Setelah sempat sejak lama dispekulasikan dan didiskusikan oleh para fans dari seri One Piece, pada akhirnya Eiichiro Oda mewujudkan keinginan para fans di mana Luffy menghadirkan Gear 5 miliknya. Gear 5 sendiri menjadi kekuatan terbaru dari Luffy dan kemungkinan menjadi kekuatan yang paling kuat yang Luffy miliki saat ini dibandingkan sebelumnya.

Seperti yang Geeks ketahui, Gear 5 dari Luffy sendiri sudah sering dibicarakan oleh para fans. Dan sepertinya Eiichiro Oda pun sempat memberikan petunjuk mengenai kemunculan dari Gear 5 Luffy, seperti salah satunya adalah melalui jawaban salah satu fans yang bertanya mengenai hal ini di kolom SBS Volume. 98 kemarin. Oda menjawab bahwa setelah 4G akan muncul 5G.

Dan akhirnya, pada chapter 1044 ini Oda Sensei secara resmi memperkenalkan Gear 5 dari Luffy. Luffy sendiri pada awalnya masih terasa bingung dengan apa yang terjadi kepada tubuhnya, apalagi awakening tersebut terasa tiba-tiba. Namun, setelah beberapa saat pada akhirnya Luffy mulai terbiasa dengan kekuatannya, dan dia pun menyebut kekuatan barunya sebagai Gear 5.

Berdasarkan dari apa yang dihadirkan dalam chapternya, Oda Sensei sendiri baru sedikit saja memberikan gambaran kekuatan dari Gear 5 Luffy. Ada beberapa momen di mana kita diperlihatkan kekuatan dari Gear 5 Luffy. Pertama adalah peningkatan kekuatan. Setelah Luffy tersadar, lengan Luffy langsung membesar dan dia pun langsung mencengkram Kaido kembali ke atap.

Padahal, saat itu, Kaido sedang berada dalam mode naga miliknya. Dan mode naga Kaido dianggap sebagai mode yang paling kuat, yang artinya level kekuatan Luffy sudah berada di atas Kaido. Kedua, Luffy pun bahkan sempat membanting tubuh Kaido beberapa kali, sebuah momen yang sebelumnya tidak terjadi, meskipun Luffy sudah menggunakan Advanced Conqueror Haki.

Ketiga, saat Kaido mencoba membalas serangan Luffy dengan Boro Breath, Luffy berhasil membalikan serangan tersebut kepada Kaido karena seluruh tubuhnya kini berubah menjadi karet. Sehingga, serangan Boro Breath dari Kaido justru tidak berefek apa pun dan Luffy pun akhirnya bisa mengembalikan serangan epik tersebut.

Berdasarkan tiga momen tersebut, pertanyaan besarnya kemudian adalah apakah artinya Gear 5 dari Luffy tidak memiliki batas kekuatan? Kita masih belum mengetahui mengenai jawaban pasti dari pertanyaan tersebut. Namun, rasanya kecil kemungkinan jika Gear 5 Luffy tidak memiliki batas kekuatan sama sekali. Mungkin, ada hal yang menjadi batas kekuatan Gear 5 milik Luffy ini.

Misalnya, Gear 5 ini hanya bisa dilakukan atau diaktifkan ketika momen-momen tertentu seperti saat ini, di mana nasib banyak orang dipertaruhkan. Meskipun begitu, yang menjadi catatan adalah bagaimana buah iblis ini memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Bahkan, pihak Gorosei sendiri mengatakan bahwa buah iblis Nika ini memiliki kekuatan paling mengerikan di dunia.

Pihak Gorosei juga menjelaskan bahwa selain mampu merubah tubuh Luffy menjadi karet, Luffy bisa bertarung dengan semua kemampuan dan kekuatan yang dia inginkan, yang mana hal tersebut terbukti dengan Luffy yang berhasil membuat Kaido nampak tidak berdaya. Tentunya Oda Sensei perlu lebih banyak lagi menghadirkan contoh kekuatan dari buah iblis Nika ini.

Jika melihat dari apa yang terjadi, maka artinya peluang menang Luffy kembali meningkat. Apakah akhirnya Kaido akan berhasil dikalahkan oleh Luffy dengan kemampuan baru ini? Apakah Luffy akan tetap berada dalam mode ini atau akan ada perubahan lain? Bagaimana kemudian nasib dari para penduduk Wano? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.