Sosok Marshall D. Teach alias Blackbeard merupakan salah satu sosok bajak laut dan karakter terkuat dalam cerita di seri One Piece. Bukan tanpa alasan hal itu terjadi. Blackbeard menjadi satu-satunya manusia yang memiliki dua kekuatan buah iblis, yaitu Yami Yami no Mi dan Gura Gura no Mi. Hal ini tentunya sangat dahsyat mengingat kedua buah iblis tersebut adalah buah iblis terkuat di jenisnya.

Sampai saat ini, masih belum ada penjelasan pasti bagaimana Blackbeard bisa memiliki dua kekuatan buah iblis. Jika hal ini terjadi kepada manusia biasa, bisa dipastikan bahwa sosok tersebut akan mati. Marco sendiri pernah menjelaskan bahwa memang ada hal yang aneh dalam struktur tubuh Blackbeard yang membuatnya bisa memiliki dua kekuatan buah iblis sekaligus.

Berbicara mengenai sosok Blackbeard yang memiliki dua kekuatan buah iblis, terdapat sebuah teori yang menarik mengenai hal tersebut. Banyak spekulasi yang mengatakan jika Luffy akan menjadi lawan terakhir Blackbeard. Bisa jadi, Luffy juga akan memiliki kemampuan yang sama dengan Blackbeard yaitu dia akan memiliki dua kekuatan buah iblis.

Daya Tahan Tubuh Luffy

Seperti yang disebutkan di atas, Blackbeard memiliki struktur tubuh yang cukup aneh yang masih menjadi misteri sampai saat ini. Ada teori yang menyebutkan jika kemampuan dalam tubuh Blackbeard erat kaitannya dengan daerah asalnya. Dan salah satu bukti keanehan tubuh Blackbeard adalah dia mampu tidak tidur selama tiga hari tiga malam, saat Roger dan Whitebeard bertarung.

Dengan penjelasan yang ada sejauh ini, bisa kita asumsikan bahwa Blackbeard memiliki “kelainan” pada tubuhnya yang justru memberikan kelebihan bagi Blackbeard. Tapi, seperti halnya dalam kehidupan nyata dan dalam berbagai cerita, itu artinya Blackbeard tidak sempurna. Bisa jadi ada salah satu bagian dalam tubuh Blackbeard yang tidak berfungsi maksimal atau justru tidak bekerja sama sekali.

Pesan yang tersirat dari Oda Sensei terkait hal ini adalah mungkin dia ingin memberikan pesan bahwa sebenarnya Blackbeard adalah sosok yang lemah. Dia “berbeda” daripada karakter lainnya. Karena kelemahan yang dia miliki, Oda Sensei kemudian sengaja memberikan dua kemampuan buah iblis kepada Blackbeard demi menutupi kelemahannya tersebut.

Karena, jika hanya kemampuan buah Yami Yami saja yang Blackbeard miliki mungkin dia tidak akan pernah menang dan bisa menguasai dunia yang menjadi impian besarnya. Luffy, di sisi lain, adalah sosok yang lebih sempurna dibandingkan Blackbeard. Berbeda dengan Blackbeard, Luffy justru terus mengasah kemampuan buah iblis Nika miliknya ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Tidak lagi hanya sekedar manusia karet biasa, tapi kekuatan karet dalam diri Luffy berkembang dan berevolusi menjadi sesuatu yang lebih kuat saat ini.

Dengan daya tahan tubuh Luffy yang luar biasa saat ini, yang mana dianggap jauh lebih “sempurna” dari Blackbeard memunculkan spekulasi bahwa Luffy mampu untuk memiliki dua kekuatan buah iblis. Yang juga menarik adalah Oda Sensei sendiri seolah mendukung hal ini dengan buah iblis Luffy sekarang, Hito Hito no Mi, Model: Nika, yang masuk ke dua kategori berbeda berdasarkan booklet Road to Laugh Tale.

Mengapa Luffy Butuh 2 Buah Iblis?

Geeks mungkin bertanya mengapa kemudian Luffy membutuhkan lebih dari satu kekuatan buah iblis. Bukankah kekuatan Luffy saat ini sudah sangat dahsyat, yang terbukti bagaimana dia berhasil mengalahkan Kaido? Kembali lagi ke pembahasan di poin sebelumnya mengenai perbedaan kondisi fisik antara Luffy dan juga Blackbeard.

