Menjadi salah satu kru bajak laut paling besar saat ini, ternyata ada juga beberapa karakter yang tolak gabung Topi Jerami. Dalam dunia One Piece, kelompok Topi Jerami adalah salah satu kru bajak laut yang paling disegani oleh orang-orang saat ini. Mereka berhasil mendapatkan perhatian dari berbagai pihak, mulai dari pihak angkatan laut sampai World Government.

Berdasarkan hal tersebut, menjadi bagian dari kelompok bajak laut Topi Jerami mungkin adalah salah satu impian bagi sebagian bajak laut. Dengan kepopuleran kelompok tersebut, wajar jika kemudian banyak orang yang ingin bergabung dengan mereka. Namun, yang menarik adalah ada beberapa karakter yang tolak untuk gabung dengan Topi Jerami. Siapa saja?

Kureha

Dr. Kureha atau Kureha adalah nama yang mungkin tidak asing di telinga Geeks semua. Dia adalah sosok yang sangat penting di wilayah kerajaan Sakura. Kureha adalah dokter paling handal yang para penduduk andalkan untuk menangani berbagai masalah. Pada saat kru Topi Jerami tiba di wilayah ini, Luffy dan Nami menyadari bahwa mereka masih belum memiliki seorang dokter di kru mereka.

Inilah yang kemudian membuat mereka meminta Dr. Kureha untuk bergabung dengan kru Topi Jerami. Namun, dengan tegas tawaran tersebut dia tolak. Mengapa? Karena dia tidak ingin menghabiskan sisa waktunya menjadi bajak laut dan kemudian tewas di atas kapal. Dia pun kemudian lebih menyarankan Luffy untuk meminta Chopper “menggantikan” posisinya sebagai dokter kapal.

Crocus

Selain Dr. Kureha, sosok dokter lainnya yang juga pernah menolak tawaran Luffy untuk bergabung dengan Topi Jerami adalah Crocus. Seperti yang kita ketahui, Crocus adalah mantan anggota kelompok bajak laut Roger yang pernah ikut berlayar sampai ke Laugh Tale. Kebersamaan Crocus dengan Roger memang tidak lama yaitu hanya dua tahun. Hal ini karena Roger meminta Crocus untuk menjaganya agar dia bisa sampai ke Laugh Tale.

Ketika bertemu dengan Luffy sebelum measuki Grand Line, Crocus menyadari bahwa Luffy dan Roger memiliki banyak kesamaan. Meski begitu, Crocus tidak berminat untuk bergabung dengan Topi Jerami. Alasan Crocus menolak tawaran Luffy adalah karena dia ingin merawat Laboon, seekor paus hitam raksasa yang ternyata merupakan kenalan dari Brook dan juga kelompok Bajak Laut Rumbar.

Gaimon

Gaimon merupakan mantan bajak laut yang sekarang tinggal di Island of Rare Animals. Dia bukan karakter yang besar atau penting, hanya sebatas karakter yang muncul sekejap. Meskipun begitu, kemunculannya cukup membuat para fans senang. Dalam versi manganya, Gaimon muncul pertama kali diantara arc Orange Town dan arc Syrupp Village.

Sementara itu dalam versi animenya, Gaimon pertama kali muncul diantara arc Syrup Village dan arc Baratie. Menurut informasi yang muncul dalam ceritanya, Gaimon pada awalnya adalah sosok yang jahat dan serakah. Namun, hal tersebut mulai hilang seiring berjalannya waktu. Luffy pernah menawari Gaimon bergabung dengan Topi Jerami, tetapi dia menolaknya dan lebih memilih untuk tinggal bersama para binatang di pulau yang dia tempati saat ini.

Nefertari Vivi

Nama Nefertari Vivi juga mungkin sudah tidak asing di telingan Geeks semua. Dia merupakan sosok penting yang muncul dalam cerita arc Alabasta. Vivi merupakan putri dari Nefertari Cobra, pemimpin wilayah tersebut. Dia sempat menyamar menjadi salah satu agen Baroque Works sebelum kemudian terungkap identitas aslinya. Hal inilah yang kemudian membuat Luffy dan kelompok Topi Jerami akhirnya membantu Vivi.

