Siapa sebenarnya K’uk’ulkan (Kukulkan) di film Black Panther: Wakanda Forever? Saat ini, pertanyaan terkait Kukulkan mungkin tengah menjadi topik hangat di kalangan penggemar. Alasannya adalah karena di trailer terbaru filmnya, karakter M’Baku (Winston Duke) sempat menyinggung nama tersebut. Dialognya dia ucapkan saat trailer Wakanda Forever alias Black Panther 2 memperlihatkan para Talocan yang tengah menyerang sebuah kapal laut.

Dia mengatakan kepada para pengikutnya bahwa ada suatu kaum yang memanggil pemimpin mereka sebagai Kukulkan atau K’uk’ulkan, Dewa Ular Bersayap. Konon membunuh sosok Kukulkan akan menyebabkan perang abadi di muka Bumi. Siapa sebenarnya Kukulkan dan seperti apa pengaruhnya di film Black Panther 2? Langsung saja mari kita bahas karakter menarik nan misterius ini, Geeks!

Kukulkan, Dewa Ular Bersayap

Sebelum membahas karakternya di film Black Panther 2, mari kita selami terlebih dahulu sejarah Kukulkan di dunia nyata. Faktanya, Kukulkan adalah sosok dewa yang menjadi sesembahan bagi banyak suku kuno mesoamerika, benua Amerika bagian tengah dan utara. Nama Kukulkan sendiri lebih populer di manuskrip kuno suku Maya yang sering menuliskan namanya sebagai K’uk’ulkan. Sedangkan suku Aztec lebih sering menyebut Kukulkan sebagai Quetzalcoatl. Pada dasarnya K’uk’ulkan dan Quetzalcoatl mengacu pada sosok yang sama, yaitu Feathered Serpent God alias Dewa Ular Bersayap.

Selain Ular Bersayap, Kukulkan juga sering disebut sebagai ‘War Serpent’ atau Ular Perang. Suku Aztec sendiri sering memaknai nama Kukulkan sebagai ‘wisest of men’ yang artinya pria paling bijak. Di mata mereka, Kukulkan adalah dewa angin, dewa fajar, dan dewa pengetahuan. Menurut mitologi Aztec, Kukulkan sering bersekutu dengan Dewa Hujan Tlaloc penguasa surga Tlalocan atau Talocan. Berdasarkan semua penggambaran ini, Kukulkan bisa kita simpulkan sebagai dewa ‘pria’ dari Aztec yang terkenal bijak, pandai berperang, dan juga erat hubungannya dengan penguasa Talocan.

Namor Adalah Kukulkan di MCU?

Satu-satunya karakter di film Black Panther 2 yang cocok dengan penggambaran sosok Kukulkan tidak lain adalah Namor the Sub-Mariner. Karakter yang diperankan oleh aktor Tenoch Huerta ini memang sudah terkonfirmasi akan memainkan peran vital di filmnya. Berdasarkan apa yang terlihat di berbagai promosi Black Panther 2, cukup jelas bahwa Namor adalah pemimpin bangsa Talocan yang akan berperang dengan Wakanda. Talocan di MCU sendiri memang mengambil referensi dari mitologi Aztec. Jadi kemungknan besar saat M’Baku menyinggung nama Kukulkan, dia tengah merujuk pada sosok Namor.

Julukan Feathered Serpent God alias Dewa Ular Bersayap sangat layak disematkan pada Namor. Di trailer terbarunya dia terlihat mengenakan makhota ular serta mempunyai sayap di masing-masing pergelangan kakinya. Sayap ini memungkinkan dia untuk terbang dengan sangat cepat, serta melakukan manuver untuk menghindari serangan yang mengarah padanya. Betapa hebatnya Namor, bahkan sampai dia bisa menguasai laut dan udara sekaligus. Hal inilah yang mungkin pada akhirnya membuat bangsa Talocan menunjuknya sebagai pemimpin atau dewa mereka.

Itulah penjelasan tentang Kukulkan di film Black Panther 2, yang kemungkinan besar adalah Namor sendiri. Sejauh ini tidak ada orang lain yang lebih cocok untuk menjadi dewa bagi para Talocan, selain Namor. Dengan status dewa tersebut, pada akhirnya Namor memang harus melakukan berbagai macam cara untuk membawa kedamaian bagi bangsanya. Jika harus, dia tidak akan segan-segan menyerang negara besar di permukaan, seperti Wakanda. Aksi Kukulkan alias Namor ini akan segera bisa kita saksikan saat film Black Panther: Wakanda Forever tayang pada tanggal 11 November nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.