Zunesha sepertinya menjadi sosok penting yang baru dalam arc Wano Country di seri manga One Piece yang masih berjalan sampai saat ini. Kemunculan Zunesha di Wano benar-benar mengejutkan banyak fans, karena hampir tidak ada yang menyangka jika Zunesha akan muncul ke Wano dan kemudian berkomunikasi dengan Momonosuke.

Kemunculan dari Zunesha ini tentunya bisa menjadi pertanda baik, terutama bagi pihak aliansi Luffy. Seperti disebutkan sebelumnya, kemunculan dari Zunesha ini bisa menjadi tambahan kekuatan yang besar di mana Zunesha bisa menghancurkan seluruh armada bantuan dari CP-0 yang dikirimkan oleh pihak Pemerintah Dunia untuk membantu CP-0 lainnya yang sebelumnya sudah ada di wilayah Wano.

Namun, yang menjadi kejutan lainnya adalah bagaimana Zunesha menjadi sosok penting dalam mengungkapkan berbagai fakta-fakta baru yang mengejutkan. Ada beberapa fakta yang Oda Sensei hadirkan pasca kemunculan Zunesha. Yang pertama, fakta bahwa Zunesha merupakan rekan atau partner dari Joy Boy pada 800 tahun yang lalu. Hal ini diketahui berdasarkan dari apa yang diungkapkan oleh Momonosuke kepada Yamato.

Lalu, fakta yang kedua dan yang paling menyita perhatian adalah bagaimana kemudian Zunesha membeberkan informasi kepada Momonosuke perihal apa yang dia dengar yaitu genderang kebebasan. Menurut Zunesha, suara genderang kebebasan tersebut sudah sejak lama tidak dia dengar, tepatnya sejak 800 tahun yang lalu. Masih belum diketahui apa arti sebenarnya dari genderang kebebasan tersebut.

Meskipun begitu, spekulasi sebelumnya menyebutkan bahwa kemungkinan bahwa genderang kebebasan tersebut adalah suara dari detak jantung Luffy yang menghadirkan tekad pantang menyerah miliknya. Namun, terdapat sebuah pertanyaan menarik terkait hal ini. Mengapa kemudian hanya Zunesha yang mendengar suara genderang kebebasan tersebut?

Mengapa Momonosuke, yang notabene bisa mendengar dan berkomunikasi dengan Zunesha, tidak mampu mendengar suara genderang kebebasan yang didengar oleh Zunesha? Ada beberapa kemungkinan terkait hal ini. Kemungkinan pertama adalah karena Zunesha merupakan partner dari Joy Boy. Tentunya ada alasan mengapa kemudian Joy Boy bisa menjalin kerja sama dengan Zunesha.

Zunesha mungkin memiliki kekuatan tertentu yang dibutuhkan oleh Joy Boy saat itu. Dan karena hal inilah, Zunesha menjadi sosok yang bisa memahami sosok Joy Boy, seperti halnya yang terjadi saat ini di mana Zunesha mampu memahami apa yang diungkapkan oleh Momonosuke. Koneksi tersebut yang membuat Zunesha mampu mendengar apa yang tidak didengar oleh orang lain alias hanya dia dan Joy Boy yang mampu mendengarnya.

Kemungkinan lainnya adalah karena Zunesha adalah bukan hewan biasa. Di dunia One Piece ada banyak hal-hal aneh dan penuh keajaiban muncul dalam ceritanya, dan Zunesha adalah salah satu diantaranya. Zunesha merupakan hewan luar biasa di mana panjang kakinya bisa mencapai 2.000 meter. Inilah yang membuat kemudian Zunesha bisa berjalan di lautan.

Belum lagi, Zunesha menjadi hewan yang mampu membawa seluruh kerajaan di punggungnya. Dengan semua keajaiban yang dimiliki oleh Zunesha, rasanya cukup masuk akal jika kemudian mampu mendengar suara genderang kebebasan, suara “mistis” yang menjadi penanda akan perubahan besar dunia. Suara yang menjadi pertanda kemunculan sosok yang dinantikan selama ini.

Pertanyaan lainnya adalah apakah ada karakter lain yang mendengar suara genderang kebebasan tersebut? Untuk saat ini, diketahui hanya Zunesha yang mampu mendengar suara legendaris dari genderang kebebasan tersebut. Namun, bukan berarti mustahil ada orang lainnya atau karakter lain yang bisa mendengar suara tersebut. Lalu, kira-kira siapa lagi sosok yang bisa mendengar suara tersebut?

Yang paling logis adalah Im Sama. Seperti yang sudah banyak dispekulasikan, sosok Im kemungkinan berasal dari abad yang hilang. Dia mungkin adalah sosok rival atau sosok yang mengenal Joy Boy pada masa lalu. Im pun mungkin sudah merasakan berbagai tanda atau hawa kemunculan dari sosok Joy Boy baru, yang mana hal tersebut dia rasakan ada di sosok Luffy.

Mungkin, inilah alasannya mengapa kemudian Im – melalui Gorosei – meminta kepada CP-0 yang ada di Onigashima untuk kemudian membunuh Luffy. Mereka tahu bahwa mengganggu pertarungan Kaido adalah sesuatu yang berakibat fatal, namun sepertinya mereka tidak peduli. Mereka ingin Luffy segera dihabisi karena, mungkin mereka takut jika Luffy bisa menang dari Kaido dan akan membawa perubahan besar bagi dunia.

Saat ini, Im mungkin sedang panik dan gelisah karena dia mendengar suara genderang kebebasan yang mana artinya mungkin misi untuk mengalahkan Luffy sudah gagal. Im mungkin akan menyusun strategi atau rencana lainnya untuk kemudian bisa menghabisi Luffy, apalagi dia tahu bahwa sosok Joy Boy sudah kembali bangkit. Menarik tentunya untuk melihat apa langkah yang akan dilakukan Im dan Gorosei terkait hal ini. Apakah Im akan mulai bergerak? Apakah kita akhirnya akan tahu identitas Im? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.