Sebenarnya, Vivi dan Karoo, hewan peliharaanya, sudah sempat berlayar bersama Luffy dan yang lain. Namun, kemudian mereka memutuskan untuk tetap tinggal di Alabasta demi menjalankan tanggung jawabnya sebagai Putri dari negeri tersebut. Meskipun begitu, Topi Jerami masih menganggap Vivi jadi bagian dari kru mereka seperti yang kita lihat di chapter 1057. Sayangnya, nasib Vivi saat ini menjadi misteri pasca peristiwa Reverie.

Iceburg

Kru Topi Jerami kembali belajar dari pengalaman. Pasca hancurnya kapal Going Merry di arc Water Seven, mereka akhirnya menyadari bahwa kru tersebut masih kekurangan seorang tukang kayu atau tukang kapal. Karena mereka sedang berada di Water Seven, akhirnya mereka pun mencari seorang tukang kapal untuk bisa bergabung dengan mereka.

Sosok yang kemudian Luffy ajak untuk bergabung dengan kelompoknya pada saat itu adalah Iceburg. Namun, Iceburg kemudian menolak tawaran Luffy tersebut. Seperti halnya Vivi, Iceburg tolak gabung Topi Jerami karena alasan tanggung jawab. Iceburg menolak karena dia sadar posisinya sebagai walikota Water 7. Namun, akhirnya, bukan Iceburg atau pegawai Galey-La yang bergabung dengan Luffy melainkan Franky.

Yamato

Sosok Yamato adalah karakter baru yang kemudian menolak tawaran Luffy untuk bergabung dengan kru Topi Jerami. Sosok Yamato pertama kali muncul di babak ketiga arc Wano Country One Piece. Dia adalah anak dari sang Yonko, Kaido. Namun, yang menarik adalah dia justru membenci sang ayah dan lebih mengidolakan musuh ayahnya yaitu Kozuki Oden. Bukan hanya penampilannya, Yamato juga ingin berpetualang ke dunia luar seperti halnya Oden.

Karena itulah dia memaksa Luffy untuk menerimanya menjadi bagian dari kru Topi Jerami. Di akhir pertempuran Onigashima, Yamato sempat mengajukan diri untuk bergabung kepada kru lainnya. Dan Luffy sendiri sepertinya tidak keberatan dengan bergabungnya Yamato. Namun, hal mengejutkan terjadi di chapter 1057 ini di mana ternyata Yamato memutuskan untuk menolak tawaran Luffy tersebut. Yamato sengaja ingin melindungi Wano dari serangan luar, namun dia berpura-pura agar tidak menyakiti hati Momonosuke.

Rekrut Karakter Aneh

Sebelum Luffy berkembang menjadi sosok yang sedikit lebih dewasa dalam hal berpikir dan menjadi kapten, Luffy sering kali melakukan tindakan aneh dan juga konyol dalam ceritanya. Dan salah satu tingkah konyol yang pernah Luffy lakukan adalah merekrut para zombie di Thriller Bark untuk menjadi krunya. Ketika bertemu dengan makhluk aneh atau unik, pasti Luffy segera ingin karakter tersebut ada di kapalnya. Hal ini pun terjadi kepada para zombi yang ada di Thriller Bark. Hal ini sering membuat kru Topi Jerami lainnya jengkel dan kesal akibat ulah Luffy tersebut.

Tidak mudah memang untuk bisa bergabung dengan salah satu kru bajak laut paling berpengaruh di dunia seperti Topi Jerami. Luffy yang memegang kendali semuanya. Tentu menjadi prestasi ketika seseorang bisa bergabung dengan mereka. Namun, yang menarik adalah ada karakter yang kemudian menolak gabung dengan Topi Jerami. Apakah akan ada karakter lain yang tolak tawaran Luffy? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.