Chapter 1059 dari seri manga One Piece kemarin berhasil menjadi perhatian utama para fans. Ada banyak hal menarik yang muncul di chapternya. Misalnya, yang pertama adalah bagaimana kita akhirnya tahu apa yang menjadi alasan utama Yamato tidak ikut bersama dengan Luffy. Kemudian, yang juga tidak kalah menarik adalah bagaimana pihak angkatan laut datang menyerbut Amazon Lily.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, Hancock dan para mantan Shichibukai lain menjadi incaran angkatan laut pasca sistem Shichibukai hancur. Mereka kembali seperti bajak laut biasa, karena itulah para angkatan laut mengincar nyawa dari Hancock. Mereka datang ke Amazon Lily untuk menangkapnya. Namun, situasi berubah kacau ketika Blackbeard datang untuk mencuri buah iblis Mero Mero.

Pertarungan sempat terjadi, di mana Blackbeard benar-benar di atas angin. Namun, situasi akhirnya mereda setelah Rayleigh muncul dan meminta semuanya pergi. Sayangnya, terdapat hal yang kurang mengenakan muncul di mana Blackbeard menculik Koby. Apa yang terjadi dengan Koby? Bagaimana situasinya? Oda belum menghadirkan informasi lanjut mengenai hal ini.

Alasan Menculik Koby

Masih menjadi pertanyaan besar mengapa kemudian Blackbeard menculik sosok Koby. Mengapa kemudian dia harus melakukan hal tersebut? Apakah Blackbeard ingin melakukan pertukaran lainnya seperti yang terjadi kepada Bonney atau Ace? Alasan yang cukup masuk akal terkait hal ini adalah karena Blackbeard merasa Koby bertanggung jawab atas apa yang terjadi dengan insiden Rocky Port.

Seperti yang Blackbeard jelaskan, apa yang terjadi di Rocky Port tersebut secara tidak langsung membantu Blackbeard untuk bisa memenangkan pertarungan melawan Wang Zhi alias Silver Axe. Dan dengan demikian, Blackbeard bisa mengambil alih kekuasaan atau kepemimpinan dari pulau Beehive. Sekarang, dialah penguasa dari pulau tersebut seperti halnya Luffy menguasai Wano.

Namun, terdapat spekulasi menarik yang menjadi alasan lain mengapa kemudian Koby diculik oleh Blackbeard. Bukan karena semata-mata untuk pertukaran, melainkan ada alasan lain yang lebih dalam. Spekulasinya menyebutkan bahwa bisa jadi Koby adalah sosok kapten ke 10 dari Ten Titanic Commander di kelompok bajak laut Blackbeard yang selama ini jadi misteri.

Seperti yang Geeks ketahui, Blackbeard selalu merekrut para kru yang memiliki kekuatan dahsyat. Sampai saat ini, dia sudah memiliki sembilan orang kru yang berada di bawah namanya. Mereka adalah Lafitte, Jesus Burgess, Catarina Devon, Vasco Shot, Doc Q, Van Augur, Shiryu, Avalo Pizarro, dan Sanjuan Wolf. Mereka semua kemudian ditunjuk untuk menjadi kapten atau komandan divisi.

Para komandan divisi tersebut kemudian kita kenal dengan nama Ten Titanic Commanders. Namun, meskipun jumlahnya 10 orang untuk sosok yang terakhir sendiri masih jadi misteri. Banyak fans menduga bahwa sosok tersebut adalah Aokiji, namun sang mantan admiral tersebut lebih kepada sekutu. Lalu, siapa sosok komandan ke 10? Spekulasinya menyebut bahwa Koby adalah sosok tersebut.

Mengapa Koby?

Seperti spekulasi yang banyak beredar mengenai alasan Aokiji bergabung dengan Blackbeard, di mana dia mungkin bisa menggali informasi sebanyak mungkin, hal ini pun berlaku kepada Koby. Bisa jadi dia adalah mata-mata dari Blackbeard yang sengaja diselundupkan di pihak angkatan laut untuk mencari informasi tentang apa yang mereka rencanakan, apa yang akan mereka lakukan, dan sebagainya.

Mungkin, ini juga yang kemudian menjadi alasan mengapa Blackbeard mengatakan untuk segera mendapatkan buah iblis Mero Mero sebelum pihak angkatan laut mendapatkannya. Bisa jadi, Koby yang memberikan kabar kepada Blackbeard tentang rencana angkatan laut untuk menangkap Hancock. Karena, dia ada di rombongan kelompok angkatan laut yang menyerbu Amazon Lily.

Meskipun spekulasinya menarik, namun terdapat masalah kecil yang mungkin menjadi hambatan bagi spekulasinya. Koby bersama Helmeppo merupakan sosok yang Garp latih. Selain fisik, Garp juga tentunya menanamkan disiplin dan hal-hal lain seperti nilai-nilai dalam dirinya untuk tidak mengikuti jejak keadilan absolut seperti para angkatan laut lain.

Dan juga Koby adalah sosok yang sangat menghormati dan mengagumi Luffy. Tetapi, di sisi lain, dia berjanji kepada Luffy bahwa dia akan bertarung dan menjadi seorang admiral. Untuk berada di posisi tersebut tentunya butuh perjuangan dan kerja keras. Bisa jadi, bergabung dengan Blackbeard adalah salah satu upaya Koby untuk bisa mewujudkan mimpinya tersebut. Apakah spekulasinya benar? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.