Menonton film horor memang dianggap mengasikan oleh sebagian orang. Ada perasaan tegang dan ketakutan ketika menyaksikan film horor, yang justru memberikan sensasi tersendiri. Film horor tentu saja menghadirkan kisah-kisah menakutkan sebagai nilai jual utama. Tetapi tahukah kalian bahwa ada beberapa film yang memiliki kisah seram di balik pembuatan filmnya? Bahkan sebagian kisahnya berujung pada kematian dari para pemerannya. Sampai-sampai, beberapa film ini dianggap terkutuk, setelah semua kejadian buruk terjadi. Apa saja film horor yang dianggap terkutuk tersebut?

Poltergeist

Rilis di tahun 1982, Poltergeist menjadi film horor terkutuk pertama yang muncul dalam daftar ini. Konon, para kru yang terlibat dalam pembuatan filmnya sengaja menggunakan tengkorak manusia asli sebagai properti di filmnya. Karena itulah filmnya mendapat kutukan. Ada beberapa kejadian ganjil yang dianggap sebagai kutukan di filmnya, seperti kematian dua pemeran penting, yaitu Heather O’Rourke dan Dominique Dunne. Rourke meninggal 6 tahun setelah filmnya rilis, di mana ia menderita penyakit usus yang parah. Sementara Dunne, ia meninggal tidak lama setelah filmnya rilis. Dunne meninggal secara tragis setelah ia dicekik oleh pacarnya. Kabarnya, pembunuhan tersebut terjadi setelah keduanya mendengar soundtrack Poltergeist.

Poltergeist adalah film yang disutradarai oleh Tobe Hooper dengan naskah buatan Steven Spielberg. Filmnya menceritakan tentang sebuah keluarga yang harus menghadapi teror setelah putri bungsu mereka diculik oleh makhluk halus. Mereka pun baru menyadari bahwa rumah mereka tersebut dibangun di atas kuburan tua. Setelah itulah mereka harus mengalami berbagai hal-hal mengerikan.

The Omen

Selama proses pembuatan The Omen, banyak kejadian buruk yang terjadi. Contohnya adalah saat proses syutingnya akan dimulai, Gregory Peck, aktor yang membintang film ini ditemukan meninggal dunia akibat bunuh diri. Selain itu, Marc Neufeld yang menjadi produser The Omen mengatakan bahwa pesawat yang dia tumpangi saat akan berkunjung ke lokasi syuting tersambar petir dahsyat. Beruntung karena Neufeld selamat dari kejadian tersebut. Selain itu, ada banyak kejadian buruk yang menimpa kru. Saat melakukan syuting di salah satu kebun binatang, para hewan di sana tiba-tiba mengamuk, sampai suatu ketika salah satu harimau menyerang pawang hewan yang membuatnya meninggal.

Puncaknya, John Richardson, yang mengerjakan visual efek pada filmnya mengalami kecelakaan tragis di Belanda. Nah kebetulannya, kecelakaan tersebut terjadi di jalan Ommen KM 66,6. The Omen sendiri menceritakan tentang kehidupan seorang duta besar Amerika Serikat bernama Robert Thorn dan istrinya yang mengadopsi seorang anak bernama Damien. Walau awalnya mereka hidup bahagia, tetapi saat Damien berusia satu tahun, banyak kejadian aneh yang menimpa keluarga tersebut. Setelah semua kejadian mengerikan, terungkapkah bahwa Damien adalah anak iblis.

The Exorcist

Rasanya sebagian dari Geeks sudah mengetahui judul film satu ini, yaitu The Exorcist. Ternyata pembuatan film ini cukup banyak memakan korban jiwa. Terhitung ada sembilan kru dan pemain yang meninggal dunia setelah melakukan syuting. Mereka semua meninggal tanpa penyebab yang jelas. Salah satunya adalah sang pemeran utama, Vasiliki Maliaros dan Jack MacGowran. Saat proses syuting berlangsung pun, ada beberapa tragedi yang terjadi, salah satunya adalah kebakaran yang menghanguskan lokasi syuting filmnya. Banyak pihak yang akhirnya menyebutkan bahwa The Exorcist menjadi film terkutuk.

The Exorcist dirilis tahun 1973, yang menceritakan tentang kehidupan Regan Mcneil, seorang gadis berusia 12 tahun yang harus dibayang-bayangin oleh sosok iblis jahat. Ia mulai mengalami semua kejadian mengerikan tersebut setelah pindah ke rumah baru di New York bersama ibunya. Ketika keadaan Regan memburuk, sang ibu pun memanggil pendeta untuk melakukan produser pengusiran roh jahat.

