Rasanya semua Geeks sudah sangat mengenal seberapa kuat kekuatan pukulan dari sosok Saitama yang merupakan protagonis utama dalam seri One-Punch Man. Setiap monster yang dihajar oleh Saitama bisa dipastikan akan hancur tubuhnya. Dan setiap villain yang dihajar oleh Saitama akan juga dikalahkan dengan mudah. Untuk saat ini, dari mana asal-usul kekuatan Saitama masih menjadi misteri.

Meskipun Saitama sering sekali menghancurkan monster dan para villain, namun ada sebuah hal yang menarik muncul dari kekuatan Saitama. Jika Geeks perhatikan, Saitama sudah beberapa kali bertemu dengan sosok Garou sang pemburu pahlawan. Garou berusaha untuk menghancurkan dan mengalahkan semua pahlawan yang ada di dunia.

Dari pahlawan kelas C sampai kelas S sudah banyak yang sudah berhasil dia kalahkan. Garou juga sebenarnya pernah berhadapan dengan Saitama, meskipun setiap kali pertemuan mereka terjadi secara tidak disengaja. Misalnya, pertemuan Saitama dan Garou yang terjadi secara tidak disengaja saat Saitama hendak mencari wig untuk menggantikan posisi Charanko.

Tetapi, yang menarik adalah dalam setiap pertemuannya Garou selalu Garou berhasil dikalahkan dengan mudah hanya dengan satu pukulan saja. Misalnya, dalam pertemuannya dengan Saitama saat berada di sebuah toko Wig, Saitama menghajar Garou sampai tidak sadarkan diri. Dan ketika tersadar, Garou tidak ingat apa yang terjadi kepadanya dan siapa yang sudah membuatnya tidak sadarkan diri.

Hal ini menarik karena biasanya monster atau villain yang dihajar atau terkena serangan Saitama akan hancur tubuhnya atau mengalami luka yang parah. Contohnya adalah Speed Sound O’ Sonic yang beberapa kali dihajar oleh Saitama dan berusaha membalas dendam kekalahannya. Sonic tidak pernah lupa dengan wajah Saitama meskipun dia sampai tidak sadarkan diri.

Hal tersebut pun memunculkan tanda tanya, apa yang sebenarnya terjadi? Mengapa hanya Garou yang mengalami hal tersebut? Ada beberapa kemungkinan terjadi untuk menjawab hal tersebut. Pertama, Garou saat itu belum menjadi sosok Garou yang sempurna alias dia masih berada dalam level yang berbeda dengan sekarang.

Garou memang merupakan karakter yang sangat kuat, namun jika dibandingkan dengan Garou yang dihadirkan pada chapter 161 kemarin tentu sangat berbeda. Garou yang bertemu dengan Saitama di chapter sebelumnya bisa dibilang adalah Garou yang masih lemah, sedangkan Garou yang sekarang adalah Garou yang sudah “sempurna” dari berbagai hal.

Dengan level kekuatan Garou yang masih lemah tersebutlah membuat Saitama bisa membuat serangannya mudah untuk dilupakan oleh Garou, karena saking kuat dan cepatnya serangan tersebut. Dalam dunia nyata pun ketika seseorang terkena pukulan yang dahsyat dan cepat, biasanya mereka tidak akan ingat siapa yang sudah menyerangnya.

Alasan kedua semua itu karena memang menjadi kekuatan Saitama. Selama ini kita masih belum tahu sejauh mana level kekuatan Saitama, sekuat apa kekuatan maksimal pukulannya dan sebagainya. Meskipun begitu, dalam artikel sebelumnya sempat dibahas bahwa mungkin kekuatan pukulan Saitama sudah mampu menghancurkan sebuah planet.

Dengan kekuatan pukulan Saitama yang dahsyat, dia bukan hanya mampu menghancurkan musuhnya melainkan juga menghadirkan efek lainnya contohnya adalah membuat musuhnya lupa seperti yang dialami oleh Garou. Kedahsyatan pukulan dari Saitama itu mungkin memengaruhi ingatan pendek dari Garou yang membuatnya lupa mengenai apa yang terjadi sebelumnya, termasuk ketika dia dihajar oleh Saitama.

Dari dua kemungkinan di atas, kemungkinan yang pertama adalah kemungkinan yang paling masuk akal. Kekuatan Garou yang masih lemah saat pertemuan awal dengan Saitama bisa jadi adalah alasan mengapa Garou lupa ingatan setiap terkena pukulan Saitama. Namun, Geeks bisa melihat perbedaanya saat ini. Chapter 160 kemarin kita diperlihatkan bagaimana Garou sudah berada dalam puncak kekuatannya, setidaknya untuk sekarang.

Artinya kekuatan dari Garou sekarang sudah sangat berbeda dengan Garou yang dahulu. Dengan kekuatan dahsyat yang dimiliki Garou – meskipun masih tetap kalah dibandingkan kekuatan Saitama – dia tidak lagi kehilangan ingatannya saat terkena pukulan Saitama. Justru dia kembali mengingat berbagai momen tersebut seperti yang diperlihatkan pada chapter 161 kemarin, di mana Garou kembali mengingat momen-momen dia dihajar oleh Saitama.

Yang juga tidak kalah menarik adalah bagaimana kita akhirnya tahu bahwa Saitama adalah prioritas utama dari Garou untuk dikalahkan, karena dia tahu bahwa Saitama adalah sosok yang sangat luar biasa. Hanya saja saat itu, Garou lupa seperti apa wajah dan sosoknya. Namun, kembali, ini masih sekedar spekulasi dan teori yang artinya perlu ada penjelasan atau konfirmasi lainnya dari ONE dan Yusuke Murata terkait hal ini. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kekuatan Garou memang menjadi faktor dari hal itu? Atau justru kekuatan Saitama yang memang bisa membuat musuh hilang ingatan?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.