Tahukah Geeks jika Doraemon sebenarnya memiliki “kembaran” atau versi lain dari sosoknya? Seri anime Doraemon menjadi salah satu seri yang terpopuler di dunia, bahkan di Indonesia. Seri ini pertama kali muncul pada 1979 dan sempat selesai tayang pada 2005, sebelum kemudian kembali muncul dengan versi yang lebih modern. Doraemon sendiri merupakan karakter utama di seri tersebut jadi salah satu karakter paling populer di dunia.

Doraemon berfokus pada petualangan sang robot kucing dengan protagonis utama lain yaitu Nobita. Dia adalah robot kucing yang diciptakan dari masa depan dengan tujuan untuk membantu masa lalu Nobita. Namun, mungkin tidak banyak yang tahu jika sebenarnya Doraemon memiliki 6 versi lain. Mereka adalah The Doraemons. Lalu, siapa saja 6 versi lain dari Doraemon tersebut?

Dora The Kid

Dora The Kid atau Kid, merupakan versi Doraemon yang berasal dari Texas, Amerika Serikat. Dalam beberapa versi, terdapat juga planet bergaya barat yang jadi rumah bagi Kid. Dia adalah Doraemon yang bekerja untuk wakil sherif di wilayah tersebut. Kid juga merupakan seorang agen rahasia bagi organisasi pelindung waktu atau Time Patrol Police. Sama seperti namanya, Kid adalah sosok yang memiliki keahlian dalam menembak.

Kecepatan menembaknya hampir tidak terkalahkan, mirip seperti Nobita. Namun, dia memiliki rasa takut akan ketinggian. Sebagai sosok Doraemon versi koboi, Kid sering menggunakan senjata seperti meriam angin atau senjata lainnya. Kid memiliki kantung ajaib yang tersimpan di topi koboi yang dia gunakan. Kid jatuh cinta terhadap adik Doraemon, yaitu Dorami.

Wang Dora

Wang Dora adalah versi Dorameon yang sangat cerdas dari versi lainnya. Jika Kid ahli dalam menembak, maka Wang Dora ahli dalam bela diri terutama Kung Fu. Wang Dora juga ahli dalam hal pengobatan atau medis, di mana dia bahkan belajar di era dinasti Qing. Dan Wang Dora pun bekerja sebagai asisten dokter. Wang Dora memiliki kekasih bernama Mimiko, namun sifatnya yang pemalu membuat dia sering kikuk.

Kantung ajaib dari Wang Dora sendiri terletak di lengan baju yang dia kenakan. Wang Dora pun cukup dekat dengan Nobita, dan dia sering memberikan nasihat kepada sang protagonis. Makanan favoritnya adalah Dorayaki yang dicampur dengan dengan saus rayu. Wang Dora merupakan sahabat baik dari El Matadoria, meskipun mereka juga sering berselisih.

Dora-Med III

Dora-Med III merupakan Doraemon yang berasal Arab Saudi atau Timur Tengah. Namun, meskipun dia berasal dari Arab Saudi rumahnya sendiri berada di wilayah Baghdad, Irak. Dora-Med memiliki kelemahan yaitu tidak bisa berenang. Meskipun begitu, dia sangat ahli dalam hal sihir dan semacamnya. Keunikan dari Dora-Med III adalah dia mampu memperbesar ukuran tubuhnya menjadi raksasa ketika marah.

Dora-Med III tidak memiliki kantung ajaib, namun dia menyimpan semua benda-benda ajaibnya di dalam sebuah lampu ajaib. Dora-Med III sempat menghadapi berbagai kontroversi dan masalah terkait dengan penggambaran karakternya. Misalnya, ketika dalam salah satu chapter dia muncul di Israel. Tetapi, dia menggambarkannya sebagai wilayah Arab.

Doranichov

Doranikov atau Doranichov merupakan merupakan bagian dari suku Cossack dan tinggal di wilayah Siberia. Keunikan dari Doranichov sendiri adalah dia tidak mampu untuk berbicara normal selayaknya Doraemon lain. Dia hanya menggeram untuk berkomunikasi dengan yang lain. Selain itu, Doranichov juga merupakan “aktor” di mana dia sering muncul di berbagai judul film dengan perannya sebagai manusia serigala.

Hal ini memang ada kaitannya dengan kemampuan yang dia miliki, di mana dia akan berubah menjadi sosok yang liar dan ganas ketika melihat benda berbentuk bulat. Meskipun begitu, dia adalah sosok yang baik dan juga sering membantu yang lainnya. Doranichov memiliki kantung ajaib yang tersimpan di syal yang selalu dia kenakan untuk menutupi mulutnya.

El Matadora

El Matadora adalah Doraemon paling kuat di kelompok The Doraemons. Hobinya adalah tidur siang (siesta), sesuai dengan salah satu kebiasaan bangsa Spanyol. Ketika sudah tidur siang, El Matadora tidak akan peduli dengan apa pun. Dia tinggal di wilayah Barcelona dan bekerja di sebuat restoran daging bernama “Carmen.” El Matadora juga merupakan sosok pahlawan bagi warga setempat dengan nama Keikai-Dora.

Mimpinya adalah menjadi seorang matador yang terkenal. El Matadora merupakan versi lain dari Doraemon yang menggunakan kantung ajaib. Dia sering menggunakan Jubah Ajaib untuk menghadapi musuh atau menghindari serangan yang ada. Dan yang juga unik dari El Matadora adalah dia merupakan satu-satunya versi lain Doraemon yang memiliki tanduk, bukan telinga.

Dorarinho

Dorarinho berasal dari negara Brazil. Seperti yang sering digambarkan dari negara tersebut, Dorarinho juga merupakan versi lain Doraemon yang sangat cepat. Keahliannya adalah bermain bola. Bahkan, dia sering menggunakan bola sebagai senjata utama untuk menghadapi musuh. Bermain bola juga adalah kesehariannya, di mana dia bermain bersama para Mini Dora.

Namun, yang unik dari Dorarinho adalah dia merupakan sosok yang sangat pelupa. Bahkan, dia bisa lupa dengan sesuatu yang sudah dia ketahui beberapa saat lalu. Hal ini sering membuat para Doraemon lain kesal terhadap Dorarinho. Yang juga unik dari Dorarinho adalah dia tidak memiliki kantung ajaib. Tetapi, dia memiliki kantung ajaib yang ada di tubuh para Mini Dora.

The Doraemons merupakan salah satu hal yang unik dari franchise Doraemon. Para Doraemon ini memiliki keunikan dan ceritanya masing-masing. Bahkan, mereka pun memiliki manganya sendiri. Sayangnya, memang tidak banyak orang yang tahu tentang para Doraemon lain ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.