TBuah iblis Ope Ope no Mi milik Trafalgar Law disebut sebagai salah satu buah iblis paling kuat di seri One Piece. Pertama, diketahui bahwa pengguna buah iblis ini akan mampu untuk hidup abadi. Kedua, karena mampu hidup abadi (awet muda), semua penyakit yang diderita akan hilang. Law sendiri sebagai pemilik buah iblisnya saat ini, sudah berhasil membangkitkan seluruh potensi buah iblis tersebut. Berikut adalah berbagai fakta menarik dari awakening Ope Ope no Mi milik Trafalgar Law sejauh ini.

Awakening Butuh Banyak Energi

Menggunakan kekuatan buah iblis sudah menjadi sesuatu yang sangat melelahkan. Hal ini karena penggunanya harus mengendalikan kekuatan yang ada sesuai dengan apa yang dia inginkan. Namun, ketika kemudian penggunanya berhasil untuk membangkitkan kekuatan buah iblis mereka maka energi yang dibutuhkan pun semakin banyak. Fakta ini muncul dalam momen pertarungan antara Law dan Kid menghadapi Big Mom.

Saat Kid bertanya mengenai apakah Trafalgar Law berhasil melakukan awakening, dia pun mengonfirmasi bahwa dirinya telah berhasil melakukan hal tersebut. Namun, dia kemudian menjelaskan bahwa butuh banyak energi untuk bisa menggunakan kekuatan awakening tersebut. Karena itulah, dia tidak bisa menggunakannya dalam waktu lama atau pun setiap waktu. Yang paling baru, Law menggunakan awakening miliknya di chapter 1064 dalam pertarungan melawan Blackbeard.

Meskipun energi menjadi sumber utamanya, namun mungkin Law bisa mulai membiasakan diri atau melatih hal tersebut. Dengan demikian, Law akan mampu bertarung lebih lama dengan menggunakan kemampuan awakening. Hal ini bisa kita lihat dari beberapa karakter, misalnya Doflamingo atau bahkan Katakuri. Law memiliki banyak waktu untuk mulai berlatih dan membiasakan diri, agar dia bisa seperti kedua karakter tersebut.

Bebas Lakukan Teknik Room

Salah satu kedahsyatan dari buah ibli Ope Ope adalah bagaimana Law mampu memanipulasi tubuh manusia. Atau bahkan dia mampu melakukan apa pun terhadap tubuh tersebut, selama dia berada dalam jarak tertentu. Secara spesifik, Law hanya bisa melakukan semua itu dalam jangkauan di teknik Room. Contohnya adalah ketika dia memanipulasi tubuh Kin’emon atau tubuh angkatan laut.

Namun, saat Law berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya, dia tidak lagi perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Dengan teknik baru, K.Room, Law bisa melakukan manipulasi tubuh seseorang tanpa perlu berada dalam kubah atau ruang yang dia ciptakan. Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungan melawan Big Mom dan juga Blackbeard di chapter terbaru. Meksipun begitu, yang perlu menjadi catatan adalah tetap ada jarak efektif dari serangannya.

Butuh Puluhan Tahun

Membangkitkan kekuatan buah iblis memang bukanlah perkara mudah. Seseorang yang memiliki kekuatan buah iblis belum tentu mampu untuk membangkitkan seluruh potensinya. Untuk saat ini, Oda masih belum menghadirkan parameter jelas mengenai apa yang kemudian menjadi “syarat” untuk membangkitkan buah iblis. Namun, ada beberapa hal yang para fans yakini sebagai salah satu syaratnya.

Apa itu? Penggunaan dalam waktu lama. Melihat dari beberapa karakter yang sudah membangkitkan buah iblisnya, satu hal kesamaan yang mereka miliki adalah para karakter tersebut sudah sejak lama memilikinya. Law sendiri sudah memiliki Ope Ope no Mi sejak usianya masih kecil. Artinya sudah puluhan tahun dia menggunakan dan memiliki kekuatannya. Dengan berbagai pengalaman bertarung serta elemen lainnya, Law pun akhirnya mampu untuk membangkitkan buah iblisnya.

Kekuatan Dahsyat

Dengan level potensi kekuatan yang terbuka semua, kekuatan buah iblis pun akan menjadi maksimal. Berbagai teknik yang kemudian muncul juga sangatlah dahsyat. Dalam hal Ope Ope no Mi, kita bisa melihat kedahsyatan dari berbagai teknik baru Law. Misalnya teknik Puncture Willie yang dia gunakan untuk menyerang Big Mom. Nampak pedang Law, Kikoku, berhasil menembus tubuh Big Mom yang sangat luar biasa keras.

Bahkan, yang juga tidak kalah epik adalah Law pun mampu merusak organ dalam Big Mom, membuatnya mengeluarkan darah. Sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dan yang paling baru kita melihat bagaimana kedahsyatan dari teknik awakening ini berhasil membuat Blackbeard terkejut dan kewalahan dengan kekuatannya. Dia tidak menyangka jika Law sudah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis miliknya.

Sejauh ini, memang misteri dan rahasia dari buah iblis Ope Ope masih belum terungkap semuanya. Dan baru-baru ini juga kita melihat bagaimana awakening dari buah iblis Trafalgar Law menggunakannya untuk melukai Big Mom dan Blackbeard. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana kedahsyatan Ope Ope no Mi selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.