Setelah selama 20 tahun lebih Eiichiro Oda memperkenalkan kepada para fans di seri One Piece buah iblis yang dimakan oleh Luffy adalah Gomu Gomu no Mi, ternyata buah iblis tersebut memiliki nama asli Hito Hito no Mi, Model: Nika. Buah iblis berjenis Mythical Zoan tersebut mampu membuat penggunanya berubah dan mendapatkan kekuatan dari sosok Nika, sang Dewa Matahari.

Seperti diungkapkan dalam ceritanya, Nika dikenal sebagai sosok yang sering membebaskan para tahanan dan juga para budak. Karena itulah, Nika menjadi sosok yang dikenal sebagai “Pejuang Kebebasan.” Dan Gorosei sendiri mengakui, bahwa mereka yang memakan buah iblis Nika tersebut akan berubah menjadi “Pejuang Kebebasan.”

Hal tersebut dikarenakan salah satu kekuatan dahsyat dari awakeningnya adalah membuat penggunanya memiliki jiwa kebebasan yang besar saat bertarung. Luffy juga akan memiliki kekuatan elastisitas yang luar biasa, seperti diperlihatkan dalam chapter 1045 dan 1046 kemarin, di mana Luffy nampak seperti karakter dalam cerita kartun ketika terkena serangan kanabo milik Kaido.

Berbicara mengenai sosok dewa dalam cerita One Piece, Nika sebenarnya bukan satu-satunya dewa dalam cerita One Piece. Disadari atau tidak, Oda Sensei sempat menyinggung para dewa lainnya. Dalam arc Skypiea, ketika para penduduk hendak melakukan pengorbanan untuk sang Dewa Matahari, sempat juga disebutkan tentang keberadaan dewa-dewa lainnya yaitu Dewa Hujan, Dewa Bumi, dan juga Dewa Hutan.

Hal itu pun memunculkan sebuah teori, di mana jika buah iblis Luffy memiliki kekuatan dari Dewa Matahari, artinya mungkin ada kurang lebih tiga kekuatan buah iblis lain dengan kekuatan tiga dewa tersebut. Geeks mungkin bertanya, jika memang benar demikian lalu siapa pemilik buah iblis dewa lainnya? Apakah ada yang memiliki kekuatan dewa tersebut? Ada beberapa kemungkinan terkait pemilik tiga kekuatan “dewa” lainnya, yang pertama adalah sosok admiral Ryogukyu alias admiral Green Bull.

Sejauh ini karakter Green Bull hanya muncul sebagai siluet, dan digadang-gadang merupakan seorang admiral yang sangat kuat seperti yang lain. Namun, hingga sekarang, wajah dan kekuatan Ryokugyu masih belum diketahui. Meskipun begitu, ada yang menduga bahwa Ryokugyu merupakan pengguna buah iblis yang bisa membuatnya tahan untuk tidak makan selama tiga tahun.

Berdasarkan hal tersebut ada kemungkinan jika Green Bull mengonsumsi buah iblis atau memiliki kekuatan dari Dewa Hutan. Bagaimana Oda Sensei masih tetap merahasiakan sosok Green Bull untuk kemudian diungkapkan sampai waktu yang tepat, memberikan sinyal bahwa mungkin Green Bull menyimpan sesuatu yang besar – seperti fakta bahwa dia pemilik buah iblis Dewa Hutan.

Selanjutnya adalah Monkey D. Dragon. Dragon merupakan sosok yang paling dicari di seluruh dunia, terutama oleh pihak angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Namun, sampai saat ini, Oda Sensei masih belum memberikan informasi apa pun terkait dengan Dragon, khususnya tentang kemampuannya. Kita tidak tahu apakah dia pengguna Haki atau pengguna buah iblis.

Kita pun tidak tahu sampai sejauh mana level kekuatannya. Sebagian fans sendiri menduga bahwa Dragon adalah pengguna buah iblis. Hal ini dilihat dari setiap kemunculannya di mana selalu ada badai dan hujan muncul. Misalnya, ketika Dragon terlihat di Loguetown untuk pertama kalinya di seri One Piece. Inilah yang kemudian memunculkan spekulasi bahwa kemungkinan Dragon memiliki kekuatan dari Dewa Hujan.

Terakhir adalah Im. Im merupakan pemimpin dari Pemerintah Dunia. Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, bahkan Gorosei pun berlutut di hadapan sosok Im. Seperti halnya Green Bull dan Dragon, Im juga masih menjadi sosok yang paling misterius dalam seri One Piece, termasuk kita masih belum tahu tentang kekuatannya. Hampir tidak ada informasi yang bisa diketahui tentang sosok Im, selain dia adalah pemimpin tertinggi dari Pemerintah Dunia.

Hal inilah yang kemudian memunculkan berbagai teori tentang Im di kalangan fans. Salah satu teori yang cukup menarik adalah disebutkan bahwa Im yang menciptakan atau membuat Red Line dan membuat lautan terbagi menjadi empat Blues. Meskipun sebagian memperkirakan bahwa hal tersebut adalah pekerjaan dari Senjata Kuno, bagaimana jika semua itu dilakukan oleh Im dengan bantuan buah iblis Dewa Bumi yang dia miliki?

Fakta mengenai adanya keberadaan sosok dewa-dewa lain dalam cerita One Piece, tentunya menarik karena sebagian besar fans One Piece tidak menduga hal ini. Mereka tidak menduga bahwa Oda Sensei akan menghadirkan para dewa dalam cerita One Piece, atau para fans tidak menduga bahwa para dewa akan memiliki “peran” yang sangat penting di ceritanya.

Masih belum diketahui apakah spekulasi di atas memang benar. Namun, jika kemudian semua hal tersebut terbukti, tentu akan semakin memperluas mitologi di franchise One Piece ini. Selain itu, menarik juga untuk melihat bagaimana kemampuan atau kekuatan dari kekuatan para dewa tersebut jika kemudian memang benar ada kekuatan buah iblis dari tiga dewa lainnya. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.