Rilis perdana pada tahun 2009, District 9 adalah salah satu film sci-fi yang cukup sukses di bioskop. Selain menuai banyak pujian dari para penonton dan kritikus, perilisannya juga telah berhasil secara finansial. Di mana perdapatan filmnya mencapai 210 juta dolar atau sekitar 3 triliun rupiah dari seluruh dunia. Dengan berbagai pencapaian tersebut, cukup masuk akal mengapa sekuelnya sangat penggemar antisipasi sampai sekarang. Padahal sudah lebih dari satu dekade berlalu sejak terakhir kali film pertamanya rilis di bioskop.

Di tangan sutradara Neill Blomkamp, film pertamanya bercerita tentang kemunculan sebuah pesawat luar angkasa di Johannesburg, Afrika Selatan. Pesawat tersebut ternyata membawa para alien berbentuk serangga humanoid yang tengah sakit-sakitan. Dengan cerita yang unik dan juga format found footage yang tampak nyata, ending dari filmnya sendiri telah menyisakan sejumlah pertanyaan. Khususnya karena karakter utama yang bernama Wikus van de Merwe (Sharlto Copley) akhirnya berubah juga menjadi alien.

Sharlto Copley Ungkap Timeline Sekuel District 9

Tahun lalu, sutradara Neill Blomkamp memang sempat mengungkapkan bahwa sekuelnya nanti akan berjudul District 10. Sekarang, sebuah informasi terbaru akhirnya mengungkap kapan timeline sekuelnya akan berlangsung. Dalam sesi wawancaranya dengan RadioTimes.com, aktor Sharlto Copley mengungkapkan bahwa sutradara Blomkamp menginginkan waktu yang tepat untuk merilis sekuelnya. Di mana menurutnya itu semua tergantung dari masalah sosial dan politik dunia.

“Filmnya tengah menunggu waktu yang tepat berkaitan dengan [masalah] sosial dan politik yang tengah dia khawatirkan. Dia hanya mengingingkan waktu yang tepat,” ungkap Blomkamp. “Jadi mungkin sekitar dua tahun lagi. Namun seperti yang kalian tahu, dengan dua tahun lagi artinya sudah 12 tahun [dari film pertamanya] ‘kan? Semoga saja kita bisa melakukan syutingnya dua tahun lagi. Kita lihat saja nanti.”

Terlepas dari apa pun pertimbangan Blomkamp terkait masalah sosial-politik, yang film sekuelnya akan mengambil latar waktu sekitar tahun 2023. Yang jadi pertanyaan adalah apa yang telah terjadi di semestanya selama 12 tahun film sekuelnya absen. Meskipun masih sangat lama, kita lihat saja nanti seperti apa kelanjutannya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.