Setelah berjalan selama empat tahun lamanya akhirnya arc Wano Country pun resmi selesai. Eiichiro Oda kemudian mulai bergeser menuju alur cerita lainnya, yang mana akan menjadi jalan menuju akhir serinya. Arc Wano sendiri menghadirkan banyak hal-hal menarik dan unik, di mana belum pernah Oda hadirkan sebelumnya. Misalnya, bagaimana Oda Sensei memperkenalkan tiga babak dalam satu arc.

Namun, yang tidak kalah menarik juga adalah bagaimana di arc ini kita melihat cerita dari sosok antagonis utama dalam arcnya, yaitu Kaido. Oda coba hadirkan alur kisah masa lalu  dari Kaido dalam waktu yang sangat singkat. Yang mana kita pun melihat sedikit tentang masa lalunya. Misalnya, bagaimana dia bergabung dengan kelompok Rocks dan kemudian kabur dari pertempuran God Valley.

Sayangnya, memang Oda Sensei masih belum menghadirkan secara lengkap bagaimana cerita Kaido. Padahal, hal yang sama pernah Oda hadirkan dalam arc Dressrosa ketika dia menghadirkan cerita penuh tentang Donquixote Doflamingo. Para fans pun berharap jika kedepannya Oda masih akan menghadirkan kisah dari Kaido untuk “menyempurnakan” cerita masa lalunya.

Kaido Masih Hidup?

Dalam pertempuran akhir di pulau Onigashima, kita melihat bagaimana Luffy akhirnya berhasil untuk mengalahkan Kaido. Dia berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis Nika, yang kemudian membuatnya mampu menggunakan Gear 5. Dengan kekuatan tersebut, akhirnya “Makhluk Paling Kuat di Dunia” itu berhasil Luffy taklukan. Yang luar biasa adalah Luffy berhasil menjatuhkannya ke sebuah aliran lahar bawah tanah.

Kaido pun nampak “tenggelam” di aliran lahar bawah laut yang ada di bawah gunung Fuji. Bukan hanya Kaido, nampak juga Big Mom ikut terbawa arus tersebut dalam chapter sebelumnya. Namun, yang menjadi pertanyaan besarnya kemudian adalah apa yang terjadi kepada kedua mantan Yonko tersebut. Apakah mereka masih hidup atau justru sudah tewas akibat aliran laharnya?

Sejauh ini, meskipun ada fans yang menganggap keduanya sudah tewas, namun banyak juga fans yang menganggap bahwa mereka masih belum tewas dan akan kembali dalam cerita.

Pasalnya sejauh ini tidak ada petunjuk jelas yang menyebutkan bahwa mereka berdua tewas. Sehingga, para fans pun berasumsi bahwa ada peluang jika keduanya masih hidup. Lalu, seperti yang kita ketahui jika Oda Sensei tidak pernah membunuh karakternya jika tidak memberikan dampak besar bagi cerita kedepannya. Berdasarkan hal tersebut, rasanya memang wajar jika kemudian Kaido masih hidup dan akan kembali muncul di kemudian hari.

Kegagalan Sebagai Joy Boy

Meskipun sebagian besar kisah masa lalu Kaido masih belum jelas, penyerangan ke Onigashima mengungkapkan beberapa hal penting. Salah satunya adalah koneksinya dengan King. Dengan adanya kesamaan hal yang menjadi prinsip mereka, akhirnya motivasi Kaido pun semakin jelas. Kaido bertemu dengan King di sebuah lab milik World Government.

Saat itu, keduanya sama-sama menjadi subyek uji coba sebuah eksperimen. Ketika Kaido berhasil kabur dari sana, dia pun bertemu dengan seorang Lunarian bernama Arbel/Arber. Menyadari kekuatan yang dia miliki, Kaido kemudian membebaskan King. Arbel sendiri kemudian bertanya apakah Kaido bisa mengubah dunia. Dan dengan percaya diri Kaido mengatakan bahwa hanya dia yang bisa melakukannya.

