Informasi mengejutkan muncul di chapter terbaru seri manga One Piece. Setelah lebih dari 20 tahun Eiichiro Oda memperkenalkan buah iblis yang dikonsumsi oleh Luffy sebagai buah iblis Gomu Gomu, ternyata nama asli dari buah iblis tersebut bukanlah Gomu Gomu. Fakta ini disembunyikan oleh pihak Pemerintah Dunia sejak ratusan tahun yang lalu.

Pada chapter 1044, dalam salah satu momen kita kembali melihat bagaimana situasi yang terjadi di Mary Geoise. Di sana, para Gorosei diperlihatkan sedang berdiskusi. Mereka juga nampak sedang cemas dan gelisah dengan apa yang terjadi di Onigashima. Dalam diskusi para Gorosei tersebut terkuak berbagai fakta menarik dan mengejutkan, terutama mengenai Gomu Gomu.

Ternyata, nama asli dari buah iblisnya adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika. Selain itu, buah iblisnya sendiri bukanlah berjenis Paramecia, melainkan Zoan. Sayangnya, masih belum diketahui mengapa kemudian pihak Pemerintah Dunia menyembunyikan atau menyamarkan nama asli buah iblis tersebut. Namun, ada kemungkinan Pemerintah Dunia takut akan potensi dari buah iblis tersebut digunakan untuk melawan mereka.

Yang juga mengejutkan adalah selama 800 tahun mereka mencoba untuk mencari dan menggunakan buah iblis tersebut, tetapi upaya mereka selalu gagal. Sebenarnya, pada dasarnya, buah iblis ini tidak ada bedanya dengan Gomu Gomu. Luffy tetaplah menjadi sosok yang memiliki kekuatan karet. Meskipun begitu, saat Luffy berhasil membangkitkan kekuatannya, kemampuan karet Luffy meningkat.

Dalam halaman terakhir di chapter 1044, diperlihatkan bagaimana Luffy menggunakan tanah yang dia injak untuk dirubah teksturnya menjadi elastis seperti halnya karet. Karena hal ini, Luffy pun akhirnya mampu membalikan serangan Boro Breath milik Kaido. Hal ini bisa disimpulkan bahwa kemampuan awakening dari Luffy pun bisa memengaruhi sekitarnya.

Dengan semua kekuatan yang dahsyat yang dimiliki oleh buah iblis Nika ini, mungkin Geeks pun penasaran apakah buah iblis ini memiliki kelemahan. Sampai sejauh ini, memang Oda Sensei masih belum menjelaskan detail mengenai kemampuan dari buah iblis Nika, termasuk seperti apa kelemahan dari kekuatan buah iblisnya. Namun, apa yang terjadi di dunia nyata mungkin bisa menjadi “gambaran” dari kelemahan buah iblis Nika.

Seperti yang Geeks sudah ketahui, bahwa material karet berasal dari getah sebuah pohon karet. Getah karet tersebut yang kaya akan elastisitas. Karet alam diketahui memiliki sifat yang lentur, elastis, kuat, elemen yang tidak menghantarkan listrik/isolator, dan tentunya tidak tembus air. Berbagai keunggulan dari sifat-sifat karet inilah yang kemudian banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan sehari-hari.

Dalam konteks cerita One Piece, kemampuan kareta dari Gomu Gomu atau buah iblis Nika ini memang mirip dengan apa yang terjadi di kehidupan nyata. Misalnya, saat pertarungan melawan Enel, Luffy mampu bertahan dari semua serangan Goro Goro no Mi karena kemampuan karet yang dimiliki oleh Luffy. Karet tidak menghantarkan listrik sehingga Luffy bisa bertarung dengan maksimal saat menghadapi Enel. Material karet juga bisa dikeraskan dengan bantuan kimia atau bahan lain. Dan di cerita One Piece, kemampuan karet Luffy bisa mengeras dengan bantuan Haki.

Meskipun begitu, karet pun memiliki beberapa kelemahan. Misalnya, mudah rusak karena panas atau mudah meleleh, tidak tahan terhadap reaksi kimia tertentu, dan tidak tahan terhadap abrasi atau pengikisan akibat ombak laut. Sejauh ini, Luffy memang belum diperlihatkan bertarung menghadapi mereka yang memiliki kemampuan api.

Jika kemudian merujuk pada apa yang ada di dunia nyata, mungkin kelemahan-kelemahan dari karet tersebut bisa jadi juga adalah kelemahan dari buah iblis Nika. Artinya, dengan panas yang luar biasa, kekuatan karet dari Luffy mungkin saja akan melemah atau bahkan pada akhirnya bisa ditembus. Sebenarnya, Luffy sendiri memiliki beberapa kemampuan yang terkoneksi dengan api, misalnya Red Roc.

Namun, semua teknik tersebut memperlihatkan bagaimana api menjadi “pelapis” dari serangan karet Luffy. Kita masih belum melihat bagaimana jika kemudian api menjadi lawan dari karet Luffy. Tentunya akan menarik jika kemudian Luffy bisa bertarung melawan Sakazuki yang memiliki kekuatan magma. Hal ini tentu akan membuktikan tentang spekulasi di atas. Untuk sekarang, semuanya masih hanya sekedar teori dan spekulasi. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.