Meskipun Saiyan adalah salah satu bangsa terkuat di seri Dragon Ball tidak sedikit dari mereka yang ternyata tewas dalam pertempuran atau karena hal lain. Dalam franchise Dragon Ball, bangsa Saiyan dikenal sebagai bangsa yang gemar bertarung. Hal ini karena kekuatan mereka yang sangat dahsyat. Secara biologis, bangsa Saiyan akan bertambah kuat ketika mereka marah dan bertarung.

Hal inilah yang membuat bangsa Saiyan sering ditakuti oleh bangsa lain. Namun, sebagai bangsa yang gemar bertarung resiko besar juga harus mereka hadapi di mana salah satunya adalah kematian. Ada beberapa Saiyan yang diketahui tewas akibat pertempuran. Tetapi, ada juga Saiyan yang harus tewas karena sebuah peristiwa. Berikut adalah beberapa bangsa Saiyan yang sudah tewas di franchise Dragon Ball.

Nappa

Nappa merupakan salah satu Saiyan pertama yang diperkenalkan kepada para fans dalam seri Dragon Ball Z. Nappa merupakan rekan dari Vegeta saat salah satu karakter utama  tersebut pergi untuk menginvasi bumi. Namun, dibandingkan dengan Vegeta, level kekuatan Nappa bisa dibilang sangat lemah. Nappa memang sebelumnya diperlihatkan mampu menghadapi beberapa Z Fighter terbaik seperti Chiaotzu, Krillin, dan Tien Shinhan.

Namun, saat Goku muncul, Nappa nampak tidak berdaya sama sekali menghadapi Goku. Bahkan, bisa dibilang Goku tidak perlu bersusah payah untuk bisa mengalahkan Nappa. Hal ini berbanding terbalik saat Goku harus menghadapi Vegeta yang membuat Nappa menjadi salah satu Saiyan terlemah. Ironisnya, Nappa harus tewas akibat Vegeta yang merasa kesal karena Nappa tidak mampu berbuat banyak saat menghadapi Goku.

Raditz

Raditz merupakan Saiyan pertama yang muncul dan diperkenalkan dalam franchise Dragon Ball. Raditz merupakan anak dari Bardock dan Gine dan juga kakak dari Goku. Geeks tentu tahu bagaimana level kekuatan dari Goku. Sayangnya, level kekuatan dari Raditz justru berkebalikan dari apa yang dihadirkan oleh sang adik. Kemampuan dan kekuatan Raditz dianggap sangat mengecewakan.

Fakta yang mengejutkan kemudian muncul di mana diketahui bahwa Raditz ternyata bukan sosok yang ahli dalam hal bertarung. Bahkan, alasan Raditz datang ke bumi dan mencoba untuk menghancurkan bumi adalah untuk memunculkan keberanian dalam dirinya dan membuktikan bahwa dia memang kuat. Namun, faktanya, Raditz adalah Saiyan yang sangat mengecewakan. Dia tewas setelah terkena serangan dari Piccolo.

King Vegeta

King Vegeta merupakan pemimpin dari bangsa Saiyan yang tinggal di planet Vegeta yang ada di Universe 7. Terkenal karena kekejaman dan juga kengerian yang dia hadirkan, King Vegeta berkuasa di planet tersebut dengan tanpa belas kasih. Bahkan, dia juga akan menghukum siapa pun yang mencoba untuk menghancurkan rezimnya. Meskipun dia menganggap dirinya sangat kuat, namun faktanya justru sebaliknya.

Kekuatan dari King Vegeta ternyata tidak sama seperti reputasinya selama ini. Apalagi, setelah kita melihat bagaimana dahsyatnya Saiyan lain seperti Goku, Vegeta, dan juga lainnya. King Vegeta sendiri harus tewas bersamaan dengan para bangsa Saiyan lain di planet Vegeta. Hal ini setelah Frieza berhasil menghancurkan planet tersebut setelah King Vegeta gagal untuk memberikan apa yang dia inginkan.

Gine

Gine merupakan ibu dari Goku dan Raditz serta istri dari Bardock. Mereka sempat tinggal di planet Vegeta sebelum kemudian planet tersebut hancur. Berbeda dengan bangsa Saiyan pada umumnya, Gine justru merupakan sosok yang sangat baik dan lembut serta pengertian. Hal ini bisa kita lihat dalam cerita kilas balik Bardock dalam seri manga Dragon Ball Super.

Sosok Gine memang jarang muncul dalam cerita. Meskipun dia muncul, porsi penampilannya sangat sedikit. Sama halnya seperti King Vegeta dan bangsa Saiyan lain, Gine harus tewas setelah planet Vegeta mendapatkan serangan dari pasukan Frieza. Dan sang villain tersebut pun kemudian menghancurkan planet itu di mana hampir semua bangsa Saiyan menjadi korbannya.

Bardock

Nama Bardock kembali menjadi perbincangan hangat di kalangan fans Dragon Ball setelah dia muncul lagi dalam cerita Dragon Ball Super. Bardock merupakan seorang Saiyan yang berasal dari masyarakat biasa. Dia merupakan pemimpin dari kelompok pemberontak kecil. Bardock kemudian menikahi sesama Saiyan bernama Gine, yang mana merupakan salah satu dari anggota kelompok pemberontak tersebut.

Bardock sangat peduli terhadap rekan-rekannya dan bahkan sering kali dia menyelamatkan mereka dalam pertarungan. Hal inilah yang membuat Bardock cukup populer di kalangan level bawah para Saiyan. Dia juga terkenal sebagai salah satu Saiyan yang sangat menentang Frieza, karena dianggap sewenang-wenang. Yang menarik adalah Bardock sempat jadi bagian dari pasukan Frieza yang menyerbu planet Cereal, sebelum kemudian dia tewas bersama sang istri ketika planet Vegeta dihancurkan Frieza.

Meskipun menjadi bangsa yang kuat nyatanya Saiyan tetap tidak mampu menghindari takdir kematian mereka. Sebagian memang harus tewas dengan cara yang mengenaskan dan tragis, namun sayangnya sebagian lain harus tewas dengan cara yang dianggap kurang menarik. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana peran Saiyan dalam cerita selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.