Menyusul pemberitaan terkait pensiunnya Henry Cavill sebagai Superman, bos DC Studios James Gunn langsung mengungkapkan bahwa studio memang akan segera merombak jagat sinema DC Universe. Salah satu bocorannya yang telah Gunn ungkap adalah film reboot Superman muda yang tidak lagi melibatkan Cavill. Sekarang, Gunn lagi-lagi memberikan sebuah kabar pembaruan yang cukup mengejutkan, di mana dia berjanji akan membuat DCU dengan DC Comics saling bersinergi dan terintegrasi.

Hal seperti ini tentunya bukan sesuatu yang biasa terjadi di film superhero, entah itu film yang mengadaptasi langsung kisah dari komik aslinya atau hanya mengambil inspirasinya saja. Di sisi lain, DC Comics juga bisa dibilang sangat jarang menghubungkan kisah canon komiknya dengan tayangan DC, baik animasi maupun film live action. Menariknya, meskipun lingkup DC Studios hanya seputar film, serial, dan animasi, tetapi Gunn cukup yakin dengan rencana besarnya ini.

Semuanya bermula ketika seorang penggemar mengungkapkan harapannya kepada Gunn di Mastodon, terkait hubungan koordinasi yang lebih baik antara DCU dan DC Studios selanjutnya. Gunn lantas membalas postingan tersebut dengan menuliskan, “Saya tengah mengerjakan masalah ini dengan teman saya, Jimmy Lee.” Bagi yang belum tahu, Jimmy Lee sendiri merupakan publisher sekaligus chief creative officer di DC Comics.

Jika semuanya berjalan lancar, bukan tidak mungkin ke depannya kita akan lebih banyak melihat kisah DC Comics yang berhubungan langsung dengan film atau serial DCU. Mirip seperti yang dilakukan oleh film Black Adam beberapa waktu lalu. Di mana DC Comics merilis kisah prologue The Justice Society Files yang menceritakan pembentukan tim Justice Society baru, begitu juga dengan kisah yang menceritakan hubungan emosional antara Black Adam dan anaknya pada masa lalu.

Melalu janji yang diutarakan langsung oleh bos DC Studios ini setidaknya kita bisa berharap ke depannya ada sinergi yang lebih besar sekaligus lebih baik antara DCU dan DC Comics. Dengan begitu nantinya mungkin setiap DC Studios akan merilis sebuah tayangan baru, kita bisa melihat kisah prologuenya melalui komik atau bahkan kisah epilogue sebagai pengganti credit scene. Gunn sendiri sebelumnya telah berjanji bahwa dia akan segera mengumumkan deretan proyek terbaru DCU pada awal tahun depan. Jadi, kita lihat saja nanti seperti apa perkembangannya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.