Informasi bocoran yang dihadirkan untuk manga One Piece chapter 1080 seolah memberikan petunjuk tentang kekuatan yang dimiliki oleh Monkey D. Dragon. Sosok Dragon adalah salah satu karakter yang misterius di mana kemunculan dan juga informasinya sangat dinantikan oleh para fans. Oda Sensei sendiri masih belum banyak memberikan informasi terkait Dragon.

Yang paling baru Oda menghadirkan informasi tentang asal-usul Pasukan Revolusi tercipta dalam cerita kilas balik Vegapunk di Ohara. Salah satu hal yang membuat fans penasaran adalah seberapa kuat sebenarnya sosok Dragon, yang merupakan buronan nomor satu dari World Government. Bocoran chapter 1080 mungkin memberikan petunjuk dari kekuatan Dragon di mana dia memiliki kekuatan Haki yang dahsyat.

Pewarisan Haki

Tema tentang warisan memang jadi salah satu hal yang Oda Sensei hadirkan dalam cerita One Piece. Kita sudah melihat bagaimana Oda menghadirkan warisan tekad dari sosok Joy Boy ke sosok Roger yang kemudian diteruskan oleh Luffy. Meskipun pewarisan tekad sudah terkonfirmasi bisa dilakukan, bagaimana dengan pewarisan kekuatan dalam hal ini kekuatan Haki?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang cukup banyak muncul di kalangan fans. Mereka penasaran apakah kemudian kekuatan Haki mampu untuk diwariskan dari generasi ke generasi lain. Sayangnya, memang sampai sekarang Oda Sensei tidak pernah memberikan informasi atau memberikan membahas mengenai tema pewarisan kekuatan dalam alur cerita One Piece.

Meskipun begitu, para fans sendiri menduga jika kemudian hal ini bukan mustahil untuk dilakukan. Hal ini merujuk kepada beberapa bukti yang sudah dihadirkan dalam ceritanya. Contohnya adalah bagaimana Ace memiliki kekuatan yang dahsyat, apalagi Haki miliknya. Kekuatan Haki tersebut jelas diwariskan oleh sang ayah, Gol D. Roger yang memang diketahui memiliki kekuatan Haki luar biasa.

Contoh lainnya adalah bagaimana Yamato memiliki kekuatan dahsyat dari Conqueror Haki, yang kemungkinan adalah hasil warisan kekuatan dari sang ayah, Kaido. Ketika Yamato saling bertarung dengan Kaido di atas atap istana kaido, kita bisa melihat bagaimana kilatan hitam muncul di sekeliling mereka yang mengindikasikan keduanya menggunakan Conqueror Haki.

Bukan hanya itu, mereka berdua adalah pengguna Advanced Conqueror Haki. Meskipun hal tersebut bisa saja merupakan sebuah ketidak sengajaan, namun hal ini bisa menjadi bukti bahwa Conqueror Haki dapat diwariskan. Di sisi lain, Donquixote Doflamingo adalah contoh di mana dia berhasil mendapatkan kekuatan Haki tanpa warisan kedua orang tuanya. Hal ini seolah membuktikan bahwa mungkin memang kekuatan Haki bisa juga tidak didapatkan dengan cara pewarisan. Namun, hubungan seperti keluarga memperbesar peluang tersebut.

Petunjuk Kekuatan Dragon

Bagaimana dengan Monkey D. Luffy? Meskipun masih belum dikonfirmasi bahwa orang tua Luffy memiliki dan mewarisi kekuatan Haki, namun beberapa petunjuk yang ada seolah mendukung spekulasi atau teori ini. Misalnya, sejauh ini Garp diketahui merupakan sosok yang kuat dan dahsyat dalam penggunaan kekuatan Haki terutama Armament Haki. Dengan kekuatan tersebut dia bahkan bisa menghancurkan gunung.

Meskipun hanya mengandalkan Haki, Garp terbukti mampu menandingi berbagai kekuatan dahsyat seperti Roger atau bahkan Whitebeard. Yang paling baru adalah di chapter 1080 diketahui jika Garp berhasil menghancurkan dan mengobrak-abrik wilayah pulau Laugh Tale dengan hanya menggunakan kekuatan Haki yang dia miliki. Kemudianm dalam perang Marineford Ivankov sendiri menyatakan bahwa Luffy memang tidak berbeda jauh dari sang ayah, Dragon.

Dengan Ivankov yang mengenal sosok Dragon dengan baik, dan mengatakan bahwa Luffy mirip dengan Dragon, artinya ada kemungkinan Dragon pun memiliki kekuatan Haki yang dahsyat. Seperti yang disebutkan di atas bahwa kekuatannya masih sangat misterius. Namun, jika kemudian kita mengakitkan dengan teori atau spekulasi di atas yang kemudian ditambah dengan berbagai petunjuk yang ada artinya memang Haki kemungkinan bisa diwariskan.

Dan yang menariknya adalah jika kemudian teori tersebut memang benar, maka artinya Oda sudah memberikan petunjuk mengenai kekuatan yang mungkin dimiliki oleh Dragon. Kita belum tahu apakah dia merupakan seorang pengguna buah iblis atau bukan, namun kemungkinan besar dia adalah pengguna kekuatan Haki yang dahsyat. Bisa jadi level kekuatan Hakinya setara Shanks atau mungkin lebih.

Bila kemudian level kekuatan Haki Dragon sangat luar biasa, maka kemungkinan kekuatan yang dia miliki juga sangat dahsyat. Hal ini berkaca pada sosok Shanks, serta teknik Ryusoken atau Dragon Claw yang diajarkan oleh Dragon kepada Sabo. Dengan semua potensi kekuatan yang dimiliki Dragon, rasanya wajar jika kemudian dia menjadi incaran nomor satu World Government.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.