Khonshu

Khonshu adalah salah satu dewa penyendiri yang sangat jarang bekerja sama dengan dewa Mesir lain. Sebagai dewa Bulan, dia dikenal sebagai penjaga malam yang selalu melindungi para pengembara ketika melakukan perjalanan pada malam hari. Untuk melakukan hal tersebut, dia menunjuk seorang avatar di Bumi dan kemudian memberinya kekuatan super agar lebih hebat ketika malam tiba. Saat ini avatar kepercayaan Khonshu adalah Marc Spector yang dikenal oleh penggemar sebagai Moon Knight. Kekuatan dari Khonshu memungkinkan Moon Knight untuk mempunyai kekuatan super dan healing factor.

Osiris

Jika Asgardian mempunyai Odin, Heliopolitan juga mempunyai Osiris yang sering diceritakan sebagai pemimpin para dewa Mesir. Sebagai dewa Mesir terkuat, Osiris terbukti bisa memanipulasi materi dan realitas dalam skala kosmik. Ayah dari Horus ini terkenal mempunyai kekuatan super yang tidak masuk di akal, di mana dia selalu menemukan cara untuk terlihat lebih kuat daripada musuh-musuhnya. Dalam beberapa kesempatan, Osiris bahkan pernah melakukan teleportasi antar dimensi dan timeline dengan mudah.

Seth

Seth adalah saudara Osiris yang sering digambarkan sebagai dewa jahat. Dia juga sering dipanggil sebagai Dewa Ular karena sifat liciknya, mirip seperti Loki dari Asgard. Dan bukan hanya itu, Seth ternyata memang cukup sering berurusan dengan para dewa Asgard demi membuktikan bahwa dirinya adalah dewa terkuat di Marvel Universe. Sebagai dewa, Seth mempunyai kekuatan yang umumnya hampir sama seperti dewa lain, termasuk keabadian, healing factor, kekuatan fisik super, dan manipulasi energi. Bedanya, dia terkenal sebagai dewa yang bisa berubah bentuk untuk menipu para musuh-musuhnya.

Meskipun secara popularitas para dewa Mesir ini tidak seterkenal para dewa Asgard, seperti Odin, Thor, dan Loki, tetapi secara kekuatan mereka tidak kalah hebat. Apalagi secara pengaruhnya terhadap Bumi, para dewa Mesir ini jauh mempunyai andil yang lebih besar. Mereka terbukti sering memberikan kekuatan kepada karakter Marvel lain, baik superhero maupun supervillain. Dan semua itu mereka lakukan hanya karena ingin mengadu kekuatan dan membuktikan siapa dewa yang paling hebat di Marvel Universe.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.