Multiverse adalah salah satu elemen paling penting dari Marvel Universe yang akhir-akhir ini sering menjadi topik pembahasan di kalangan penggemar. Hal itu bisa terjadi karena Marvel Cinematic Universe baru saja memperkenalkan konsep tersebut melalui berbagai tayangannya. Termasuk Spider-Man: No Way Home yang telah menghadirkan tiga Peter Parker sekaligus dalam satu film. Menariknya, jika berbicara tentang multiverse dan Spider-Man, para penggemar Marvel pasti akan langsung ingat dengan Spider-Verse.

Meskipun MCU sendiri belum menghadirkan Spider-Verse secara gamblang, tetapi faktanya jika para Spider-Man mengalami kejadian multiverse, maka hal tersebut kemungkinan besar berhubungan dengan Spider-Verse. Seperti yang terjadi di film Spider-Man: Into the Spider-Verse dan juga di kisah ‘Spider-Verse‘ versi Marvel Comics. Sayangnya, meskipun populer, detail mengenai asal-usul Spider-Verse masih menjadi misteri di kalangan penggemar, setidaknya sampai hari ini. Karena Marvel Comics baru saja menjelaskannya melalui komik baru Edge of the Spider-Verse #2.

BACA JUGA: 5 Spider-Man Baru di Spider-Verse 2!

Asal-usul Spider-Verse di Marvel Universe

Marvel Ungkap Asal-usul Spider-Verse!, Greenscene

Salah satu kisah Edge of the Spider-Verse #2 yang berjudul ‘A Single Thread’, karya Dan Slott, Paco Medina, dan Brian Reber, baru saja mengungkap origin dari jaring laba-laba dan juga Spider-Verse. Jaring tersebut adalah Neith, elder goddess dari Earth-001 yang merupakan anak dari Gaea dan Oshtur. Semuanya bermula saat Gaea dan Osthur memberi tugas kepada saudari Neith, Shathra, untuk mendesain ‘peta surgawi’ yang nantinya akan menentukan cara kerja takdir manusia.

Pada titik inilah Shathra membuat sebuah sarang lebah untuk menjadi simbol takdir manusia. Di sisi lain, Neith mengajukan desain jaring laba-labanya agar manusia lebih mempunyai kehendak bebas. Setelah meletakan jaring tersebut di tengah alam semesta, Neith lantas memerintakan laba-labanya untuk mengawasi dan memberbaiki jaringnya jika ada yang rusak. Dari jaring inilah akhirnya lahir takdir para Spider-Totem dan manusia secara keseluruhan yang terhubung dengan Spider-Verse.

BACA JUGA: Bocor, Penampilan Kloning Spider-Man di Spider-Verse 2!

Dengan pengungkapan asal-usul Spider-Verse ini Marvel secara tidak langsung ingin menjelaskan bahwa para Spider-Man mempunyai peranan penting dalam takdir manusia. Mereka adalah manusia laba-laba yang menjadi simbol hubungan antara manusia dan jaring takdir. Tugas utama mereka mungkin sama seperti laba-laba milik Neith, yaitu mengawasi dan juga memperbaiki ‘takdir’ yang rusak dengan kekuatannya.