider, yaitu Kamen Rider W (Double).

Animenya menghadirkan cerita petualangan dari dua sosok detektif, Shoutarou dan Phillip, yang mengerjakan berbagai kasus di kota Fuuto. Mereka melakukannya sambil juga bertarung menghadapi sebuah organisasi jahat yang menyebarkan Gaia Memory. Meskipun premis utamanya adalah menyelesaikan kasus dan misteri, namun elemen terkenal dari franchise Kamen Rider juga tidak lupa dihadirkan dalam ceritanya.

Samurai Flamenco

Samurai Flamenco menghadirkan sebuah twist yang menarik dalam ceritanya. Alur ceritanya sendiri berfokus pada sebuah dunia yang normal di mana superhero atau pahlawan super dan kekuatan super tidak pernah ada. Namun, para fans kemudian diajak untuk berspekulasi jika sosok seperti Masayoshi Hasama adalah karakter yang mungkin mustahil untuk menjadi pahlawan.

Kita diajak untuk berpikir jika Masayoshi Hasama hanya bermimpi untuk menjadi superhero. Namun, faktanya tidaklah seperti itu. Ketika Hasama tidak mengerjakan pekerjaannya sebagai model, ternyat dia adalah sosok di balik sosok pahlawan berkostum yang bertarung menghadapi monster. Padahal, seharusnya hal itu tidak pernah ada. Apakah Hasama mampu melindungi dunia?

Sailor Moon

Tidak selamanya anime bertema superhero atau pahlawan super menghadirkan protagonis utama laki-laki. Ada juga anime yang menghadirkan protagonis utamanya adalah wanita, seperti Sailor Moon. Ini merupakan salah satu anime klasik yang populer bukan hanya di Jepang, melainkan di seluruh dunia. Ceritanya sendiri berfokus pada sekelompok superhero wanita yang memiliki kekuatan super yang untuk menghadapi kejahatan.

Usagi Tsukino, Ami Mizuno, Makoto Kino, Rei Hino, Aino Minako, Setsuna Meiou dan teman-temannya mencoba untuk melindungi bumi dari berbagai ancaman. Konsep kelompok pahlawan wanita ini bisa dibilang sangat jarang terjadi. Jumlahnya sendiri bisa dihitung dengan jari. Namun, Sailor Moon bisa dibilang adalah series anime yang paling populer dibandingkan yang lain.

Heroman

Alur cerita tentang seorang anak laki-laki dan robot raksasa mungkin bukan sebuah konsep baru di industri anime. Namun, Heroman berhasil menghadirkan konsep tersebut dengan jauh lebih menyenangkan dan juga setting cerita yang sederhana. Heroman sendiri merupakan adaptasi dari manga yang ditulis oleh Stan Lee, yang sangat populer dengan karakter Marvel seperti Spider-Man.

Heroman menghadirkan kisah tentang Joey Jones, seorang anak laki-laki yatim piatu yang tinggal bersama neneknya di California. Joey memiliki mimpi besar dalam hidupnya yaitu menjadi seorang pahlawan. Alur cerita yang simpel dan juga pace cerita yang mudah untuk diikuti jadi beberapa poin daya tarik animenya. Tentunya menarik juga untuk menyaksikan bagaimana jika sosok Stan Lee menghadirkan cerita dan karakter lainnya diluar karakter Marvel.

Zetman

Berbeda dengan berbagai judul di atas, Zetman menghadirkan tone cerita yang lebih dewasa dan gelap. Tayang perdana pada 2012 lalu, Zetman merupakan sebuah series anime yang cukup berat alur ceritanya. Menghadirkan dua protagonis utama, Jin dan Kouga, Zetman menghadirkan cerita tentang dua sudut pandang yang berbeda tentang benar dan salah. Mereka berdua ingin menjadi sosok pahlawan, tetapi dengan cara dan apa yang mereka yakini.

Dalam dunia tersebut manusia sudah melakukan rekayasa genetik. Mereka sengaja melakukan hal tersebut untuk sebuah hiburan yang mengerikan di dunia underworld. Mereka yang berubah akan disebut sebagai player, karena mereka sudah tidak akan lagi menjadi manusia. Mereka akan bertindak seperti monster. Mereka hanya memiliki satu tujuan dalam pikirannya yaitu bertarung sampai tewas. Kedua protagonis tersebut berjuang untuk menghadapi para Player tersebut.

Saint Seiya

Selain Sailor Moon, series anime dengan tema superhero juga bisa ditemukan di Saint Seiya. Saint Seiya sendiri merupakan series anime yang muncul di era 1980a, di mana ceritanya sendiri berfokus pada sekelompok superhero yang terpilih untuk menjadi pelindung. Mereka bukan hanya menjadi pelindung bagi bumi, melainkan juga bagi seluruh alam semesta.

Yang membuat Saint Seiya menarik adalah adanya elemen mitologi yang dihadirkan dalam cerita, terutama yang berkaitan dengan mitologi Yunani Kuno. Contohnya adalah sosok Dewi Athena, yang memberikan kekuatan dahsyat kepada para orang-orang terpilih. Juga, para Saint atau para pahlawan ini diadaptasi dari nama-nama mitologi Yunani. Contohnya Andromeda, Pegasus, Cygnus, dan sebagainya. Saint Seiya sendiri sempat beberapa kali di-reboot di era modern ini seperti pada 2019 kemarin.

One-Punch Man

Saitama, protagonis utama dalam cerita One-Punch Man, bisa dibilang adalah superhero paling kuat dari semuanya. Dan ini juga yang dihadirkan dalam cerita animenya, di mana tidak ada satu pun karakter yang mampu menandingi kekuatan Saitama. Meskipun begitu, hal ini justru membuatnya bosan dan kecewa. Karena, setiap kali dia bertarung menghadapi monster atau penjahat selalu berakhir dengan sangat cepat.

Meskipun terlihat seperti sebuah anime dengan genre komedi, namun ONE mencoba untuk menghadirkan unsur satir dari cerita superhero yang banyak muncul di industri anime. Dia mencoba untuk menghadirkan “sisi lain” dari sebuah karakter jika mereka memiliki kekuatan yang terlalu dahsyat. Inilah alasan kemudian Saitama jarang ikut terlibat dalam sebuah pertarungan.

My Hero Academia

Dari semua judul dalam daftar ini, My Hero Academia mungkin adalah salah satu judul anime yang paling jelas mengangkat tema superhero selain One-Punch Man. My Hero Academia adalah salah satu judul anime dan manga yang sangat populer saat ini. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok Izuku Midoriya yang berusaha untuk menjadi seorang pahlawan nomor satu, meskipun dia tidak memiliki kekuatan super.

Namun, hidupnya kemudian berubah setelah bertemu dengan pahlawan terkuat di Jepang yaitu All-Might. Petualangannya di sekolah khusus para superhero membuat Deku berubah menjadi sosok yang berpengaruh besar. Banyak momen epik dan juga menegangkan yang harus dialami oleh Deku dalam perjuangannya untuk menjadi pahlawan nomor satu. Apakah Deku mampu melakukannya tanpa kekuatan super?

Meskipun tema superhero lebih sering dihadirkan dalam cerita animasi di barat, namun ternyata tema superhero juga menjadi salah satu tema cerita yang cukup banyak diangkat dalam industri anime. Jumlahnya memang tidak banyak, namun bukan berarti ini adalah tema yang kurang populer. Buktinya, berbagai judul anime di atas mengusung tema tersebut dan kemungkinan masih akan tetap berkembang pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.