Jaguar D. Saul adalah pemimpin para raksasa pada saat peristiwa Ohara terjadi seperti yang terungkap dalam chapter terbaru One Piece. Dia jadi pemimpin suku raksasa untuk menyelamatkan harta karun paling berharga di pulau tersebut yaitu buku-buku pengetahuan. Geeks tentunya masih ingat peristiwa mengerikan yang terjadi di Ohara puluhan tahun yang lalu, sebelum timeline saat ini mulai.

Seperti yang kita ketahui, dalam peristiwa mengerikan tersebut semua penduduk Ohara tewas oleh serangan angkatan laut. World Government yang memerintahkan angkatan laut untuk mengaktifkan Buster Call dan menghancurkan pulau tersebut. Mereka “menghukum” para penduduk Ohara atas apa yang mereka kerjakan yaitu mencoba membaca Poneglyph yang mengungkap tentang fakta masa lalu. Hal ini membuat World Government akhirnya murka.

Satu-satunya orang yang selamat dari peristiwa mengerikan itu adalah Nico Robin, yang sekarang menjadi bagian dari kru Luffy. Robin pun harus kehilangan ibunya dalam peristiwa mengerikan itu. Namun, yang menarik adalah ternyata Jaguar D. Saul memiliki peran penting dalam peristiwa itu. Dia jadi pemimpin suku raksasa untuk menyelamatkan berbagai buku-buku pengetahuan agar tidak terbakar oleh angkatan laut seperti yang muncul dalam informasi chapter terbaru One Piece.

Siapa Jaguar D. Saul

Lalu, siapa sebenarnya Jaguar D. Saul? Sebagian Geeks mungkin ada yang lupa atau mungkin kurang familiar dengan nama tersebut. Jaguar D. Saul adalah salah satu karakter yang berasal dari suku raksasa. Dia juga merupakan mantan wakil admiral angkatan laut, sebelum peristiwa Ohara terjadi. Namun, setelah dia mendapatkan misi untuk pergi ke sana dia justru menjadi pelindung bagi para penduduk Ohara.

Jaguar D. Saul pertama kali muncul dalam momen kilas balik dari Nico Robin dalam arc Enies Lobby. Dia adalah salah satu orang yang sangat berpengaruh dalam hidup Robin. Saul adalah orang pertama, selain para arkeolog Ohara, yang berteman dengan Robin. Dengan jabatannya sebagai wakil admiral dan kekuatannya sebagai seorang raksasa, sudah cukup menjadi bukti bahwa dia adalah sosok yang kuat.

Sesuai namanya, Saul juga merupakan salah satu karakter yang memiliki huruf D dalam namanya. Dan di sepanjang hidupnya pun Saul memang memperlihatkan tekad D yang selama ini banyak diperlihatkan oleh karakter lain. Sayangnya, Oda Sensei tidak terlalu banyak menghadirkan cerita tentang sosok Saul dalam serinya selain masa lalunya sebagai angkatan laut dan keterlibatannya dalam peristiwa Ohara.

Jaguar D. Saul dan Ohara

Lalu, seperti apa keterlibatan Saul dalam peristiwa mengerikan di Ohara? Saul merupakan salah satu wakil admiral yang mendapatkan perintah untuk pergi ke Ohara. Namun, sebelumnya, dia sempat berdebat dengan Sengoku mengenai misi untuk menghancurkan Ohara. Dia menganggap bahwa apa yang angkatan laut lakukan sudah keterlaluan, karena ada banyak nyawa yang tidak bersalah yang menjadi korban.

Namun, Sengoku sendiri tidak bisa berbuat banyak mengingat itu adalah perintah dari Gorosei. Dan akhirnya, Saul pun pergi ke Ohara tetapi bukan untuk menjalankan tugas atau perintah. Dia justru “berkhianat” kepada angkatan laut dan memutuskan untuk melindungi mereka semua, termasuk Nico Robin. Sampai kemudian World Government memutuskan untuk mengaktifkan Buster Call.

Saul sendiri memutuskan untuk menjadi pelindung Ohara dan melepaskan semua posisinya sebagai wakil admiral. Salah satu bukti bagaimana Saul melindungi penduduk Ohara adalah dia menyelamatkan nyawa Nico Robin. Dia meminta kepada Aokiji untuk melepaskan Robin, yang mana hal tersebut dia lakukan. Namun, sebagai gantinya, Aokiji pun harus membekukan Saul.

Saul benar-benar menjadi sosok penyelamat bagi Nico Robin, meskipun dia gagal untuk mencegah angkatan laut menghancurkan Ohara. Peran dan kontribusinya sangat besar untuk pendudulk Ohara. Yang menarik ternyata adalah Saul bukan hanya berhasil menyelamatkan Nico Robin. Ada hal lain yang berhasil Saul lakukan sebagai salah satu upaya menyelamatkan Ohara.

Masih Hidup?

Dalam informasi bocoran untuk chapter 1066, terdapat informasi bahwa ternyata sebagian besar buku-buku yang ada di Ohara berhasil terselamatkan. Dalam informasinya terungkap bahwa para suku raksasa membantu membawa buku-buku tersebut untuk mereka bawa ke pulau Elbaf. Yang menarik adalah terdapat informasi juga jika “sosok yang menggunakan perban di seluruh tubuh” memimpin para raksasa tersebut.

Besar kemungkinan jika Saul adalah sosok yang dimaksud. Saul kemungkinan adalah sosok yang jadi pemimpin suku raksasa untuk memindahkan buku-buku tersebut ke pulau Elbaf seperti yang muncul dalam informasi bocoran One Piece terbaru. Sayangnya, tidak ada informasi kapan hal ini terjadi. Apakah mereka melakukannya sebelum peristiwa Buster Call? Atau justru pasca peristiwa Buster Call?

Namun, dengan petunjuk bahwa sosok tersebut menggunakan perban di seluruh tubuh, bisa jadi hal itu terjadi pasca peristiwa Buster Call. Jika memang demikian, artinya Saul kemungkinan masih hidup saat ini. Pasca Aokiji membekukan tubuhnya, mungkin secara diam-diam dia pun mengembalikan Saul seperti semula. Dan inilah yang kemudian membuat Saul memiliki bekas perban di seluruh tubuhnya, karena akibat pertempuran sebelumnya.

Kemungkinan jika Saul menjadi pemimpin para raksasa untuk membawa buku menuju Elbaf ini sangat menarik. Mengapa? Ini seolah menjadi petunjuk yang Oda hadirkan mengenai apa yang akan terjadi selanjutnya. Pertama, Saul bisa jadi masih hidup dan mungkin saat ini sedang berada di Elbaf. Mungkin, Robin akan kembali bertemu dengan Saul di arc selanjutnya. Kedua, dengan banyaknya spekulasi mengenai ke mana pulau selanjutnya banyak yang beranggapan jika Elbaf adalah tujuan dari Luffy.

Namun, faktanya, mereka justru pergi ke Egghead. Dengan adanya informasi ini, artinya bukan tidak mungkin jika Elbaf masih akan menjadi kemungkinan tujuan kru Topi Jerami. Pertemuan Robin dan kru Topi Jerami dengan Saul mungkin akan mengungkapkan berbagai fakta lainnya. Dan bagaimana buku-buku pengetahuan ada di sana bisa jadi juga menjadi alasan bagi mereka untuk mengunjungi pulau itu. Kita nantikan saja ya Geeks cerita tentang Saul yang jadi pemimpin para raksasa dalam chapter terbaru One Piece ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.