Setelah sekian lama dinantikan para fans One Piece akhirnya mereka bisa melihat bentuk fisik dari sosok Vegapunk. Seperti yang Geeks ketahui, Vegapunk adalah salah satu karakter yang kemunculannya sangat dinantikan oleh para fans. Pasalnya, selama ini Oda Sensei hanya menghadirkan referensi mengenai karakternya. Selain itu, Vegapunk juga hanya muncul dalam satu panel saja.

Hal inilah yang membuat para fans penasaran seperti apa sebenarnya fisik dari Vegapunk. Sampai kemudian mereka mendapatkan kejutan tentang seorang wanita yang mengaku sebagai Vegapunk pada chapter 1062 kemarin. Meskipun begitu, para fans sendiri meyakini jika itu hanyalah kloning dari Vegapunk yang mana terbukti benar. Vegapunk baru benar-benar muncul secara fisik pada chapter 1066. Namun, ada perubahan besar secara fisik dari sosok Vegapunk.

Perubahan Vegapunk

Kemunculan fisik Vegapunk asli terjadi saat dia menceritakan kilas balik tentang peristiwa Ohara pada 22 tahun yang lalu. Pada saat itu, usianya adalah 33 tahun. Dia bertemu dengan Dragon yang juga sama-sama datang ke Ohara untuk menghormati sosok yang sama, Professor Clover. Dalam momen inilah kita melihat bentuk fisik dari Vegapunk yang ternyata menarik.

Kepalanya menjulang ke atas, dengan rambut yang cukup lebat. Yang menarik adalah lidah dari Vegapunk selalu menjulur keluar. Jika kita melihat sekilas, wajah dari Vegapunk tersebut sangat mirip dengan sosok cerdas dan ilmuwan dunia yaitu Albert Einstein. Bahkan, bisa jadi gambaran wajah dari Vegapunk terinspirasi dari pose populer Einstein yang menjulurkan lidahnya keluar.

Namun, perubahan fisik Vegapunk muncul di akhir chaptenya. Saat itu, Vegapunk berusaha menemui Luffy dan kelompoknya. Perubahan fisik Vegapunk nampak jelas pada bagian kepalanya. Tidak lagi menjulang ke atas, kepala Vegapunk kini nampak normal. Namun, terlihat ada seperti bekas pembedahan di mana bagian kepalanya nampak terbuka. Apa yang sebenarnya terjadi kepada Vegapunk?

Alasan perubahan

Untuk saat ini, penyebab pasti dari perubahan itu masih belum kita ketahui. Namun, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab perubahan fisik Vegapunk terutama pada bagian kepala. Kemungkinan pertama adalah isi pikiran atau kecerdasan yang dia miliki sudah dia pindahkan ke sebuah tempat atau sesuatu. Meskipun mungkin terdengar konyol, namun Vegapunk bisa jadi sadar akan penampilannya.

Dia sadar bahwa kepalanya terlalu mencolok perhatian, yang mana dia memutuskan untuk merubahnya. Dia pun memindahkan isi kepalanya tersebut ke dalam mesin atau program, yang mana mungkin inilah awal mula terciptanya berbagai kloning atau satelit tersebut. Mereka semua adalah perwujudan dari isi kepala Vegapunk, yang mana dalam chapter 1065 kemarin nampak saling berhubungan satu sama lain.

Di sisi lain, tentunya isi kepala dari Vegapunk yang berupa pengetahuan dan hal lainnya perlu untuk dipindahkan ke media yang jauh lebih aman. Karena itulah, dia kemudian memutuskan untuk membedah isi kepalanya dan memindahkannya. Kemungkinan kedua adalah semua ilmu pengetahuan yang dia kuasai sudah dia praktikan atau sudah dia kerjakan.

Setiap kali Vegapunk membaca dan mengingat sesuatu, isi kepalanya akan bertambah. Namun, setelah dia melakukan apa yang dia ingat – misalnya membuat sebuah senjata dahsyat – maka ukuran kepalanya akan mengecil karena benda tersebut sudah dia wujudkan. Dengan berbagai ilmu pengetahuan yang dia ingat dan kuasai, serta berbagai benda yang sudah dia ciptakan, wajar jika ukuran kepalanya kini menyusut.

Masih bisa kembali seperti semula?

Mungkin sebagian Geeks penasaran apakah kepalanya bisa kembali seperti semula. Jika berkaca pada apa yang terjadi pada masa lalu Vegapunk, artinya kemungkinan tersebut cukup terbuka. Kepala Vegapunk akan kembali berubah menjadi besar jika semua ingatan atau pengetahuannya kembali. Atau bisa juga karena alasan lain, misalnya Vegapunk kembali menyerap semua pengetahuan lain.

Namun, dengan terciptanya enam satelit yang menjadi perwujudannya, mungkin Vegapunk akan melakukan hal yang lebih efektif. Semua pengetahuan yang sudah dia serap akan dia pindahkan ke media lain. Dan dia akan membiarkan para satelit miliknya untuk memproses semua data tersebut, seperti yang dilakukan oleh phytagoras dan Edison pada chapter 1065 kemarin. Terlepas dari perubahan fisik yang terjadi kepada Vegapunk, yang penting adalah para fans akhirnya bisa melihat wujud asli sang ilmuwan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.