Di dunia One Piece terdapat beberapa karakter yang dianggap paling kaya atau memiliki harta yang sangat berlimpah. Dalam cerita yang dihadirkan oleh Eiichiro Oda di series One Piece, memang uang atau harta bukan salah satu hal yang sering dimunculkan. Oda Sensei memang lebih fokus pada elemen misteri, teka-teki, sejarah, dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan petualangan Luffy menuju Laugh Tale.

Meskipun begitu, ada juga beberapa momen yang memperlihatkan jika uang atau harta menjadi salah satu elemen penting dalam cerita. Misalnya, ketika Arlong dan kelompoknya datang ke desa Nami untuk meminta bayaran agar nyawa mereka selamat. Berkaitan dengan uang, dalam cerita One Piece terdapat beberapa karakter yang dianggap paling kaya karena memiliki harta yang berlimpah. Siapa saja mereka?

Captain John

Captain John merupakan seorang bajak laut yang terkenal. Sebelum membentuk kru bajak lautnya sendiri, diketahui dia sempat jadi bagian dari kelompok bajak laut Rocks. Menurut informasi yang muncul dalam cerita, Captain John gemar untuk mengumpulkan harta karun dari seluruh dunia. Bahkan, sebelum dia tewas, kabarnya Captain John sempat menyembunyikan semua hartanya di sebuah gua.

Inilah yang kemudian menjadi incaran dari sosok Buggy si badut di sepanjang cerita One Piece. Dia justru lebih memilih mencari dan berburu harta karun Captain John daripada One Piece seperti yang lain. Berapa kemudian jumlah kekayaan atau harta yang dimiliki dan disembunyikan oleh Captain John memang tidak diketahui. Namun, bagaimana kemudian Buggy begitu bernafsu mendapatkan harta itu menjadi petunjuk jika nilainya tentu tidak sedikit.

Yonko

Empat penguasa samudra atau yang biasa kita kenal sebagai Yonko, merupakan bajak laut terkuat di seluruh dunia. Mereka memiliki kekuatan yang sangat dahsyat, yang bahkan diakui oleh pihak World Government. Selain memiliki kekuatan dahsyat, para Yonko juga dianggap memiliki kekayaan yang melimpah. Contoh nyatanya adalah Big Mom yang berkuasa di wilayah Totto Land.

Bisa juga Kaido yang berkuasa di Wano, di mana dia memiliki banyak bisnis seperti jual-beli senjata. Nilai harta dari Luffy mungkin tidak lebih banyak dari Kaido dan Big Mom, namun setidaknya kelompok Topi Jerami memiliki ratusan juta Belly yang tersimpan di Thousand Sunny. Buggy juga memiliki lini bisnis ilegal yaitu Buggy’s Delivery, yang tentunya membuat dia kaya meskipun kemudian terungkap dia memiliki hutang terhadap Crocodile.

Donquixote Doflamingo

Doflamingo bisa dianggap sebagai salah satu karakter terkaya di series One Piece. Hal ini dikarenakan ranah bisnisnya yang luas dan banyak. Contohnya, dia menjual buah iblis buatan SMILEs kepada Kaido. Dia juga melakukan penyelundupan obat-obatan, menyelundupkan senjata, bahkan manusia. Hal ini bisa kita lihat saat di arc Sabaody, di mana salah satu bisnis yang dimiliki oleh Doflamingo adalah jual-beli makhluk hidup seperti duyung.

Doflamingo sendiri sudah menjalankan bisnis tersebut selama bertahun-tahun, yang artinya total kekayaannya sangatlah luar biasa. Diketahui, Doflamingo juga sempat memeras King Riku sebesar 10 miliar Belly. Doflamingo menggunakan uang tersebut untuk melakukan berbagai hal dan berfoya-foya. Bahkan, ketika Doflamingo berada di penjara pun pengaruhnya tidak hilang dan dia bahkan memiliki keuntungan atau previlege.

Kaum Naga Langit

Rasanya Geeks juga setuju atau sepaham dengan hal ini. Para bangsawan, khususnya kaum naga langit, memang diketahui memiliki kekayaan yang luar biasa. Hal ini bisa dilihat dari perbedaan status sosial mereka dan masyarakat biasa. Kaum bangsawan biasanya tinggal di komplek mewah. Bahkan, kaum naga langit tinggal di wilayah khusus yaitu Mary Geoise yang berada di atas Red Line.

Bukti kekayaan dari kaum naga langit bisa kita lihat di arc Sabaody, di mana salah satu dari mereka tidak ragu untuk membayar 500 juta Belly untuk membeli Camie. Mereka juga sering bergonta-ganti budak dan bahkan memiliki banyak sekali budak, yang tentunya harga mereka tidaklah murah. Sumber kekayaan dari kaum naga langit ini diduga berasal dari Heavenly Tribute atau “pajak” yang diberikan berbagai kerajaan.

Joy Boy/Gol D. Roger

Meskipun kaum naga langit memiliki harta yang melimpah, namun karakter yang paling kaya dan memiliki harta yang sangat besar kemungkinan adalah sosok Joy Boy. Mengapa? Joy Boy merupakan sosok yang dianggap sebagai raja bajak laut sebelum kemudian titel tersebut diberikan kepada Roger. Dan diketahui jika Joy Boy menyimpan seluruh hartanya di pulau terakhir yaitu Laugh Tale, sebelum kemudian ditemukan oleh Roger dan krunya.

Roger sendiri sebelum kematiannya sempat mengatakan jika seluruh hartanya, termasuk One Piece, ada di pulau Laugh Tale. Dan orang-orang bisa memilikinya jika mereka berhasil pergi ke sana dan menemukannya. Oda Sensei sendiri pernah menegaskan jika akan ada emas atau harta yang tersimpan di Laugh Tale sehingga petualangan Luffy dan krunya tidak sia-sia. Apakah harta karun terbesar di dunia One Piece ada di sana? Bisa jadi.

Dengan kekayaan yang melimpah, para karakter di atas bisa melakukan apa pun yang mereka mau. Misalnya membangun sebuah pulau yang indah, membeli dan membayar berbagai hal di luar nalar, dan masih banyak lainnya. Dan tentunya akan sangat menarik untuk mengetahui seberapa dahsyat harta karun yang tersimpan di pulau akhir yaitu Laugh Tale.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.