Tema tentang perjalanan waktu memang selalu menjadi tema yang menarik terutama untuk berbagai seri fiksi. Namun, tentunya Geeks bertanya apakah perjalanan waktu ada di seri One Piece. Dan tampaknya, One Piece 1065 secara tersirat menampilkan bahwa Vegapunk memiliki mesin waktu. Benarkah demikian? Simak selengkapnya di artikel dibawah ini.

Bocoran One Piece 1065

Dalam petunjuk yang muncul untuk bocoran 1065 yang beredar di media sosial, nampak ada beberapa hal yang mengarah pada kemungkinan adanya perjalanan waktu. Misalnya, adanya gambar orang-orang yang sedang memperbaiki atau mengatur jam yang berbeda-beda. Dan petunjuk tersebut kemudian didukung oleh bocoran yang muncul pada hari ini.

Salah satu bocoran yang muncul untuk One Piece 1065 menyebutkan jika ternyata pulau Egghead bukanlah pulau masa depan. Pulau tersebut justru merupakan pulau masa lalu. Mengapa? Karena, menurut informasinya, semua hal yang ada di pulau tersebut merupakan “tiruan” dari semua teknologi yang ada pada masa lalu. Lebih tepatnya, semuanya menirukan teknologi yang menjadi milik Kerajaan Kuno.

Spekulasi mengenai Kerajaan Kuno sendiri sudah ada sejak lama. Para fans sempat menduga bahwa Kerajaan kuno merupakan kerajaan yang sangat maju, modern, dan memiliki teknologi yang luar biasa maju. Mereka menggunakannya untuk berbagai hal. Namun, pandangan berbeda dirasakan oleh 20 kerajaan lain yang menganggap semua hal itu sebagai ancaman bagi mereka.

Inilah yang kemungkinan membuat 20 kerajaan tersebut bersatu untuk kemudian menyerang Kerajaan Kuno. Mereka tidak ingin ada kerajaan yang jauh lebih maju dan modern dari mereka. Semua kerajaan tersebut juga berpikir bahwa Kerajaan Kuno mungkin bisa membawa petaka kedepannya, yang mana mungkin itu adalah sebatas propaganda belaka.

Vegapunk Punya Mesin Waktu

Bagaimana kemudian pulau Egghead bisa memiliki semua teknologi “kuno” tersebut? Apa yang kemudian Vegapunk lakukan untuk bisa merubah Egghead menjadi seperti Kerajaan Kuno? Itu adalah beberapa pertanyaan yang muncul ketika mengetahui informasi di One Piece 1065 terkait pulau Egghead. Terungkapnya fakta pulau Egghead dan juga teknologi tersebut memang sangat mengejutkan sekaligus mengundang tanda tanya.

Yang menarik adalah terdapat sebuah spekulasi bahwa mungkin Vegapunk memiliki rahasia besar di dalam pulau tersebut, sehingga dia bisa menirukan teknologi Kerajaan Kuno. Apa yang kemudian menjadi rahasia Vegapunk itu? Tidak lain adalah mesin waktu. Vegapunk kemungkinan memiliki mesin waktu yang dia rahasiakan atau sembunyikan di suatu tempat di pulau Egghead.

Dengan adanya mesin waktu tersebut Vegapunk kemudian bisa menirukan berbagai hal yang sangat luar biasa dari teknologi Kerajaan Kuno. Meskipun ada kemungkinan lainnya, seperti tercatata dalam manuskrip atau bahkan Poneglyph, namun mungkin semua catatan tersebut tidaklah lengkap. Vegapunk mungkin ingin sesuatu yang jauh lebih nyata dan lengkap.

One Piece 1065

Inilah yang mungkin kemudian menjadi motivasinya menciptakan mesin waktu tersebut. Vegapunk berusaha mengambil atau mendapatkan contoh benda dan teknologi Kerajaan Kuno untuk kemudian dia teliti. Setelah itu, dia coba tirukan teknologinya di era sekarang. Berbagai barang bekas atau sampah yang Bonney dan temukan di chapter 1064 kemarin, bisa jadi adalah barang-barang yang sempat Vegapunk ambil dari masa lalu.

Setelah kemudian Vegapunk teliti dan menemukan bagaimana cara untuk menciptakannya, dia pun kemudian membuang bendanya. Hal ini terus Vegapunk lakukan terhadap benda-benda atau penemuan lainnya, yang mana kemudian mereka menemukan gunungan sampakh dan bahkan robot kuno di pulau tersebut.

Time Travel di One Piece

Sebagian besar Geeks mungkin penasaran apakah Time Travel atau perjalanan waktu adalah sesuatu yang memungkinkan di seri One Piece. Jawabannya adalah ya, perjalanan waktu meruapakan sesuatu yang memungkinkan. Hal ini bisa kita lihat dari sosok Kozuki Toki. Dia adalah sosok karakter yang berasal dari 800 tahun yang lalu atau ketika abad yan hilang terjadi.

Toki kemudian memiliki kekuatan buah iblis yaitu Toki Toki no mi, di mana dia bisa mengirim dirinya atau orang lain ke masa depan seperti yang dia lakukan sebelum bertemu dengan Kozuki Oden. Namun, buah iblis tersebut tidak bisa mengirimkan Toki kembali ke masa lalu. Artinya, perjalanan waktu menjadi sesuatu yang memang sudah Oda hadirkan dalam serinya.

One Piece 1065

Meskipun Oda menghadirkannya dalam bentuk kekutan buah iblis, namun bukan hal mustahil jika Oda benar-benar menghadirkan mesin waktu untuk melakukan perjalanan waktu. Dalam hal ini, Vegapunk yang kemudian menciptakan mesin waktu tersebut untuk melakukan perjalanan waktu. Tujuannya adalah meneliti dan menirukan berbagai teknologi dan kedahsyatan dari masa lalu.

Dengan Oda yang sudah menghadirkan berbagai petunjuk tentang perjalanan waktu dan hal yang berkaitan dengan itu semua, menarik tentunya apa yang akan Oda suguhkan dalam cerita One Piece untuk kedepannya. Apakah artinya teori bahwa Im berasal dari masa lalu memang terbukti? Untuk saat ini, satu hal yang pasti adalah perjalanan waktu merupakan sesuatu yang mungkin terjadi. Dan Vegapunk adalah sosok yang memiliki mesin waktu di cerita One Piece. Apakah artinya Luffy dan yang lain juga akan melakukan perjalanan waktu? Kita nantikan saja kelanjutan ceritannya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.