Rosemary’s Baby

Film ini pertama kali rilis di tahun 1968. Karena berbagai nasib buruk yang dialami oleh para kru saat melakukan syuting filmnya, film ini pun dianggap terkutuk. Saat melakukan syuting dalam beberapa adegan, terjadi hal-hal aneh sekaligus mengerikan. Para kru sering melihat adanya benda-benda bertebangan dari mulai kursi, hingga cermin kecil yang melayang di udara. Bahkan lebih mengerikannya lagi, para kru mengaku bahwa mereka melihat kerangka yang sekelebat terbang. Kejadian anehnya juga terjadi pasca syuting, mulai dari komposer filmnya yang tiba-tiba koma dan meninggal dunia, hingga istri sang sutradara Roman Polanski yang tewas akibat dibunuh penjahat.

Rosemary’s Baby menceritakan tentang kehidupan rumah tangga pasangan baru yaitu Rosemary Woodhouse dan Guy Woodhouse yang berprofesi sebagai aktor. Setelah menikah, mereka memutuskan untuk menetap di sebuah apartemen di New York. Menariknya, apartemen tersebut memiliki sejarah yang buruk, di mana para penghuni lainnya merupakan pemuja iblis dan penyihir. Setelah melewati berbagai kejadian aneh, Rosemary pada akhirnya harus menghadapi para tetangganya yang mengerikan.

Twilight Zone: The Movie

Film yang dianggap terkutuk lainnya adalah Twilight Zone: The Movie. Film ini dianggap terkutuk setelah aktor Vic Morrow dan dua pemeran lainnya yang tewas dalam suatu kecelakaan. Kecelakaan tersebut terjadi di lokasi syuting. Saat melakukan syuting bagian kedua filmnya yang berjudul Time Out, ada adegan sebuah helikopter yang berusaha menyelamatkan dua anak kecil dari wilayah perang Vietnam. Tetapi kemudian ada kendala teknis yang membuat pilotnya kehilangan kendali atas helikopter tersebut, yang membuat helikopternya jatuh menimpa Morrow dan dua anak kecil lainnya.

Meskipun begitu, ada beberapa pendapat lain yang menyebut bahwa kecelakaan tersebut hanyalah kecelakaan biasa, dan sama sekali tidak berhubungan dengan kutukan. The Twilight Zone sendiri dirilis pada tahun 1983 lalu, dan diadaptasi dari empat episode series hitam putih garapan Rod Serling. Nah filmnya menghadirkan beberapa kisah horor pendek, dan filmnya diproduksi oleh Steven Spielberg dan John Landis.

Antrum

Antrum adalah film yang rilis tahun 2018. Konon, film ini dianggap terkutuk karena hampir semua penonton yang menyaksikan filmnya meninggal secara misterius. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh sang sutradara, David Amito dan Michael Lacini. Mereka menegaskan bahwa kutukan film Antrum sangatlah nyata. Mereka mengklaim bahwa saat pemutaran perdana filmnya di tahun 1988, bioskop terbakar dan 56 penonton tewas terbakar. Kabarnya, film Antrum hanya diputar sebanyak dua kali di bioskop.

Nah filmnya sendiri menceritakan tentang dua anak kecil yang melakukan ritual untuk menghidupkan anjing mereka yang telah mati. Ritual tersebut mereka lakukan di sebuah hutan, yang sebenarnya tidak boleh dimasuki. Filmnya memperlihatkan simbol-simbol pemujaan setan, sehingga membuat banyak kontroversi. Nah menariknya nih Geeks, ada banyak orang yang menganggap bahwa rumor kutukan tersebut memang sengaja dibuat untuk mempromosikan filmnya, dan kematian para penonton Antrum kabarnya tidak benar. Kalau Geeks percaya dengan kabar yang mana?

The Innkeepers

Film selanjutnya yang dianggap terkutuk adalah The Innkeepers yang rilis tahun 2011 lalu. Memang tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan setelah para kru melakukan syuting filmnya. Tetapi ada banyak kejadian aneh saat syuting. Banyak pemain yang merasakan berbagai kengerian di lokasi syuting, mulai dari lampu yang sering tiba-tiba menyala dan mati, pintu yang tiba-tiba terbuka dan menutup, hingga panggilan telepon yang misterius. Ketika para kru menerima panggilan telepon tersebut, tidak ada jawaban dari sang penelepon. Bahkan hotel tempat pembuatan film itu, Yankee Peddler Inn, dikenal sebagai tempat para pemburu hantu.

The Innkeepers menceritakan tentang 2 penjaga motel Yankee Peddler Inn yaitu Claire dan Luke, yang tertarik dengan legenda hantu Madeline O’Malley, yang menurut keterangan dari tamu-tamu hotel, sering menampakkan wujudnya. Konon, Madelina O’Malley meninggal karena bunuh diri di salah satu kamar Yankee Pedler. Setelah keduanya mencoba berkomunikasi dengan Madelina, mereka pun mulai mengalami beberapa kejadian mistis.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/