Rasanya Geeks semua sudah sangat mengenal sosok Hashirama Senju dalam seri Naruto. Seperti yang diketahui, Hashirama Senju merupakan pemimpin dari klan Senju di era peperangan antar desa sekaligus Hokage pertama di desa Konoha. Yang menarik adalah Hashirama Senju menjadi salah satu shinobi yang membangun desa Konoha, selain juga sosok Madara Uchiha.

Berkat kekuatan, karisma, dan juga kemampuan yang dimiliki Hashirama Senju menjadi shinobi yang begitu disanjung dan dihormati oleh shinobi lainnya. Setelah bertarung beberapa kali menghadapi Madara Uchiha, yang merupakan rivalnya, keduanya memutuskan untuk berdamai dan membangun sebuah desa ninja yang sekarang dikenal sebagai Konoha. Banyak klan yang kemudian ikut atau bergabung dengan desa yang dibangun Hashirama dan Madara ini.

Hal tersebut yang kemudian membuat desa Konoha menjadi salah satu desa ninja terkuat di dunia. Meskipun begitu, hubungan Hashirama dan Madara juga sering kali diperlihatkan tidak baik. Bahkan, para penduduk Konoha pun cenderung mengucilkan klan Uchiha sejak lama. Hashirama sempat menginginkan Madara untuk menjadi Hokage pertama, tetapi banyak orang menentang hal tersebut.

Pada akhirnya, Hashirama yang kemudian dipilih menjadi Hokage dan hal tersebut membuat Madara memutuskan pergi dari Konoha. Hashirama dan Madara akhirnya kembali bertarung untuk terakhir kalinya di Lembah Akhir. Pemenangnya sendiri adalah Hashirama Senju. Sejak saat itulah klan Uchiha sering kali dikucilkan, tidak dianggap, dan juga diasingkan oleh para petinggi atau penduduk Konoha lainnya.

Dengan kekuatannya yang sangat luar biasa, Hashirama dijuluki sebagai “Dewa Shinobi.” Kekuatan dari Hashirama bahkan dikenal di seluruh dunia. Salah satu kemampuan yang Hashirama miliki adalah teknik pelepasan kayu alias Wood Release. Teknik ini pun sempat digunakan untuk menangkap para Bijuu yang kemudian diserahkan ke berbagai desa ninja lainnya. Teknik tersebut juga membantu Hashirama dalam membangun desa Konoha.

Teknik perilisan Kayu milik Hashirama ini alami, yang mana membuatnya menjadi satu-satunya shinobi yang memang terlahir dengan kemampuan Kekkei Genkai tersebut. Pasalnya, ada juga sebagian besar orang-orang yang menguasai teknik pelepasan kayu. Tetapi, hal tersebut merupakan hasil eksperimen akibat sel Hashirama. Inilah yang membuat skala kekuatan Hashirama jauh lebih besar. Meskipun Hashirama adalah sosok shinobi yang sangat kuat, kematiannya masih menjadi sebuah teka-teki besar sampai saat ini.

Apa Penyebab Kematiannya?

Hashirama Senju diketahui meninggal pada suatu waktu sebelum perang besar ninja pertama dimulai. Namun, sampai saat ini tidak pernah diketahui apa yang membuat Hashirama tewas. Saat Hashirama Senju masih hidup, satu-satunya shinobi yang berada di level yang sama dengannya adalah Madara Uchiha.

Namun, Madara sendiri tidak sanggup untuk mengalahkan Hashirama, apalagi jika harus membunuhnya. Jadi, rasanya kecil kemungkinan jika Madara yang kemudian membunuh Hashirama. Ada juga ninja dari desa lainnya yang tidak kalah kuat, seperti Mu, yang memiliki teknik pelepasan debu. Tetapi, Mu bukanlah shinobi yang berada di level Hashirama karena dia bisa dikalahkan dengan mudah oleh Madara Uchiha.

