Nama Dr. Vegapunk saat ini menjadi salah satu fokus cerita dari arc terbaru di seri manga One Piece. Ilmuwan paling jenius di seluruh dunia ini juga sedang menjadi perbincangan hangat para fans. Pasalnya, Oda menghadirkan “kehebohan” yang terkait dengan sosok ilmuwan tersebut. Misalnya, dalam chapter terbaru terungkap bahwa Vegapunk memiliki kloning yang berjumlah enam.

Kemudian, identitas aslinya sendiri saat ini masih belum diketahui. Vegapunk juga menjadi sasaran World Goventment, di mana mereka mengirimkan CP-0 untuk menghabisi nyawanya. Vegapunk pun mengeluh tentang bagaimana World Goventment tidak lagi mendukung semua upaya riset dan penelitiannya. Hal ini pun memunculkan pertanyaan besar di kalangan fans.

Sosok Vegapunk adalah seorang jenius yang sangat senang untuk mengetahui tentang teknologi, termasuk teknologi kuno. Terdapat sebuah teori yang menarik jika Vegapunk kemungkinan sangat ingin meneliti atau menginvestigasi tentang Senjata Kuno. Selain itu, dia juga sangat ingin melakukan penelitian tentang berbagai senjata yang digunakan pada zaman dahulu, seperti yang Enel temukan di bulan. Inilah yang mungkin membuat Vegapunk sangat ingin pergi ke bulan.

Berbagai Petunjuk Yang ada

Ada beberapa petunjuk yang dimunculkan untuk mendukung teori ini. Misalnya, yang pertama adalah benda yang ada di dalam Perpustakaan Ohara. Pohon Pengetahuan menyimpan banyak sekali buku-buku dan ilmu yang berharga. Dan yang menarik, jika Geeks perhatikan di bagian tengahnya terdapat sebuah miniatur dari sistem tata surya yang ada di alam raya ini.

Bagi para cendikiawan Ohara, astronomi merupakan sesuatu yang sangat penting sehingga mereka coba hadirkan model astronomi yang mereka simpan di tengah-tengah pohon pengetahuan. Bukti lainnya adalah rumah dari Vegapunk, yang juga menjadi pulau bagi Franky untuk melakukan peningkatan kekuatan selama dua tahun, pulau Karakuri, merupakan rumah bagi ilmuwan lainnya yaitu Dr. Tsukimi.

Ilmuwan cerdas tersebut muncul dalam cerita gambar sampul di chapter 447 dan 451. Dalam chapter 447, nampak Dr. Tsukimi sedang menciptakan sebuah automata yang rusak. Dan seperti yang kita ketahui, Automata merupakan teknologi yang berasal dari bulan seperti yang muncul dalam cerita sampul Enel. Dr. Tsukimi sendiri nampak tersedak saat melihat ledakan di bulan.

Bila Dr. Tsukimi sendiri mampu meneliti tentang robot yang berasal dari bulan, artinya Vegapunk pun bisa saja melakukan hal tersebut. Jika kemudian ledakan tersebut berasal dari bulan, artinya Vegapunk juga tentu bisa melihatnya. Jika kemudian para peneliti Ohara mampu menciptakan miniatur dari model sistem tata surya, maka artinya Vegapunk juga seharusnya memiliki benda tersebut mengingat dia adalah ilmuwan paling jenius di dunia.

Teorinya sendiri menjelaskan bahwa Vegapunk kemungkinan memiliki mimpi untuk bisa pergi ke bulan. Mengapa? Karena, di sana dia bisa bebas menggunakan sebanyak mungkin sumber daya, dan mampu menciptakan teknologi apa pun yang dia inginkan. Bahkan, tidak ada larangan baginya untuk melakukan eksperimen atau penelitian apa pun di sana. Dan yang menarik juga adalah pakaian di pulau Egghead dan simbol pulau tersebut pun sangat mencerminkan luar angkasa.

Jadi Alasan World Government Incar Nyawa Vegapunk?

Teori bahwa Vegapunk berencana untuk membangun kapal luar angkasa dan pergi ke bulan, bisa jadi adalah jawaban untuk pertanyaan besar yang muncul di kalangan fans. Pertanyaanya adalah mengapa kemudian World Government berusaha untuk menghabisi seseorang yang sudah berjasa besar bagi mereka? Jawaban yang paling logis tentunya adalah karena mereka merasa terancam akan hal itu.

Seperti yang Geeks ketahui, World Government selalu berusaha untuk bisa melindungi rahasia besar mereka untuk tidak diketahui orang lain. Selain menjaga kerahasiaan “dosa besar” yang mereka lakukan pada masa lalu, hal ini juga mereka lakukan untuk menjaga kekuasaan yang mereka miliki sekarang. Apa pun akan mereka lakukan untuk hal tersebut, yang terbukti dalam berbagai momen yang ada.

Misalnya, saat mereka membunuh Dr. Clover yang hampir membeberkan rahasia Kerajaan Kuno. Bahkan, mereka juga membakar dan menghancurkan seluruh pulau Ohara karena mereka mencoba untuk menerjemahkan apa isi yang ada di Poneglyph tentang abad yang hilang. Dan yang paling baru adalah bagaimana Im menghancurkan kerajaan Lulusia demi menghabisi nyawa Sabo yang mengetahui tentang keberadaan Im.

Berdasarkan hal ini, ketakutan terbesar Im dan World Government adalah bagaimana Vegapunk akan mampu menciptakan atau menghadirkan senjata, bahkan teknologi, yang mengancam kekuasaan mereka jika kemudian Vegapunk berhasil pergi ke bulan. Bahkan, mungkin ada rahasia tersimpan juga di sana. Inilah yang kemudian membuat mereka memutuskan menghabisi nyawa Vegapunk.

Bulan Jadi Tempat Selanjutnya?

Bulan sebenarnya sudah sejak lama menjadi subyek pembahasan di kalangan fans One Piece. Sebagian besar mereka meyakini bahwa Oda Sensei akan menghadirkan cerita yang bersetting di bulan. Atau menghadirkan cerita di mana ada koneksi dengan bulan. Berbagai spekulasi pun muncul di kalangan fans terkait dengan hal ini. Misalnya, teori yang paling gila adalah bagaimana One Piece sebenarnya ada di bulan.

Atau ada juga teori yang menyebutkan jika Laugh Tale sebenarnya tidak berada di bumi, melainkan di bulan. Dengan berbagai hal yang Oda hadirkan – seperti cerita petualangan Enel di bulan, Automata, dan kisah Dr. Tsukimi – bukan hal yang mustahil jika bulan akan muncul atau hadir dalam cerita yang akan datang. Apakah kemudian Oda akan menhadirkan cerita yang bersetting di bulan atau ada sesuatu yang terkoneksi dengan bulan masih harus kita tunggu.

Terlepas dari hal tersebut, intinya bulan selalu menjadi topik pembahasan yang menarik. Dan para fans sendiri sepertinya masih belum bosan untuk mengharapkan bulan bisa jadi tempat selanjutnya yang Luffy dan Topi Jerami jelajahi. Bisa jadi, pasca pulau Egghead Luffy dan yang krunya akan pergi ke bulan. Hal ini mengingat Oda sering menghadirkan kejutan besar bagi para fans. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.