Pada intinya, Luffy memiliki kondisi yang lebih “sempurna” daripada Blackbeard yang harus menutupi kelemahannya dengan dua buah iblis. Jika Blackbeard hanya memiliki satu buah iblis mungkin dia bisa kalah dalam sekejap dengan kemampuan Haki yang Luffy miliki. Seperti yang kita ketahui, Luffy memiliki kemampuan Haki, dan kekuatan Haki mampu menahan bentuk asli dari pengguna buah iblis Logia.

Buah iblis Nika memang adalah buah iblis yang kuat, di mana Gorosei sendiri bahkan mengakui hal tersebut. Mereka bahkan sudah mengincar kekuatan buah iblisnya sejak 800 tahun yang lalu, namun gagal. Meskipun begitu, dengan Blackbeard yang memiliki lebih dari satu kekuatan membuat Luffy juga perlu tambahan kekuatan yang jauh lebih dahsyat.

Kita bisa melihat bagaimana satu kekuatan dahsyat buah iblis Uo Uo no Mi mampu memaksa Luffy untuk mengaktifkan awakening buah iblisnya. Artinya, dengan Blackbeard yang memiliki dua buah iblis terkuat di jenisnya membuat Luffy pun perlu meningkatkan kekuatannya. Salah satu caranya adalah dengan mendapatkan kekuatan buah iblis lainnya.

Selain menghadapi Blackbeard, dengan Luffy memiliki dua kekuatan buah iblis sebenarnya ini juga menjadi persiapan untuk pertempuran paling besar yang pernah ada di dunia One Piece. Pertempuran tersebut akan membawa Luffy menghadapi sosok Im dan tidak lain adalah World Government. Mereka memiliki kekuatan yang bisa menguasai dunia, artinya Luffy juga perlu kekuatan yang tidak kalah dahsyat.

Buah Iblis Lain untuk Luffy

Jika kemudian kita berandai-andai Luffy memiliki kemampuan dua buah iblis, maka buah iblis lain yang pantas untuk Luffy adalah buah iblis Magu Magu milik Sakazuki. Kita sudah lihat bagaimana dahsyatnya kemampuan Magu Magu Sakazuki, yang bahkan bisa membunuh Ace. Dengan jangkauan serang Luffy yang jauh, pukulan magma Luffy bisa berubah menjadi sangat mematikan.

Musuh yang terkena serangan gabungan magma dan karet Luffy bukan lagi tidak sadarkan diri, melainkan langsung mati. Buah iblis lainnya adalah Gura Gura no Mi. Jika Blackbeard bisa merubah buah iblis tersebut menjadi mengerikan, seperti yang dia lakukan saat menghadapi Law sekarang, artinya Luffy pun akan mampu membuka seluruh potensi buah iblis ini. Dan serangannya bisa jadi jauh lebih berbahaya dari Whitebeard atau Blackbeard.

Mochi Mochi no Mi juga bisa jadi yang kedua untuk Luffy. Kekuatan dari Mochi Mochi no Mi sangat mirip dengan Hito Hito no Mi Nika milik Luffy. Buah iblis Mochi Mochi No Mi dapat meregangkan anggota tubuh dari sang penggunanya, atau dikeraskan dengan bantuan Haki. Ini yang sempat membuat Luffy kewalahan menghadapi Katakuri. Selain bisa dia gunakan untuk bertarung, mungkin Luffy juga bisa memakan mochi tersebut.

Bisu Bisu no Mi juga bisa jadi alternatif lainnya untuk Luffy. Kapten dari bajak laut Topi Jerami ini kita ketahui sangat senang untuk makan. Jadi, selain mochi, Luffy juga bisa memakan biskuit yang tercipta akibat buah iblis yang menjadi milik Charlotte Cracker ini. Meskipun begitu, kekuatan ini juga bisa saja menyimpan kekuatan dahsyat mengingat Oda selalu menghadirkan kekuatan kejutan dari sesuatu yang underrated atau tidak diperhitungkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.