Apakah kiamat menjadi setting utama dalam cerita di seri One Piece? Pertanyaan ini muncul pasca terungkapnya fakta tentang masa lalu dalam chapter 1065 kemarin. Dalam chapter tersebut terungkap bahwa sebenarnya semua kecanggihan teknologi yang ada di pulau Egghead, dan semua hal yang dianggap canggih dan modern, sebenanya bukan berasal dari masa depan. Melainkan dari masa lalu.

Seperti penjelasan dari Shaka, semua kecanggihan tersebut sebenarnya sudah ada sejak 900 tahun yang lalu. Yang menarik adalah muncul narasi di panel terakhir chapternya yang bertanya seperti apa teknologi pada masa lalu. Di sisi lain, hal ini juga memunculkan spekulkasi menarik mengenai setting waktu di serinya. Bagaimana jika sebenarnya setting waktu di seri One Piece terjadi pasca sebuah kiamat besar?

Kiamat Kerajaan Kuno

Geeks mungkin heran dengan pertanyaan di atas, dan bingung apa yang kemudian dimaksud dengan kiamat. Dalam hal ini, ada kemungkinan jika dunia mengalami “kiamat” di mana Kerajaan Kuno hancur tiddak bersisa. Meskipun masih belum ada konfirmasinya, semua kecanggihan teknologi yang Vegapunk gunakan di pulau Egghead dan semua teknologi lainnya kemungkinan menirukan apa yang ada di Kerajaan Kuno.

Kerajaan Kuno atau Ancient Kingdom sendiri merupakan kerajaan penting dalam sejarah One Piece, yang informasinya sangat misterius. Sejauh ini, Oda baru menghadirkan informasi bahwa kerajaan tersebut sangat berpengaruh terhadap sejarah dunia. Dan berdasarkan fakta yang baru muncul pada chapter 1065 kemarin, rasanya masuk akal jika memang Kerajaan Kuno adalah pemilik semua teknologi tersebut.

Kemungkinan, pada abad tersebut Kerajaan Kuno adalah kerajaan terbesar di dunia. Mereka yang menguasai atau berkuasa di dunia One Piece. Mengapa kemudian mereka biasa berkuasa? Karena, mereka memiliki semua kecanggihan teknologi tersebut. Namun, sesuatu yang mengerikan terjadi di mana aliansi 20 kerajaan lainnya menyerang Kerajaan Kuno.

Aliansi 20 kerajaan tersebut pada akhirnya berhasil menghancurkan kerajaan terbesar di dunia tersebut. Dan para kerajaan tersebut kemudian mendirikan organisasi World Government. Semua sisa-sisa dari Kerajaan Kuno pun hancur oleh mereka, yang mana kehancuran dari Kerajaan Kuno mungkin adalah masa di mana semua “kehidupan” dimulai.

Inilah mungkin alasan mengapa kaum naga langit menganggap diri mereka sebagai “dewa” atau tuhan. Mereka juga menganggap bahwa merekalah “pencipta” dunia tersebut, karena mereka berpikir bahwa sejarah dunia dimulai semenjak 20 kerajaan membentuk World Government. Dunia dimulai setelah mereka berhasil menghancurkan sebuah kerajaan yang berkuasa pada saat itu.

Penyebab Kiamat Kerajaan Kuno

Apa yang kemudian membuat mereka menyerang Kerajaan Kuno? Bagaimana kemudian mereka bisa menghancurkan kerajaan besar yang berkuasa di dunia? Saat ini, semuanya masih menjadi misteri. Mungkin, di arc pulau Egghead ini kita akan menemukan jawaban tersebut mengingat Oda sudah mulai memberikan sedikit demi sedikit potongan fakta sejarah tentang masa lalu.

Tetapi, apa yang kemudian muncul di chapter 1065 tentang teknologi canggih yang berasal dari masa lalu membuka berbagai kemungkinan. Salah satunya adalah kecemburuan sosial. Seperti yang disebutkan di atas, bahwa ada kemungkinan Kerajaan Kuno adalah kerajaan besar yang berkuasa di dunia. Mereka memiliki teknologi yang sangat canggih, yang tidak dimiliki kerajaan lainnya.

Berkat kecanggihan teknologi tersebut Kerajaan Kuno memiliki sebuah peradaban yang sangat maju dari semua kerajaan lainnya. Hal ini pun membuat kerajaan lainnya merasa terancam. Mereka menganggap bahwa semua teknologi tersebut justru menjadi ancaman dan bisa membawa petaka bagi semua kerajaan yang ada serta umat manusia. Dan inilah alasan mengapa kemudian mereka beraliansi untuk menjatuhkan Kerajaan Kuno.

Sengaja Disembunyikan World Government

Siapa inisiator atau yang memiliki ide tersebut masih menjadi misteri. Menarik tentunya untuk mengupas lebih dalam mengenai asal-usul apa yang kemudian terjadi pada masa lalu. Mungkin, faktanya sendiri akan terungkap pada arc ini. Tetapi, bagaimana kemudian Im menjadi sosok yang berkuasa saat ini memunculkan spekulasi lainnya. Ada kemungkinan Im yang memiliki rencana itu atau mungkin tahu tentang semua rahasia masa lalu.

Sampai saat ini, Im masih menjadi sosok yang paling misterius dalam seri One Piece. Hampir tidak ada informasi yang bisa kita ketahui tentang sosok Im. Dalam serinya, biasanya Oda Sensei memang sengaja merahasiakan sebuah karakter atau peristiwa sampai waktunya tepat. Di sisi lain, karakter itu juga sengaja disembunyikan karena merupakan karakter penting.

Contoh nyata dari hal ini adalah Kaido dan Kozuki Oden. Sebelum arc Wano, nama kedua karakternya sudah sering direferensikan dalam cerita. Sampai kemudian di arc Wano kita melihat bahwa ternyata kedua karakter itu merupakan karakter penting dalam ceritanya, setidaknya di arc tersebut. Im sendiri sudah sejak arc Reverie diperkenalkan dalam ceritanya, dan sampai saat ini masih menjadi misteri.

Hal ini mungkin ada kaitannya juga dengan kiamat Kerajaan Kuno di seri One Piece. Seperti yang Geeks ketahui bahwa sejak kehancuran Kerajaan Kuno sampai sekarang, ada jarak waktu sekitar 800-900 tahun yang kemudian terkenal sebagai abad yang hilang atau Void Century. Semua hal yang ada pada masa tersebut sengaja World Government sembunyikan, agar tidak ada yang mengetahuinya.

Ada kemungkinan, mereka memang sengaja menyembunyikan fakta tentang kiamat tersebut karena mereka tidak inign dunia tahu apa yang mereka lakukan. Bukan mustahil jika akan terjadi kekacauan di seluruh dunia semuanya menjadi tidak seimbang, ketika semua orang tahu bahwa sempat terjadi “kiamat” pada 900 tahun yang lalu. Namun, fakta itu kemudian disembunyikan. Bagaimana menurut kalian mengenai hal ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.