Dirilis perdana pada tahun 2018, waralaba film A Quiet Place dengan cepat menjadi salah satu tayangan yang sangat populer di kalangan penggemar film horor. Disutradarai oleh John Krasinski, film pertama dan sekuelnya yang berjudul A Quiet Place II berfokus pada kejadian pasca-apokaliptik, di mana manusia diceritakan hampir punah karena diburu oleh para alien dengan pedengaran super. Berkat kesuksesan waralabanya, Paramount dipastikan akan merilis sebuah spinoff dan juga trikuel A Quiet Place Part III.

Sementara film A Quiet Place Part III masih membutuhkan waktu untuk pengembangan dan rencananya akan dirilis pada tahun 2025 mendatang, saat ini Paramount sendiri tengah fokus dengan film spinoff-nya yang dijadwalkan untuk rilis pada tahun depan. Sampai saat ini masih belum diketahui akan seperti apa plot film spinoff A Quiet Place, yang jelas studio telah menunjuk Michael Sarnoski, yang sebelumnya mengerjakan film drama Pig (2021), sebagai sutradara sekaligus penulisnya.

Baru-baru ini, dalam acara CinemaCon 2022 di Las Vegas, Paramount terlah memberikan kabar pembaruan terkait film spinoff A Quiet Place yang sangat diantisipasi ini. Berdasarkan twit Erik Davis dari Fandango dan Rotten Tomatoes yang menghadiri acara CinemaCon tersebut, terungkap bahwa film spinoff ini berjudul resmi A Quiet Place: Day One dan akan menceritakan peristiwa prekuel dari film pertama A Quiet Place dan A Quiet Place II.

Maksud dari kata ‘Day One’ pada judulnya sendiri kemungkinan besar karena film yang digarap oleh Sarnoski ini akan bercerita tentang peristiwa awal sejak batu meteor menabrak Bumi dan para alien keluar dari meteor tersebut untuk memakan para manusia. Pada saat itu, sampai film keduanya dirilis masih menjadi misteri apa yang menjadi tujuan dari para alien ini. Mungkin hal tersebut akan dijawab melalui film A Quiet Place: Day One nanti.

Waralaba A Quiet Place sendiri bisa dibilang telah berhasil memperkenalkan nuansa horor baru dengan menggabungkan unsur scifi dan tema paska-apokaliptik. Banyak penggemar juga yang merasa bahwa langkah Paramount untuk merilis sebuah film spinoff sebelum film ketiganya ini, merupakan strategi terbaik untuk tetap mempertahankan waralabanya agar berumur panjang. Jika tidak ada halangan, film spinoff berjudul A Quiet Place: Day One ini diharapkan untuk rilis pada 22 September 2023 mendatang.