Terdapat sebuah teori yang menarik yang berkembang di kalangan fans, bahwa kemungkinan Hashirama tewas karena kemampuan yang dia miliki. Hashirama Senju diketahui memiliki sebuah kemampuan lain yang tidak kalah dahsyat dalam dirinya, yaitu kemampuan untuk menyembuhkan berbagai luka yang ada. Hashirama Senju dikenal sebagai shinobi yang sembuh dari berbagai luka dengan sangat cepat.

Hal ini pun dikonfirmasi oleh Madara Uchiha saat dia bertarung melawan Tsunade. Madara membandingkan kemampuan regenerasi antara Tsunade dan Hashirama. Bagaimana kemudian Hashirama melakukan hal tersebut? Hashirama menyembuhkan luka dalam dirinya dengan cara membelah sel untuk mempercepat proses penyembuhan. Hal inilah yang kemudian menjadi cara utama dari teknik regenerasi milik Hashirama.

Tetapi, di sisi lain, kemampuan regenerasi ini pun dianggap menjadi alasan dari kematian Hashirama. Diketahui bahwa melakukan teknik pembelahan sel memiliki resiko yang sangat besar, dan hal tersebut pun pernah diucapkan oleh Madara terhadap Tsunade. Sel dalam diri seseorang hanya bisa dibelah beberapa kali saja. Namun, dengan teknik khusus seperti Creation Rebirth, pembelahan sel terjadi dalam waktu yang sangat singkat.

Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa teknik Creation Rebirth menjadi Jutsu yang terlarang, karena teknik ini mampu mengurangi jatah hidup seseorang. Karena Hashirama memiliki teknik yang sama dengan Creation Rebirth, dan tekniknya selalu aktif sepanjang waktu apalagi saat dia sedang bertarung, rasanya memang masuk akal jika kemudian hal inilah yang menjadi penyebab jatah hidup Hashirama berkurang drastis, baik disadari atau pun tidak. Dan pada akhirnya, hal ini yang mungkin membuat Hashirama tewas.

Teknik Creation Rebirth sendiri sebenarnya bisa saja dihentikan, tetapi tidak ada catatan yang mengonfirmasi bahwa kemampuan regenerasi dari Hashirama bisa dihentikan. Hashirama bukanlah sosok ninja yang cerdas, sehingga dia mungkin tidak tahu bagaimana caranya dia bisa mendapatkan kemampuan regenerasi yang harus dibayar dengan nyawanya tersebut atau bagaimana cara mengendalikannya.

Jika kemudian hal ini memang benar terjadi, maka bisa dibilang bahwa kematian dari Hashirama tersebut menjadi sebuah ironi yang besar. Pasalnya, dengan julukannya sebagai “dewa shinobi” berkat kemampuan dahsyat yang dia miliki, namun di sisi lain justru hal tersebut yang juga kemudian menjadi jalan kematian dari Hashirama. Meskipun begitu, bisa jadi juga ada penyebab lain kematian dari Hashirama.

Penyebab lain dari kematian lain dari Hashirama yang logis adalah dikarenakan penyakit misterius. Hal ini mirip seperti Itachi atau pun Kimimaro, yang diketahui tewas akibat penyakit yang tidak diketahui asal-usulnya. Penyakit tersebut mungkin sudah Hashirama derita sejak lama, dan pada akhirnya, Hashirama tidak bisa lagi menahan rasa sakit tersebut sampai akhirnya dia harus meninggal.

Penyebab pasti dari Hashirama sepertinya memang tidak akan pernah terungkap, dan Masashi Kishimoto pun nampaknya masih akan terus merahasiakan hal ini. Apa pun yang terjadi kepada Hashirama, satu hal yang pasti adalah dia tidak mampu untuk menahannya atau pun bertahan dari hal tersebut. Dan inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan lain mengapa para fans masih sulit menerima kematian Hashirama. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.