Salah satu hal mengejutkan yang muncul dari buah iblis yang dikonsumsi oleh Luffy dalam seri One Piece adalah bagaimana buah iblis tersebut ternyata bukanlah buah iblis sembarangan. Dalam arc Romance Dawn kita tahu bahwa buah iblis Gomu Gomu yang dicuri oleh Shanks dan kelompoknya tidak sengaja dimakan oleh Luffy, yang mana kemudian buah iblis tersebut menjadi sumber kekuatan dari Luffy.

Selama lebih dari 20 tahun seri One Piece muncul, buah iblis Gomu Gomu sering kali dihadirkan sebagai buah iblis yang kuat. Namun, Oda pun selalu menghadirkan buah iblis lainnya yang jauh lebih kuat lagi. Misalnya buah iblis Magu Magu no Mi, Gura Gura no Mi, atau bahkan Yami Yami no Mi. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang berpikir bahwa mungkin buah iblis Luffy tidak sekuat yang banyak orang pikirkan.

Namun, hal tersebut berubah sejak chapter 1017 kemarin, saat Who’s Who bertarung melawan Jinbe. Who’s Who menjelaskan bahwa dia sempat ditugaskan untuk mengawal buah iblis Gomu Gomu, yang mana hal tersebut mengindikasikan bahwa buah iblisnya bukanlah buah iblis sembarangan. Kemudian dalam chapter sebelumnya diketahui bahwa Gorosei sempat membahas tentang buah iblis legendaris.

Dan puncaknya, dalam chapter 1044 kemarin kita diberikan sebuah fakta mencengangkan. Nama asli Gomu Gomu ternyata adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika. Kemudian, buah iblis tersebut juga berjenis Zoan dan bukan Paramecia seperti yang diperkenalkan sebelumnya. Yang lebih mencengangkan lagi adalah ternyata pihak Pemerintah Dunia, sudah lebih dari 800 tahun mengincar buah iblis tersebut. Namun, upaya mereka selalu gagal.

Meskipun buah iblis Luffy menjadi incaran dari Pemerintah Dunia, sebenarnya ada juga buah iblis lainnya yang menjadi target mereka. Buah iblis tersebut adalah Ope Ope no Mi. Seperti yang banyak diketahui, Ope Ope no Mi disebut sebagai buah iblis paling luar biasa. Bukan tanpa alasan, pengguna buah iblis tersebut diberkahi kelebihan untuk selalu muda.

Bahkan, diketahui juga bahwa buah iblis tersebut bisa memberikan keabadian terhadap seseorang atau penggunanya. Selain itu, salah satu kekuatan dari buah iblis ini adalah membuat penggunanya bisa melakukan tindakan pembedahan dan menyembuhkan berbagai penyakit meskipun dia tidak tahu jenis penyakitnya, atau berbagai hal lain yang behubungan dengan medis. Yang paling populer dari kekuatan buah iblis ini adalah penggunanya bisa melakukan jurus “room.”

Room sendiri adalah kemampuan untuk menciptakan sebuah ruang terbatas di mana semua yang ada di dalam ruang tersebut bisa dimodifikasi sesuka hati oleh si pengguna buah iblis. Trafalgar D. Law adalah pengguna dari buah iblis ini sekarang. Bukti bagaimana Pemerintah Dunia sangat mengincar buah iblis tersebut adalah mereka diketahui memberikan pengumuman akan memberikan siapa pun uang 5 miliar Belly bagi yang menemukan dan menyerahkannya.

Mengapa kemudian pihak Pemerintah Dunia begitu mengincar buah iblis ini memang masih menjadi misteri, namun diyakini bahwa buah iblis ini memiliki koneksi dengan harta karun Mary Geoise. Jika diperhatikan, harga dari buah iblis Ope Ope ini sama dengan nilai buruan dari Whitebeard. Dan hanya terpaut 500.000 Belly dari nilai buruan Gol D. Roger.

Trafalgar Law sendiri pernah mengatakan bahwa banyak orang memandang Ope Ope no Mi sebagai buah iblis yang paling dahsyat yang pernah ada. Selain itu, buah iblis ini juga memiliki kekuatan yang bisa mewujudkan mimpi terbesar manusia. Dalam artikel sebelumnya, sempat disebutkan bahwa kedahsyatan dari buah iblis Ope Ope no Mi adalah “Personality Transplant” atau transplantasi kepribadian.

Ini merupakan kemampuan di mana pengguna buah iblisnya bisa merubah atau memanipulasi kepribadian atau jiwa seseorang. Hal ini sempat diperlihatkan saat di Punk Hazard, ketika jiwa atau kepribadian sebagian kru Topi Jerami tertukar – misalnya jiwa Sanji ada di tubuh Nami – maka Law yang kemudian “memperbaiki” hal tersebut. Sejauh ini, memang misteri dan rahasia dari buah iblis Ope Ope masih belum diungkapkan semuanya.

Dan baru-baru ini juga kita melihat bagaimana awakening dari buah iblis Ope Ope saat Law menggunakannya untuk melukai Big Mom dari dalam tubuhnya, yang mana hal ini sangatlah dahsyat karena Big Mom diketahui jarang sekali mengeluarkan darah saat bertarung. Berdasarkan semua kedahsyatan yang dihadirkan dan dimiliki oleh Ope Ope no Mi, rasanya wajar jika kemudian buah iblis ini menjadi incaran lain dari Pemerintah Dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.