Kaido kemudian memberi nama baru bagi Arbel, yaitu King. Dalam momen kilas balik lain, terungkap bahwa King yakin jika Kaido adalah sosok Joy Boy yang sejak lama dinantikan. Kaido sendiri senang dan terkejut mendengar hal itu. Dunia yang Kaido ingin bangun dan dunia yang Joy Boy ingin bangun nampaknya saling berlainan. Bagi King, sosok Kaido adalah Joy Boy yang selama ini orang-orang nantikan.

Dan dalam alur kilas balik yang muncul juga terungkap bagaimana Kaido begitu terobsesi dengan sosok Joy Boy. Dalam artikel sebelumnya, dijelaskan bahwa ada sebuah teori yang menarik tentang Kaido dan Joy Boy. Setelah dia yakin bahwa dia bukanlah sosok Joy Boy yang dinantikan, Kaido mengalami perubahan besar dalam hidupnya. Dia berubah menjadi sosok yang kejam dan mengerikan.

Padahal, sebelumnya, Kaido nampak terlihat sebagai karakter yang bahagia meskipun memang sisi jahatnya pun terlihat. Dan ada juga teori yang menyebutkan jika Kaido sangat ingin tewas di tangan Joy Boy. Karena, menurutnya, kalah di tangan sosok yang legendaris tersebut menjadi sebuah kehormatan dan cara tewas yang epik. Dan itu adalah keinginan dari Kaido sendiri.

Potensi Jadi Sekutu Baru Joy Boy

Untuk saat ini, nasib dari Kaido memang belum jelas. Namun, dengan asumsi bahwa ada kemungkinan Kaido masih hidup, muncul spekulasi lainnya tentang karakter ini. Dalam spekulasi ini, ada kemungkinan jika Kaido akan kembali muncul dalam cerita One Piece. Dan bukan hanya itu, dia juga kemungkinan akan menjadi sekutu bagi Joy Boy yang baru yaitu Monkey D. Luffy.

Seperti dijelaskan di atas, Kaido begitu terobsesi dengan sosok Joy Boy, yang mana menjadi pemicu jalan kejahatan Kaido setelah mengetahui bahwa dia bukanlah sosok tersebut. Dia seolah ingin menjadi pesaing bagi Joy Boy, dengan menaklukan wilayah yang kabarnya akan menjadi tujuan dari Joy Boy, yaitu Wano. Kaido berusaha untuk bisa menjadi sosok kuat, agar dia tidak bisa Joy Boy kalahkan.

Dalam momen pertarungan bersama Luffy, banyak hal yang terungkap. Misalnya, bagaimana Luffy ingin membangun dunia dalam versinya. Yang menarik adalah Kaido nampak tertarik dengan ide Luffy tersebut, yang memunculkan spekulasi jika Kaido sadar bahwa Luffy adalah Joy Boy. Dan ini juga yang kemudian menjadi alasan Kaido kalah dari Luffy, karena mimpinya untuk bisa kalah di tangan sosok legendaris tersebut.

Jika kemudian Kaido memang akan kembali muncul dalam cerita, tentunya akan menarik bila kemudian kaido berubah. Dengan mengetahui bahwa sosok Joy Boy tersebut ada di depan matanya, spekulasinya menyebutkan ada kemungkinan Kaido akan menjadi sekutu bagi Luffy kedepannya. Lagipuia, beberapa karakter yang sekarang menjadi sekutu Luffy pernah juga bertarung atau menjadi rivalnya.

Dengan Luffy berhasil mengalahkannya, Kaido pun mulai menghormati Luffy. Belum lagi beberapa kru bajak laut Beast masih hidup, sehingga tidak terlalu mengherankan jika Oda Sensei akan menghadirkan mereka dalam cerita kedepannya. Oda sendiri mengatakan bahwa perang besar sudah akan terjadi, yang mana ini juga merupakan sesuatu yang Kaido incar. Meskipun mungkin akan lebih menarik jika Kaido kembali muncul untuk balas dendam, tetapi spekulasi bagaimana Kaido kemudian menjadi sekutu Luffy kedepannya juga rasanya tidak terlalu buruk. Kita nantikan saja ya Geeks apakah hal ini akan Oda Sensei wujudkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.